Penutupan Akun Sepihak oleh Shopee

Saat artikel ini ditulis, saya bergabung di Shopee sejak 31 minggu lalu. Awalnya akun saya hanya digunakan sebagai pembeli, hingga kemudian sekitar bulan Maret 2019 saya mencoba membuka toko dengan akun yang sudah ada. Awalnya semua baik-baik saja, pesanan mulai berdatangan meski tidak banyak, bahkan sampai sekarang, dan sayapun tetap dapat membeli sebagai konsumen di toko lain dengan akun yang sama dengan akun toko saya. Sampai kemudian tanggal 28/08/2019 ada notifikasi dari Shopee bahwa akun saya dibatasi karena ada pelanggaran.

Besoknya saya langsung chat dengan CS Shopee di live chat untuk menanyakan pelanggaran apa yang sudah saya lakukan. Dan jawabannya mengejutkan. Saya diberitahu bahwa pelanggaran saya ialah karena menggunakan satu akun yang sama untuk menjual dan membeli. Saya sungguh tidak habis pikir karena selama ini OK-OK saja. Jika memang ini pelanggaran, kenapa tidak dari awal saja saya diberitahu atau dibekukan sekalian. Sekarang, setelah toko saya mulai bertumbuh dan memiliki riwayat dan rating yang cukup baik, dan akun pembeli saya mengumpulkan banyak koin cashback, langsung tanpa ba-bi-bu akun saya akan ditutup permanen.

Di notifikasi disebutkan bahwa saya dapat mengajukan banding dan diberi waktu 30 hari. Namun setelah mengajukan banding tanpa menunggu 30 hari, hari ini saya mendapat kepastian dari CS Shopee bahwa akun saya akan ditutup permanen. Artinya, pengajuan banding hanya ampas saja alias tidak berguna karena ujung-ujungnya akun saya tetap ditutup. Saya diberi pilihan untuk membuka akun baru, yang artinya memulai semua dari nol lagi, tapi terima kasih saja. Saya masih bisa cabut ke Marketplace lain yang mungkin lebih baik dari segi pelayanannya seperti Tokopedia, Lazada, BukaLapak dll.

Aji Purnomo
0878373873**
Kabupaten Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan di Shopee:
[Total:7    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Penutupan Akun Sepihak oleh Shopee

  • 1 September 2019 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Ada baiknya para online shop maupun marketplace menjalin komunikasi dulu dengan konsumen yang bersangkutan, & tidak asal samber saja sambil ngomong “melanggar.” Buktinya apa, coba didengar dulu alasan yang diberikan.
    Emang anda sebagai admin, cs, anti fraud dll di dunia nyata kalau ada apa2 langsung dipecat, atau dikasih SP dulu?
    Kalau ada operasi di jalan, diberi kesempatan oleh polisinya untuk memberikan penjelasan atau tidak?
    Bahkan, orang yang ditangkap polisi pun, ada pengadilannya atau tidak?

    Itu semua tatacara kehidupan di dunia nyata.
    Herannya para manusia ini, begitu sudah masuk ranah online langsung attitude nya berubah, kayak mengaktualisasi mimpi & angan2 pribadi untuk jadi bos/penguasa. Padahal entar kalau sudah tatap muka di dunia nyata juga pasti balik lagi sopan santun nya dipakai lagi.
    Kenapa kalau di dunia maya tidak diberlakukan juga sopan santun & tatacara yang sama? Yang “katanya ada pelanggaran,” ya dikomunikasikan dong.
    Bisa jadi konsumen benar2 tidak tahu karena anda sebagai admin online shop KURANG JELAS & DETIL menuliskan “peraturan” anda. Undang-undang negara di dunia nyata saja kalau tidak jelas/multitafsir bisa dipersoalkan di pengadilan.
    Terus yang salah siapa coba?

  • 22 Oktober 2019 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Sama sy baru tgl 20 oct akun dibatasi koin msh 100rb hilang , alasannya py lbh dr 1 akun , dulu pernah sy ty ga masalah py akun lbh dari 1 , skrg tiba2 .di batasi , semua akun mati ,
    PERINGATAN : BAGI YG AKAN PASANG APP SHOPEE SEBAIKNYA DIBATALKAN , ATO NANTI SHOPEE PAY ADA HILANG GA JELAS , DAN TIDAK BISA DICAIRKAN

  • 22 Oktober 2019 - (16:06 WIB)
    Permalink

    JANGAN PERNAH PAKAI SHOPEE , PASTI AKAN KENA KERUGIAN DALAM HAL PENJUALAN MAUPUN PEMBELIAN
    DELETE APP SHOPEE MULAI SEKARANG
    !!!!!

  • 17 Januari 2020 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Saya cukup kecewa besar dengan shopee!
    Awalnya belanja ok ok z.. tidak ada masalah,
    Jika shopee tidak berniat memberi cashback dari awal, sebaiknya tidak perlu memberi daripada buat customer repot,
    Singkat cerita, selama nih sy belanja tidak ada masalah, namun saat saya belanja banyak di akun shopee menggunakan voucher, tiba* akun sy di bekukan, katanya melanggar menggunakan voucher padahal jika saya membeli dari dalam negri sy masih masuk akal, mungkin kerja sama dengan penjual, namun nih sy order luar negri pny loh.. cukup kecewa…
    Shopee pay sy malah gantung 1jtaan..
    Dan sy baca bberapa artikel shopee membekukan saat koin customer itu rata* 80-ratusan ribu!
    Haha beralih ke marketpleace lainnya saja,, tidak mau order di sana lagi !!!!!!

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Penutupan Akun Sepihak oleh Shopee

oleh AjiPurnomo dibaca dalam: 1 menit
5