Modus Penipuan dengan Meminta OTP untuk OneKlik BCA

Modus penipuan baru dengan metode transaksi OneKlik BCA. Ceritanya saya baru saja buka online shop jualan aksesoris ala Bangkok, baru upload ada di app carou*** ada yang kirim pesan dan nulis wa-nya. Dia bilang mau order, baiklah saya save nomornya langsung saya chat di wa. Tanpa mikir lama atau tanya model warna, dia langsung pengen transaksi. Saya sudah ragu dari awal, saya gak pernah pakai OneKlik BCA dan tidak tahu sistemnya seperti apa, cuma pakai m-Banking.

Singkat saja dia kirim bukti mau transfer, dia minta 16 digit ATM saya serta OTP SMS. Bodohnya saya memberitahukannya. Tak lama kemudian saya disuruh cek apakah sudah masuk atau belum dan ternyata ZONK, malah duit saya yang ketransfer semua ke dia. Untung saldonya gak seberapa, rugi ratusan ribu, tapi jujur SAYA GAK IKHLAS KALO BUAT PENIPU, kalo dia minta baik-baik, saya pasti kasih.

Hebatnya lagi, dia bisa mengedit nomor rekening saya dan jumlah transaksi yang harus dibayarkan dengan rapi di foto itu yang persis di Google. Saldonya Rp4.650.000, saya baru saja cek di Google dan tags Instagram ternyata BANYAK sekali penipu yang modusnya sama, bahkan ALAMAT-nya sama, cuma beda foto dan nama. Saya yakin pelakunya penjahat kelas kakap, pinter IT, CCorel Draw dan Photoshop karena editannya halus nulis nomor rekening dan saldo. Kalo punya ilmu dipergunakan dengan baik ya, bukan untuk menipu orang.

Benar-benar cobaan sekali, di saat cari modal buat usaha cari duit karena pengangguran baru lulus kuliah, eh malah kena tipu. Hati-hati buat para seller online shop ya, karena penipu ini menggunakan ribuan foto orang lain dan nomor yang berbeda-beda (teknik phishing). Solusinya, saya langsung telepon Halo BCA, pulsa 45.000 habis buat telepon CS. Tapi gak apa, alhamdulillah sudah diurus, OneKlik BCA saya sudah ditutup di DANA dan GOPAY, karena penipu ini cepet banget bukanya gak di satu aplikasi tapi banyak aplikasi. Bisa di DANA, GOPAY, BUKALAPAK, dsb, harus hati-hati!

Masalah saya sudah teratasi, saya hanya menginformasikan saja. Oh ya saya juga cek nomor penipu di OVO, hebatnya lagi dia bisa pakai akun palsu dengan nama “lime lopo”. Padahal setahu saya kalau pakai OVO juga harus verifikasi data asli, tapi penipu itu bisa pakai akun bodong hahaha kelas kakap. Semoga pelaku cepat masuk penjara seumur hidup.

Terima kasih.

Amanda Tri Andani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:57    Rata-Rata: 3.4/5]
Loading...

82 komentar untuk “Modus Penipuan dengan Meminta OTP untuk OneKlik BCA

  • 6 September 2019 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Kelihatannya negara kita sedang darurat penipuan, di mana hebatnya mereka bener2 “profesional” dalam artian “sungguh-sungguh” menyiapkan segala ilmu, tenaga, upaya.

    Jadi PR buat divisi cybercrime di penegak hukum, mampu/gak mengalahkan skill maupun upaya mereka?

    Juga jadi PR buat seluruh warga negara yang peduli dengan kondisi moril & spiritual sesama warga negara: ini manusia2 yang pinter2 & “tidak malas” (karena usahanya kan cukup banyak yah, untuk persiapan dll), eh tapi kok kepandaian maupun kerajinannya dibuat melakukan tindak kejahatan?
    Kok bisa begitu kenapa?
    Apa karena kekurangan peluang di dunia yang legal? Apa karena hasil yang didapat kalau bekerja legal kurang sepadan dengan upaya yang dilakukan?
    PR bagi pemerintah dong untuk menyejahterakan rakyatnya yang notabene “skillful” & “tidak malas”…

    Atau memang “hobi” untuk “berkarir” di dunia yang ilegal? Nah kalau yang ini, entah ini PR siapa…

    Terimakasih mbak nya yang sudah sharing pengalaman dengan jujur & tidak nyalah2in siapa pun (kecuali para pelaku kejahatannya).
    Semoga semakin berhati-hati di depan, & pastinya ke depan akan semakin sukses akibat segala pengalaman (yang buruk maupun yang baik) yang telah dijalani.

    • 7 September 2019 - (08:52 WIB)
      Permalink

      iya saya merasa kayak di gendam/ gimana ya, bisa kasih kode OTP sembarangan harusnya kan cuma saya yang tau, harusnya dari itu saja sudah kelighatan kalau penipuan, Oh ya saya sudah LABRAK di wa, PELAKUNYA ADALAH LAKI-LAKI, dari logatnya bukan orang jawa, yang saya yakini orang luar pulau, malah NGANCAM saya mau BLOKIR ATM SSAYA, saya gak segoblok itu sih, dia kan gak tau data saya mana bisa blokir hahaha, SAYA ANGGAP AMAL, SODAQOH, SAYA SUDAH CERAMAHI MAS NYA, CARI REJEKI YG HALAL, eh saya MALAH D ANCAM2, DIA BUKAN MANUSIA, IBLIS KALIK YA, PUNYA KELAINAN JIWA KASIHAN, DAN PERLU KALIAN TAHU, KOMPLOTANNYA BUANYAAKKKKK gak 1-2 orang, tapi RATUSANNNNN, dan hati2 bisa jadi pake foto kalian baik cowo maupun cewe. saya yakin KARMA DOES EXIST, apa yang dia lakukan skrg akan d balas dengan hal yg sama nantinya, toh mungkin saya kena cobaan ini karena kurang amal :” hm

      • 8 November 2019 - (17:29 WIB)
        Permalink

        Sama…saya juga baru saja kena tipu… Hebat pelaku… Baru masuk uang 1 juta… Langsung di ambil… Semoga karma yg dia buat berbuah dengan cepat

        • 17 April 2020 - (20:11 WIB)
          Permalink

          Izin Share ,,Saya juga hampir kena Tipu barusan melalui aplikasi Carousell ketika saya hendak menjual batu akik.dy juga minta foto Identitas KTP saya sebagai jaminan karena dy takut ditipu pdahal dy lah penipu sesungguhnya, saya mohon jika ada yg menggunakan Identitas Atas nama Satria Putra Kabupaten Aceh Barat Kec.Johan Pahlawan tolong jangan Dilayani. smoga tidak ada korban lagi. terima kasih.

      • 18 Januari 2020 - (12:07 WIB)
        Permalink

        Mau tanya ka ? Itu kan saldo ATM hilang? Kalau atmnya kita isi saldo lagi otomatis hilang lagi tidak ya

      • 22 Februari 2020 - (22:05 WIB)
        Permalink

        Sama persis , ini baru saja terjadi pada saya . Persiiiiss bgt critanya . Saya juga doakan karma ada buat mereka mereka . Sedih rasanya uang melayang buat penipu .

      • 23 Maret 2020 - (15:03 WIB)
        Permalink

        Hampir sama persis saya juga kena tipu sm oneklik 1 jutaan pdhal itu uang bwt bekel merantau dikasih ibuku. Sedih bgt bisa2nya kena tipu gini pdhal udah ada firasat tp ya itu kaya kena hipnotips nurut ajah gitu diminta nomor seri kartu atm sama kode otp. Tenang ajah uang yg didapatkan dr hasil yg haram ga berkah bagi orngnya smga penipu itu bisa dpt balesan yang setimpal nantinya… untuk sekrang aku udah iklas dinasehatin ibuku juga kalau ya itu uang 1 jt udh bukan rezeki kita ya udh klw mau ditangisin jg ga bakal kembali.. maaf ni curhat. Btw mau tanya mb amanda itu nnti klw aku isi saldo lagi bisa keambil ga yaaa uangnya? Aku udh hub. Pihal bca trus akun oneklik jg udah diblokir sm pihak sana. Cuman takutnya mau isi saldo lagi takut hilang lagi uangnya. Jd trauma bgt..

    • 22 Oktober 2019 - (19:35 WIB)
      Permalink

      sma mbak saya kena tipu juga sma one klik..dan hebat nya dia tau pas uang masuk di rekening saya…
      tmpat blanja juga sma dengan mbak..
      saya kena tipu 2 jt n hampir saja saya kena 5 jt…benar2 penipu nya hebat skali

      • 22 Februari 2020 - (11:27 WIB)
        Permalink

        Kak mau tanya, saya barusan kena tipu gara² ksh 16 digit nomor yg ad di ATM kepada penipu yg modus jdi pembeli di aplikasi caraosell, kejadiannya udh seminggu yg lalu, penipu minta kode yg dikirimkan BCA, krna saya tidak tau saya ksh. Tetapi transaksi gagal ke dia,, dan saya sadar bahwa akan ditipu. Awalnya sampai kmren saldo aman² aj. Eh barusan tiba² ad notif telah penarikan saldo lewat ovo, pdhl saya gak merasa narik saldonya:( . Jika selanjutnya saya nabung lagi di atm apakah saldo akan dikuras lagi kak? Mohon saran nya kak 🙏

    • 9 Mei 2020 - (02:05 WIB)
      Permalink

      sama barusan sy kena tipu 500rb oneklik bca gara2 sy komplain di twitternya linkaja lalu didm sm akun yg atas nama cs linkaja sdh sy kirimkan no rek dan juga no kartu sy soalnya sebelumnya sy top up lewat m banking jd sy percaya2 aja trs disuruh ngasih OTP yaudah sy kasih ternyata ada sms oneklik bca di ovo padahal sebelumnya sy gak pake ovo. caranya gimana ya biar atmnya aman trs kalau bisa transaksinya kembali

    • 18 Juni 2020 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Saya kmrin kena tipuu.uang di rek saya ludes..jam 11.11 saya kena tipu jam 11.20 saya langsung ke cabang bca..sudah di nom aktifkan onklik saya..apakah uang bisa kmbali ga ya..
      Mudh” ga ada lagi yang ke tipuu.pelaku segera ke tangkap..
      Semoga dri pihak bang bisa menangkap pelaku.klw bisa di kasih tau nasabah klw pelakunya sudah ke tangkap…klw perlu kita buli dulu ya..sedih dah klw uang ga bisa balik mah..

    • 11 Maret 2020 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Sama kak, saya juga kemaren hampir kena tipu,, sempet ditelfon, di vc juga, bener laki laki, logat nya kaya orang luar pulau, dia juga kirim foto ktp tapi mungkin itu ktp juga bukan punya dia,,
      Gak habis pikir, kenapa ada orang sekejam itu, cari uang gak halal buat apa, gak akan berkah juga,
      Buat kita semua, harus lebih hati” ,

  • 7 September 2019 - (08:55 WIB)
    Permalink

    iya saya merasa kayak di gendam/ gimana ya, bisa kasih kode OTP sembarangan harusnya kan cuma saya yang tau, harusnya dari itu saja sudah kelighatan kalau penipuan, Oh ya saya sudah LABRAK di wa, PELAKUNYA ADALAH LAKI-LAKI, dari logatnya bukan orang jawa, yang saya yakini orang luar pulau, malah NGANCAM saya mau BLOKIR ATM SSAYA, saya gak segoblok itu sih, dia kan gak tau data saya mana bisa blokir hahaha, SAYA ANGGAP AMAL, SODAQOH, SAYA SUDAH CERAMAHI MAS NYA, CARI REJEKI YG HALAL, eh saya MALAH D ANCAM2, DIA BUKAN MANUSIA, IBLIS KALIK YA, PUNYA KELAINAN JIWA KASIHAN, DAN PERLU KALIAN TAHU, KOMPLOTANNYA BUANYAAKKKKK gak 1-2 orang, tapi RATUSANNNNN, dan hati2 bisa jadi pake foto kalian baik cowo maupun cewe. saya yakin KARMA DOES EXIST, apa yang dia lakukan skrg akan d balas dengan hal yg sama nantinya, toh mungkin saya kena cobaan ini karena kurang amal :” hm,

    IYA MAS, di aplikasi carousell, saya suka bgt sih sistemnya carousell itu simple gak ribet tapi malah d pergunakan sama orang2 gak bertanggungjawab (PENIPU), dia pake beribu AKUN, dan beribu NOMOR WA, jadi hati2 aja ya, untung PIHAK carousell cepet tanggap, saya report akun2 tersebut langsung di suspend otomatis, biasanya penipu ini buat akun baru terus make offer barang tanpa minta diskon/apa. dan WAJIB berdoa dulu sih tiap mau balas chat calon pembeli wkwk, biar gakk kayak saya yg seperti terhipnotis, saya sadar lho kalau itu penipuan sedang d tipu tapi kok saya NURUT YA ngasih kode OTP segala hahaha parah banget kan,. astagfirulloh

    • 7 September 2019 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Sama mba, Saya juga kena tipu kemarin pelaku ngredit saldo game di juragancash hampir 8jt dgn akun kredivo saya. Saya harus gimana ya..

    • 8 Januari 2020 - (19:43 WIB)
      Permalink

      Saya juga koran kak, maaf saya pakai akun mas saya tapi udh lapor haloo bca cuman hx bantu untu tutup akun di obeklik dana, gopay dan bukalapak untuk uang yg sdh ditransaksikan sepertinya tdk bisa balik lagi.. Untuk mbk amanda sendiri gmn?

        • 9 April 2020 - (02:54 WIB)
          Permalink

          Selamat pagi dini hari. Saya baru kena tipu juga. Yang mengatasnamakan ovo. Solusi untuk semua aplikasi dan bank yang saya sudah infokan ke penipu. Apa harus di blokir semua? Nomor penipu masih aktif. Apa perlu saya lapor ke pihak berwajib juga?

  • 8 September 2019 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Langsung tulis aja mas d artikel ini biar d tanggapi sama CS nya kredivo, karna aku juga kurang paham sama sistemnya kredivo/ mas cari d Google kayaknya banyak kok yg puny masalah yg sama kayak mas , semoga masalahnya cepet selesai ya mas, jangan pernah kasih kode OTP / nomor apapun yg berkaitan sama mas ya bahayaaa

    • 10 Oktober 2019 - (05:06 WIB)
      Permalink

      SAYA SEMALEM BARU AJA KETIPU MBA UANG SAYA DIBCA LUDES 698.000 KLIK BCA DANA, GOPAY BUKALAPAK DLL OH IYA SAYA BISA MINTA TOLONG GA MBA MAU NANYA

      • 10 Oktober 2019 - (10:17 WIB)
        Permalink

        minta tolong apa mas? mas udah hubungin BCA kan? langsung hubungi BCA biar oneklik BCA mas di blokir jadi penipu gak bisa pake lagi, next time apapun kalo d mintai nomor ATM 16 DIGIT dan OTP JANGAN PERNAH MAU KARENA 100% PENIPUAN. ok!

        • 18 Januari 2020 - (12:09 WIB)
          Permalink

          Mau tanya ka? Kalau sudah hubungi pihak BCA , dan ada SMS akun oneklik dan gopay anda hapus , masih ke potong otomatis tidak ya saldo ATM nya? Takut otomatis terpotong

        • 23 Januari 2020 - (10:44 WIB)
          Permalink

          Intinya jika ada permintaan 16 Digit No ATM dan Kode OTP jangan sekali sekali di kasih ya mBa Amanda ?

          • 19 Februari 2020 - (19:50 WIB)
            Permalink

            YUP BENER BANGET

    • 4 Januari 2020 - (01:58 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, saya dari akun instagram GRADESCLOTH, baru aja ada yang chating mau order, tapi anehnya dengan photo profil anak sekolah yang biasa saja, mau pesen kaos sekaligus 5pcs dengan desain yang sama, dan ordernya jam 2 malam..
      Awalnya saya kegirangan baru upload udah ada yang pesen..tapi kok minta 16 digit kartu..sebelum saya kirim, saya langsung browsing dan dapet artikel ini..akhirnya saya blokir.

  • 21 September 2019 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Sama hal ini juga pernah terjadi sama saya saat jual barang diOLX, ada yang mau beli treadmill tanpa menawar dan mau langsung transfer, tengah mlm saya baru respon dia lngsung tlp mau transfer mlm itu juga dan minta fotokan tampak depan ATM, dlm pikiran saya buat apa??.. Untuk mengalihkan pikiran kita dia smbil tlp terus menerus setelah saat kita fotokan ATM, tetapi saya langsung google dan ternyata ada bisa modus penipuan minta kode OTP, dan betul dia gk lama minta konfirmasi sms yg masuk dari 68888 kode OTP yaah udah saya maki2 dan nasehati dia mengelak malu dan kabur ngibrit whatsapp diblokir…

    • 10 Oktober 2019 - (10:19 WIB)
      Permalink

      kasihan yang gak tau apa2 masih polos jadi langsung d kasih aja, dan bahkan rasanya kayak di hipnotis (nurut aja ) gitu, saya dah hubungi kontak sama penipunya mayoritas PRIA sih dan emang bangsat bgt dia berani ancam2 saya, bahkan pake BERIBU FOTO CEWE YANG GAK BERDOSA buat dijadikan tameng penipuannya, parah bgt,

  • 24 Oktober 2019 - (14:27 WIB)
    Permalink

    hai kak,sy juga baruu banget mau di tipu dng modus seperti itu tp alhamdulillah sy gk kena krn pas mw trnsfer kok minta nmr atm..tp sy udh trlnjur ksh nmr atm saya,it pengaruh gk ya k atm sy?
    apa nnti bisa d salah guna kan dgn hanya pk nmr atm aj? makasih pencerahan ny

    • 19 Februari 2020 - (19:27 WIB)
      Permalink

      Hai! Makasih ya dah baca artikel ini, berdasarkan pengalaman saya, setelah saya blokir oneclick BCA, saya tetep pakai atm saya Dan tidak pernah kepotong lagi setelah itu, selama saya gak kasih kode otp apapun ke orang lain/yg berkaitan dgn atm, aman… jika masih trauma n paranoid bisa blokir atm saja bikin yg baru.

  • 1 November 2019 - (17:21 WIB)
    Permalink

    mba saya mau tanya apakah duit mba kembali lagi ? moho informasinya, saya baru ketipu 3juta mba,

    • 19 Februari 2020 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Hai! Makasih ya dah baca artikel ini, wah Maaf bgt sis , uang itu jelas lenyap tidak bisa kembali… mungkin Kalau punya kenalan orang IT / polisi , bisa tuh d lacak jejak digitalnya pelaku…. , semoga tidak terjadi penipuan2 lagi ya Amin

    • 19 Februari 2020 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Hai! Makasih ya dah baca artikel ini, uangnya tidak akan pernah kembali, mereka Sudah menggunakan uang kita untuk berharam, semoga Allah memberika rejeki melimpah sbg penggantinya Amin, pihak bank hanya bisa membantu blokir oneclick/ atm saja, mereka tidak bisa mengembalikan uang kita.. karna secara sistem “kita” lah yg mentransfer; Padahal kita dah kasih kode otp yg diakses oleh pelaku.

  • 19 Desember 2019 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Kemarin baru aja ngalamin, tapi alhamdulillah masih aman, ada orang pesen gamis lewat olshop kaka saya, kebetulan saya ikut jadi admin, dan orang itu saya yg layanin, harga gamis itu 300 rb lebih kan, pas mau transaksi saya udah kirin norek beserta rinciannya, nah pas mau transaksi dia itu kirim screenshotan bca oneklik gitu, dan minta 16 digit nomor seri atm, kan itu atm punya kaka saya, jadi saya minta dong ke kaka saya, saya screensoot bukti chatnya ke kaka saya, trus sama kaka saya bilang jangan dikasih, bilang aja itu norek biasa, pas saya sampein ke orangnya trus si orangnya bilang ‘Maaf ka’ pas saya tanya lg bisa tf lewat atm biasa ngga, eh ngga direspon.. Trus saya jadi curiga kayaknya ini modus, soalnya belum pernah dapet custumer pake bca oneklik, pas saya seaching di google trus nemu artikel ini, buru” saya tarik lg nomor rekeningnya.. Dan alhamdulillah uang kaka saya aman

    • 19 Februari 2020 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah masih terselamatkan, siapapun orang yg minta 16 DIGIT ATM kita = PENIPU, semoga tidak ada Korban lagi ya Amin

  • 19 Desember 2019 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Nama:ayu lestari
    Tempat:Jakarta barat
    Alamat:komp walikota BLK.a.5/1
    RT/RW:003/003
    Kel/desa:Meruya selatan
    Kecamatan:kembangan
    Provinsi:DKI jakarta
    Kode pos:11610
    No hp:081807154922

    Ini alamat yg di kirim orang itu, entah ini bener alamat dia atau bukan, barangkali pelakunya sama

    • 5 Juli 2020 - (10:36 WIB)
      Permalink

      Ya ampun aku juga baru ketipu, uang sejuta ludes, padahal lagi butuh uang banget. Alamatnya sama persis
      Aku kaya ngga sadar sumpah, padahal ada mama aku juga ikut baca, tapi ngga ada yg sadar
      Apa yang harus dilakukan ya? Saya kurang paham, saya takut saldo saya berkurang lagi

  • 26 Desember 2019 - (16:16 WIB)
    Permalink

    aku baru jadi korbannya jugaaa :”
    trus gmna ya kak. saldo yang dia ambil bisa balik ke atm aku lagi ngga ya kak ?

    • 19 Februari 2020 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Hai! Makasih ya dah baca artikel ini, uang tidak akan pernah bisa kembali, Sabar ya . Allah bakal kasih rejeki yg lain.

  • 5 Januari 2020 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Tadi saya hapir ketipu mbak tapi untung di atm gak ada isi nya,,
    Dan saya ngasih nmr 16 digit nya mbak
    Apa pelaku bisa ngambil uang saya jika ATM saya sudah terisi kembali mbak???

    • 19 Februari 2020 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Selama kamu tidak kasih kode OTP apapun ke stranger , aman kok , Cuma lebih aman nya mungkin Nisan ganti atm yg baru 🙏🏼

  • 12 Januari 2020 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru saja kena tipu saya belum tau dengan modus ini, setelah ketipu saya buka internet sudah banyak korban
    NAMA:RAFASYA LESTARY TANGERANG ALAMAT PORIS GARDEN BLOK A1 NO 1:RT/RW 003/008 KEL/DESA CIPONDOH INDAH/KECAMATAN CIPONDOH/KODE POS/15141/NO TLPON/085367879798
    Itu modus nya ingin membeli barang dan memberikan data

  • 13 Januari 2020 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Ini sy jg baru saja di wa customer penipu. Saya sudah curiga ketik dia mnta 16 nomor bca.

    Lalu syaa googling.. ternyata benar saja itu penipuan..
    Dan benar.. alamatmya sama.. di wali kota… Hanya saja namanya santi.

    Sialan tuh penipu.. untung sya ga ketipu. Tapi pasti banyak yg jd korbannya…

  • 14 Januari 2020 - (13:04 WIB)
    Permalink

    hampir saya kena tipu. di aplkasi Ca*****ll. saya menjual kaos dgn postingan masih hangat, ada sebuah akun bernama apriyqnah (akun baru tanpa foto) letak di Astanarajapura lgsg menawar barang saya, saya bls chat, tiba2 ngajak japri di wa (saya senang aja krn bisa lebih intim untuk bertransaksi). dia mengirimkan Nama, alamat lengkap dgn kecamatan dan kelurahan. saya sudah sampai ketingkathampir ijab qabul. namun tiba2 dia meminta nmr atm saya. saya lgsg NGEH kok baru nemu konsumen minta nmr atm seperti ini. saya tnya ke teman kebteulan bekerja di bank trnyata itu modus penipuan. saya diberi artikel disni oleh teman saya. alhmadulilah saya ga kesirep ama ucapan manisnya (sipenipu). so lebih2 hati2 kita dlm bertransaksi. lenih baik2 cermati dari review2 sbgaia panjual dan pmbeli.

  • 27 Januari 2020 - (10:09 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya ga jauh beda sama ka amanda,
    saya baru kena nih pagi ini.. karena semangat ada yg order dan buka olshop… saya ga curiga diawal.. tapi udah ada sms 2x minta codenya… dan saya mulai curiga… dan untungnya di ATM BCA saya saldonya 0 jadi ga masalah… ATM BCA saya cuman buat transaksi..

    Alhamdulillah ga begitu Khawatir, Langsung saya ganti PIN ATM saya…

  • 2 Februari 2020 - (18:39 WIB)
    Permalink

    PERINGATAN, jangan coba2 melakukan transaksi dgn mmberikan no kartu anda kepd lawan transaksi, singkat cerita sy sempat dimintai no kartu tp sy menolak, baiknya jika trnsaksi hnya menggunakn no Rek. saja+nama pemilik+nama bank tanpa ada tmbahan informasi laiinnya, jika anda lakukan uang di Rek. anda akan terkuras. SALAM SALING BERBAGI KEBAIKAN

  • 3 Februari 2020 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Ini sebaiknya dilaporkan juga ke pihak DANA dan GOJEK, pelaku menggunakan DANA dan GOJEK untuk “membelanjakan” uang. Kode transaksi mudah sekali untuk mengetahui siapa pelakunya.

    • 19 Februari 2020 - (19:40 WIB)
      Permalink

      Iya sih harusnya bisa, cuma saya gak kepikiran buat telfon ke mereka karna dalam kode etik perusahaan pasti mereka gak bakal ngasih tau data pribadi konsumennya hm kecuai dah banyak yg kena sama 1 orang pelaku yg sama, lah pelaku yg berkedok menipu seperti ini ada ratusannn di tiap kota keknya huhu

      • 27 Februari 2020 - (00:42 WIB)
        Permalink

        Aku juga kena tipu one klik BCA , awalnya sama minta digit yg 16 angka sama kodenya dgn modus mau beli barang berhubung aku baru buka olshop dan blm terlalu paham akhirnya aku kasih . sedih banget akutuh
        Barusan baru isi saldo udah ada pemberitahuan sms , gopay dll totalnya 2jutaan … Aku cek di google ternyata penipuan . terus aku cek mutasi gopaynya dan aku jg nyoba cek kode transaksinya dan ada namanya WULANDARI ALFIAN . apakah itu nama si pelaku ya ? Soalnya transaksi gopaynya atas nama itu semua

  • 5 Februari 2020 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Saya barusan juga akan mengalami penipuan ini. Baru aja saya upload di olshop saya tiba tiba ada yang chat mau order. Terus saya suruh untuk transfer pakai atm bri, pelaku bilang menggunakan Bca lalu memakai One Klik Bca terus dia memaksa buat minta no. Kartu Penerima. Karena saya tidak tau, saya cari di google ternyata ada artikel ini. Saya baca artikel ini sampai selesai, pelaku menelpon saya yang katanya mau menjelaskan apa itu Kartu Penerima. Terus saya tolak telponnya. Karena saya sudah tau saya akan kena tipu. Saya berhati-hati dan tetap saya bilang kalau mau transfer pakai kartu atm gitu. Dia mengelak dan memaksa untuk memberitahu no. Kartu penerima. Lalu sampai akhirnya dia membatalkan pesanan. Terimakasih untuk penulis artikel ini. Kalau tidak ada mungkin saya sudah kena penipuan.

    • 19 Februari 2020 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Makasih Sudah baca artikel ini, semoga bermanfaat, semoga yg pernah menjadi Korban tetep Sabar ikhlas, percaya Allah akan ganti yg lebih Baik :”)

    • 19 Februari 2020 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Langsung blokir Semua akses yg pelaku pakai, hubungi pihak bank yg anda pakai, pindahkan Semua saldo ke atm lain Kalau sempat

  • 11 Februari 2020 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Baru aja saya ketipu percis banget sama seperti artikel ini tolong ini kita harus gimana mohon bantuannya

    • 19 Februari 2020 - (19:43 WIB)
      Permalink

      Langsung blokir Semua akses yg pelaku pakai, hubungi pihak bank yg anda pakai, pindahkan Semua saldo ke atm lain Kalau sempet :”(

    • 6 April 2020 - (01:50 WIB)
      Permalink

      Sy jg prnh di hub yg mengatas namankan pinjaman online dgn menggunakan nama Hendra gunawan 0816-384-573, dia meminta 14 digit no kartu di blkng atm dan kode otp,bknnya sy yg diberikan pinjaman,malah uang sy di atm hangus terdebit senilai 1,2jt, karna sy takut terjadi pendebitan lg d rek,sy tlp BCA dan pihak bank menjelaskan atm sy terdebit oleh oneklik dan sy lgsg dtg ke BCA ganti kartu atm,buat semua untuk jgn sekali kali memberikan kode otp terhadap siapapun karna ini pengalaman sy,terimakasih

  • 14 Februari 2020 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Saya hampir menjadi korban dari modus penipuan seperti ini. Kilas cerita, saya menjual barang via Carousell, kemudian ada buyer dengan nama “Tiara”, meminta saya untuk add nomor WA dia untuk membahas pembelian lebih lanjut. Saya pun add no WA dia di WA saya, dan chat dia. Awalnya semua terlihat normal, saya meminta nama, alamat dan No HP dia untuk data pengiriman paket serta memberikan rincian total yang perlu dia transfer beserta dengan nomor rekening saya. Orang tersebut kemudian meminta nomor kartu saya, dengan alasan ia mau transfer dengan menggunakan AUTOPAY. Orang tersebut pun mengirimkan saya capture dari aplikasi tersebut. Saya pun mulai curiga. Dengan No.HP, no rekening dan no kartu saya, orang tersebut dapat membobol uang dalam rekening saya. Saya pun browsing mengenai Autopay, dan tidak ada yang seperti aplikasi yang ia kirimkan. Kemudian saya lihat kembali akun dia di carousell, dan ternyata akun dia sangat baru. Saya yakin ini adalah modus penipuan. Benar saja, ketika saya enggan memberikan no kartu saya dan bilang secara tegas kepada orang tersebut untuk transfer via atm BCA saja, orang tersebut langsung unsent message WA dia.

    Ini nama, alamat dan no HP dia:
    Nama: Tiara Permatasari
    Alamat: Jln. Tambak Pamarayan No.32, Serang, Cikeusal, Sukamaju
    No.Hp: 081807861798

    Nama dan alamat dia mungkin hanyalah nama samaran dan alamat palsu.

    Tolong hati2 bagi para online seller, baik di instagram maupun carousell. Jangan mau memberikan no kartu debit kalian.

  • 26 Februari 2020 - (20:41 WIB)
    Permalink

    SAYA BARUSAN HAMPIR KENA TIPU 2 ORANG! 1 bernama OKTA DAN RAFASYA LESTARY!
    saya ajak cod dengan rafasya ini karna saya jual tas harus cod tapi dia gakmau anehnya lagi dia tanpa nego apapun itu cuma yg tau ori dan lgsng ok. aneh nya dia gapaham betul tentang ori. dan marah2 katanya “pembeli itu adalah raja” hampir saya mau nemuin kerumah alamat trsbt karna mau cod untungnya saya cari tau semuanya.
    Okta lewat autopay minta 16digit dan saya pun curiga dari awal karna ini org pada ngebet akhir nya saya gak percaya tp sebelumnya saya sudah ksh tau no rek. apa itu bahaya kalau sy kasih tau nomor rekening? tolong dijawab trims.

    • 27 Februari 2020 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Selama Ngga kasih kode OTP yg d minta pelaku sih aman2 saja, tapi Kalau Ragu langsung aja ke bank kak minta ganti kartu yg baru

  • 2 Maret 2020 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Ka kalo saya sudah kasih tau kode otpnya gmna yak? Lgsg ada sms ke saya dari ovo dan dana atas oengaktifan on klicknya, terima kaaih

    • 12 Maret 2020 - (04:48 WIB)
      Permalink

      Mba saya mau tanya..dari pihak BCA nya gimana tuh? hapus akun oneklik gopay, Bukalapak, ovo? apa dengan itu semua ATM kita sudah aman? Terima kasih:)

  • 23 Maret 2020 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja kena tipu dengan modus pinjaman online, saya memang sedang butuh dana untuk modal.
    Dia minta adminnya dulu lalu sa Transfer, lama² dia minta foto atm yang 16 digit, memang gak ada saldo tapi atm saya selalu saya pakai untuk transaksi terim transfer. Itu bagaimana solusinya ya, mohon di bantu untuk yang tau caranya.

  • 23 Maret 2020 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Sangat kecewa, karna ternyata banyak yg mnggunaka agama dan memanfaatkan keaadaan org yg susah untuk mendapatka uang.

  • 4 April 2020 - (01:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru kena tipu tadi sore kak, pelakunya sama persis yang kaka ceritakan tpi dia mengaku dri shopee sya mendapatkan undian 1,2 jt tpi malah saldo sya yang terkuras semuanya, bahkan saya coba isi atm saya 50 ribu, bberapa jam kemudian ada sms dari one klik semuanya habis.
    sebaiknya saya blokir atm saya atau tidak?

    • 9 April 2020 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Hi kak! Lebih Baik Baik di Tutup oneclick BCA aja tapi Kalau takut.. ganti kartu saja

  • 7 Mei 2020 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Lg error w Gue ketipu 4 jt bro !!! Brengsek emg oneklik bca terlalu mudah ‘ keknya org bank itu mah !!!

    • 8 Juli 2020 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Barusan saya ngalamin mba. Saya jual sepatu gunung di Olx. Baru aja posting, ga lama ada yg wa saya. Katanya minat terus tanpa bahas nego dulu. Awalnya kirim norek bni, eh kata dia ada bca atau ngga. Yaudah saya kasih dong. Eh akhirnya suruh kirim foto ktp sama kartu atm. Nah saya kirim foto ktp aja karna kan kartu atmnya emng lagi ilang beberapa waktu lalu dan selama ini ngambilnya lewat mbangking.

      Dia ga transfer” tuh malah nyuruh saya kirim no atmnya juga yg ada di mbanking. Nah saya mulai curiga kok ribet amat, padahal harusnya norek aja udah cukup. Nah dia bilang mau transfer lewat oneklik, ehh ketemu sama postingan ini.

      Dan akhirnya dia blokir nomer saya dan ada pemberitahuan dari olx kalo saya barusan ngobrol sama akun nakal yg udah di hapus sama pihak olx.

      Dari sini saya mulai paham kalo ada modus kaya gini.

      Makasih yaa mba

  • 1 Juni 2020 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga abis kena tipu lewat one klik bca,, uang saya ilang 3jt.. semoga pelakunya mendapat hidayah dan mendapat balasan yg setimpal, saya insyaallah mengikhlaskannya semoga nantinya bisa diganti yg lebih dari allah swt.. aamiin

  • 11 Juni 2020 - (15:20 WIB)
    Permalink

    trs saldonya balik gk kak? soalnya sy jg barusan kena tipu & gk tanggung2 saldo hampir 2jt hilang begitu saja

  • 12 Juni 2020 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Saya pedagang online shop.
    Ada yg mau pesan barang Dagangan saya langsung tertarik dan minta no rekening dan dia mengirimkan foto KTP ( entah KTP siapa juga dia kirim ) 🤣 saya kasih no rekening dan total penjualan ,
    Lalu si penipu WA lagi :

    “Mohon maaf kak itu no seri kartu penerima nya berapa ya harus di isi .supaya bisa di transfer, soalnya saya tfrnya pakai rek ponsel uangku jadi butuh nya no rekening sama no kartu penerima nya kak””””

    Sama persis seperti saldonya 4 juta sekian,
    Saya penasaran cari di Google OneKlik
    Ketemu lah artikel ini …. ternyata penipuan transfer via One klik 😁

    Terima kasih Ka sudah membantu dengan artikel ini … Alhamdulilah masih di beri kebaikan …
    Salam sejahtera selalu 🙏

  • 24 Juni 2020 - (09:55 WIB)
    Permalink

    pengalaman yang akhirnya saya alami juga, saya mengalami penipuan oleh pihak yang tidak mempunyai keahlian mencari nafkah dengan cara yang halal.
    saya berniat menjual barang di salah satu platform jual beli online sebut saja carousell, izinkan saya bercerita sedikit dan berharap tidak ada lagi orang yang mengalami case seperti saya.
    to the point saja ke ciri ciri sang pelaku penipuan adalah, ketika kita upload atau posting barang kita yg akan kita jual, si pelaku langsung chat ke nomor whatsapp kita atau aplikasi chat yg lain yg tercantum di post barang yg akan kita jual, si pelaku dengan pedenya tidak menego barang dan malah langsung mengirimkan alamat yg sudah pasti itu alamat fake dan bertanya berapa biaya yg harus dia transfer plus ongkir, setelah kita menjumlahkan harga barang dan ongkir ke si pelaku, dia akan langsung mengirimkan format transfer melalui oneklik dalam platform apapun, contoh bukalapak,ovo,gopay dll.
    si pelaku akan meminta nomor kartu yg tertera pada kartu atm kita, dan bodohnya dan dengan polosnya saya berikan pula, setelah itu si pelaku akan meminta pula kode otp yg di kirimkan melalui sms ke nomor Hp kita dan dengan bodoh dan polosnya lagi saya berikan juga, jujur setelah sadar saya merasa sangat kesal dengan diri saya sendiri, tapi demi apapun saya tidak sadar dan serasa di hipnotis oleh si pelaku, bagaimana tidak karena si pelaku meminta kode otp sampai 4x, dan 4x pula dalam waktu yg berdekatan saldo di atm saya terkuras, dan bodohnya saya lagi saya tidak melihat ada konfirmasi sms laporan bahwa ada penarikan saldo di rekening saya.
    sekian cerita dari saya, case ini saya sudah laporkan ke pihak bank, dan pihak bank akan memproses laporan saya dalam waktu kurang lebih 10 hari kerja, saya tau uang saya tidak akan kembali, karena jatuhnya ini pure kesalahan dari saya akibat saya teledor.
    saya berharap tidak akan ada lagi orang yang mengalami kasus penipuan seperti saya dan teman teman yg lain yg sudah sebelumnya sharing dengan case yg sama seperti saya, pesan saya jangan pernah memberikan 16 digit nomor kartu yang tertera di kartu atm anda dan jangan pernah memberikan nomor OTP kepada siapapun dengan alasan apapun, karena jika ingin melakukan transfer uang hanya dengan nomor rekening saja tidak ada yg lain, jika sudah terlanjur memberikan 16 digit angka, jangan sampai juga memberikan 6 digit nomor OTP yg di kirimkan ke sms di hp anda !!
    terima kasih sudah memberikan waktu untuk membaca cerita saya, sekian.

  • 5 Juli 2020 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja ketipu, apa langkah yang harus saya ambil, sms pertama saya screenshot kan ke penipu tapi ada batas waktu 1 menit, saya masih ga sadar uang berkurang 1 juta. Lalu ada sms lagi, tidak saya screenshot kan karena mulai curiga krn orangnya kaya terburu-buru. Padahal saya masih baru buka bisnis, ngga ada pemasukan, tabungan saya hilang sudah, apakah sisa saldo saya bisa dikuras? Apa yang harus saya lakukan?

    • 5 Juli 2020 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Ya..amankan rekening anda, telpon halo bca, matiin klickbca, kalo mau blokir atm ntar minta kartu baru..tetap tenang..otp itu sifatnya per transaksi, tp biar merasa aman ya blokir aja kartu atmnya..ntar minta kartu baru..

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 82 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan dengan Meminta OTP untuk OneKlik BCA

oleh Amanda Tri Andani dibaca dalam: 1 min
82