Kecewa Penanganan Masalah oleh Traveloka

Kejadian yang saya alami ini terjadi pada tanggal 27 September 2019 ketika Traveloka mengadakan promo bertajuk Epic Sale. Masalah yang saya hadapi adalah tidak bisanya payment menggunakan salah satu metode pembayaran di aplikasi Traveloka, dengan pesan error yang tidak jelas dan selain pesan error yang muncul itu adalah perintah untuk menghubungi customer service.

Oleh karena itu, saya pun langsung menghubungi customer service. Namun alhasil bukan penyelesaian masalah yang saya dapatkan, tapi malah memancing amarah saya. Ketika pertama kali komplain dengan nomor tiket 10401649 dan katanya bahwa “Kami telah membuat pengaturan metode Paylater Anda, dan untuk transaksi berikutnya seharusnya lebih mudah”. Saya coba booking ulang saja dengan rute penerbangan yang sama dengan nomor pemesanan 535800898, namun alhasil ternyata masih saja terjadi kendala yang sama.

Lalu saya coba komplain lagi dengan nomor tiket bantuan 10408911, tapi ternyata yang saya dapatkan adalah jawaban yang sama yaitu “Kami telah membuat pengaturan metode Paylater Anda, dan untuk transaksi berikutnya seharusnya lebih mudah”. Tapi yang terjadi adalah kendala yang saya alami ternyata belum terpecahkan juga, namun ruang diskusi untuk tiket bantuan telah ditutup dengan status “TERPECAHKAN”.

Dan karena saya sudah sangat kesal, saya pun mencoba untuk membeberkan masalah yang saya hadapi di Twiiter milik Traveloka yang bisa dilihat oleh publik juga dengan harapan bahwa pihak Traveloka mungkin jika saya membeberkan di media sosial akan malu dengan kinerja penyelesaian atas masalah yang saya hadapi. Di samping itu, saya pun membuat komplain baru dengan nomor tiket 10412864. Namun lucunya hal yang sama terjadi dan bahkan si CS mempermasalahkan tentang syarat dan ketentuan kode promo yang saya gunakan. Padahal jelas-jelas syarat dan ketentuan kode promo tersebut saya penuhi dan layak juga bisa menggunakan kode promo tersebut. Namun CS bernama Aryo ngeyel dan ngeles (mungkin menganggap saya bodoh dan tidak bisa membaca) dengan alasan bahwa saya tidak memenuhi persyaratan kode promo tersebut. Anehnya, padahal masalah yang saya hadapi itu tidak bisa payment menggunakan Paylater, tapi kenapa jadi mempermasalahkan kode promo?

Dalam logika saya, untuk memecahkan permasalahan yang saya hadapi yaitu siklusnya adalah: Customer komplain perihal error Paylater ke CS, lalu CS menyampaikan keluhan tersebut ke bagian tim Paylater atau tim Developer aplikasi yang menangani sistem pembayaran Paylater, lalu tim Developer melakukan penindakan lebih lanjut dengan mode “sandbox” atau mode uji coba atas nomor pemesanan saya menggunakan pembayaran Paylater, setelah penyebab error diketahui maka segeralah tim Developer men-solved masalah error tersebut atau bahkan jika error nya bukan di sistem mungkin bagian terkait lainnya segera men-solved masalah tersebut, lalu setelah problem solved maka tim Developer atau bagian terkait menginformasikan ke CS bahwa problem solved, lalu CS menginformasikan bahwa problem telah solved kepada Customer. Pertanyaannya adalah, kenapa pihak Traveloka tidak melakukan hal tersebut? Dan parahnya malah ngeles kesana kemari out-of-topic?

Muhammad Zaky Zulfiqor
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Penilaian Rata-rata: 1]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Muhammad Zaky Zulfiqor

Kepada Yth Bapak Muhammad Zaky Zulfiqor, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama kami memohon maaf atas kendala dan masalah...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa Penanganan Masalah oleh Traveloka

Muhammad Zaky Zulfiqor 2 menit
0