Tidak Ada Perlindungan Bagi Penjual di Shopee saat Pengiriman dengan Grab Express Hilang

Saya penjual di Shopee yang mengirimkan pesanan ke pembeli dengan jasa kirim Grab Express Sameday. Barang ternyata dihilangkan oleh pengemudi Grab dan dibenarkan oleh pihak Grab setelah diinvestigasi. Permasalahannya adalah pergantian ganti rugi ke penjual hanya sebesar 10 kali dari ongkos kirim. Pihak Shopee beralasan pengiriman tidak memakai asuransi dan sudah kesepakatan pihak Shopee dan Grab.

Bukankah seharusnya pembeli yang dikembalikan 10 kali nilai ongkos kirim karena pembeli tidak membayar asuransi? Penjual seharusnya mendapatkan utuh nilai penjualan. Dari awal kenapa di Shopee tidak ada opsi asuransi?

Shopee sudah berdiri hampir 4 tahun dan membebankan biaya 1% dari nilai penjualan tapi tidak mampu menyediakan opsi asuransi untuk penjual/rekanan yang besarnya hanya 0.2% dari nilai barang?

Sebagai perbandingan, marketplace lain memberlakukan pergantian maksimal Rp 10 juta dengan jasa kirim Grab Express Sameday. Kenapa di Shopee hanya 10 kali ongkos kirim? Untuk apa saya terus berjualan di Shopee jika Shopee hanya memihak pembeli dan sama sekali tidak ada itikad baik untuk melindungi penjual/rekanan?

Bryant Rudy Hartono
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:7    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Tidak Ada Perlindungan Bagi Penjual di Shopee saat Pengiriman dengan Grab Express Hilang

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Tidak Ada Perlindungan Bagi Penjual di Shopee saat Pengiriman dengan G…

oleh Bryant Rudy Hartono dibaca dalam: 1 min
6