Tiga Kali Daftar IndiHome, Gagal Karena Salah Alamat

Kejadian bermula saat saya baru pindah ke rumah baru dan ingin memasang IndiHome. Saya mendaftarkan via sales Telkom yang ada di salah satu group FJB di Facebook pada tanggal 14 November 2019. Sales tersebut meminta data-data termasuk foto KTP, alamat, dan pilihan paket yang diinginkan. Namun hingga tanggal 17 November 2019 tidak ada info mengenai status pemasangan.

Saya lalu berinisiatif untuk mendaftar sendiri via aplikasi myIndiHome di android pada tanggal 17 November 2019 dan sukses mendaftar hingga ditelepon dari pihak Telkom untuk verifikasi data tempat tinggal. Semuanya sesuai dengan alamat yang akan dipasang yaitu di Kab. Muara Enim dengan alamat di BTN Mandala dan dijanjikan dalam 3×24 jam akan dipasang IndiHome tersebut.

Namun 3×24 jam terlewati tidak ada konfirmasi dari IndiHome mengenaj status kejelasan. Akhirnya saya menghubungi 147 pada tanggal 20 November untuk menanyakan status pemasangan. Dijawab oleh salah satu operator bahwa pendaftaran saya beralamat di kota Cimahi. Padahal pada tanggal 17 November 2019, sudah dikonfirmasi bahwa alamat pemasangan berada di BTN Mandala Kab. Muara Enim. Lalu saya tanyakan bagaimana solusi dari pemasangan ini dan disarankan untuk menghubungi Plasa Telkom terdekat dan membatalkan registrasi pemasangan pada tanggal 17 November.

Saya pun ke Plasa Telkom terdekat yaitu Plasa Telkom Tanjung Enim, Sumatera Selatan, dan melaporkan kejadian yang saya alami. Lalu dibantu untuk disurvey dan dicek ketersediaan jaringan di BTN Mandala. Menurut teknisi yang datang, dikarenakan penghuni rumah sebelumnya sudah pernah memasang IndiHome dan jaringannya belum dilepas, maka dipastikan bahwa sudah tersedia jaringan FO. Lalu saya ditawarkan memasang langsung. Namun harga yang ditawarkan teknisi lebih mahal dari yang tertulis di aplikasi myIndiHome. Lalu teknisi tersebut menyarankan untuk mendaftar via aplikasi.

Saya pun mendaftar via aplikasi IndiHome pada tanggal 23 November dan dihubungi hari itu juga perihal alamat, berkaca dari pengalaman sebelumnya saya memastikan betul alamat pemasangan adalah di BTN Mandala, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan. Dan dikonfirmasi oleh call center IndiHome alamat di BTN Mandala dan maksimal pemasangan 3×24 jam.

Pada tanggal 26 November 2019 IndiHome belum terpasang dan tidak ada petugas yang menghubungi saya. Saya tanyakan kepada teknisi IndiHomeyang ada di Plasa IndiHometerdekat order atas nama saya belum sampai ke kantor Plasa Telkom Tanjung Enim Kab. Muara Enim dan dia mengonfirmasi bahwa apabila ada order segera langsung dipasang karena jaringan sudah tersedia di rumah saya.

Saya pun menghubungi call center 147 dan menanyakan status pemasangan saya dengan nomor registrasi MYIR-10032862290005 dan dijawab bahwa registrasi tersebut beralamatkan di Talang Jawa, (bukan di BTN Mandala) dan alamat tersebut (Talang Jawa) tidak tersedia jaringan IndiHome sehingga tidak dapat dipasang.

Saya bingung mengapa alamat pemasangan yang sudah dikonfimasi berada di BTN Mandala pada saat registrasi berubah sebanyak 2 kali (registrasi tanggal 17 Nov dan 23 Nov) padahal saya sudah memastikan bahwa alamat yg saya input adalah BTN Mandala Kab Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Bukan di Kota Cimahi, bukan juga di Talang Jawa.

Saya juga bingung saat disarankan untuk cancel registrasi pada tanggal 23 November 2019 dan daftar kembali dengan alamat yang benar. Padahal alamat pendaftaran yang saya berikan tidak pernah salah, dan sudah dikonfirmasi via telepon saat proses registrasi. Saya tambah bingung juga disaat diinformasikan bahwa IndiHome tidak dapat dipasang di rumah saya karena jaringan tidak tersedia. Sementara teknisi sudah survey dan menyatakan jaringan tersedia dan siap dipasang.

Sampai surat ini dibuat teknisi tersebut mengatakan belum ada order pemasangan IndiHome untuk rumah saya. Saya kecewa dengan pelayanan Telkom dan memohon solusi atas pemasangan IndiHome di rumah saya. Total dari tanggal 14 November hingga surat ini dibuat 27 November tidak ada solusi pemasangan IndiHome. Malahan saya diharuskan membatalkan pemasangan dan mendaftar ulang sebanyak 2 kali.

Terima kasih.

Yonas Dwiananta Yuwono
Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:16    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Tiga Kali Daftar IndiHome, Gagal Karena Salah Alamat

  • 28 November 2019 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Saran saya. Daftar ulang lagi lewat teknisi. Dijamin lgsg terpasang. Perihal harga yg di aplikasi itu, itu sudah list harga terbaru belum ??

  • 28 November 2019 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Iya sama bung, saya jg mengalami hal yg sama. Sampai sekarang blm ada info kejelasan terkait kapan pemasangannya. Pdhl tempat tinggal sy msh di jabodetabek.

  • 28 November 2019 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah saya beberapa kali melakukan pendaftaran untuk pemakaian ruko dan kantor saya belum pernah bermasalah. daftar via aplikasi myindihome, tentukan titik lokasi titik poin, dan tulis detail alamatnya. setelah itu selesai, langsung ada konfirmasi dari sales via WhatsApp dan telpon dari PCC telkom. dan besoknya langsung pemasangan.

  • 28 November 2019 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Sama bro, saya di jakarta juga udah 2 minggu gak dipasang pasang, udah 3x daftar, dan katanya sekarang ada regulasi baru harus deposit, saya juga udah deposit. Tapi pelayanan masih gitu gitu aja, setiap kali di tlp jawabannya mohon menunggu dan segera terealisasi

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tiga Kali Daftar IndiHome, Gagal Karena Salah Alamat

oleh Yonas D Y dibaca dalam: 2 min
4