Pencairan Pinjaman Aplikasi Tunaiku (Bank Amar Indonesia) Tidak Jelas

Sekitar bulan November – Desember 2019 saya pernah mengajukan pinjaman melalui aplikasi Tunaiku, namun ditolak entah kenapa. Lalu pada tanggal 21 Januari 2020 saya dihubungi oleh petugas dari aplikasi Tunaiku (PT. Bank Amar Indonesia) yang menginformasikan bahwa saya terpilih untuk mendapatkan kemudahan pinjaman dari Aplikasi Tunaiku.

Petugas tersebut memberitahukan bahwa percakapan direkam oleh sistem Tunaiku sekaligus memverifikasi seluruh data yang pèrnah saya lampirkan sebelumnya (pada aplikasi yang sudah pernah ditolak). Namun ketika ditanya mengenai plafon pinjaman dan tenor berapa yang saya inginkan, saya menjawab nilai nominalnya separuh (lebih kecil 50%) dan tenor dipercepat kurang lebih 1/3 kali dari pengajuan pinjaman yang pernah ditolak sebelumnya. Lalu petugas tersebut meminta saya untuk menunggu prosesnya selambat-lambatnya 1-3 hari kerja.

Namun tidak lama berselang (kurang lebih 30 menit) saya mendapatkan SMS dan email dari pengirim Tunaiku yang berbunyi:

“Selamat.. Anda mendapatkan pinjaman dgn jumlah 10000000 & 6 bln. Angsuran Rp 2161050/bln. Kurir akan hubungi Anda BESOK utk ttd kontrak. Dokumen asli (KTP/Resi+KK, Buku Tabungan). Jika BESOK blm dihubungi kurir, isi link http://bit.ly/JadwalKontrak. Silahkan buka aplikasi Tunaiku atau website Tunaiku utk melnjtkn proses pinjaman”

Ketika saya buka aplikasi Tunaiku, saya diminta untuk melakukan konfirmasi pinjaman (via voice recording dengan membaca teks yang sudah ada di aplikasi tersebut), dan saya pun juga sudah mengisi form jadwal kedatangan kurir untuk penandatanganan kontrak/perjanjian pinjaman di atas materai.

Namun status pinjaman tersebut hingga kini tidak berubah dari “PENCETAKAN KONTRAK” meski sudah lewat dari waktu 1-3 hari kerja sebagaimana yang telah diinformasikan via email dan SMS.

Saya harap pihak Tunaiku dapat segera memberikan klarifikasi dan realisasi atas pinjaman tersebut. karena semua data-data pribadi, foto kartu identitas dan konfirmasi pinjaman melalui rekaman suara saya sudah saya sertakan (jangan sampai ada penyalahgunaan data saya tersebut).

Hendri Tjahjadi
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku:
[Total:21    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Pencairan Pinjaman Aplikasi Tunaiku (Bank Amar Indonesia) Tidak Jelas

  • 27 Januari 2020 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Untuk Hendrik, sy juga nasabah amar bank/tunaiku, jadi gini kita yg harus hubungi kantor amarbank/tunaiku untuk konfirmasi datang tanda tangan kontrak dgn menyebutkan no kontrak, dan bw buku tabungan anda , KTP asli ,baru isi kontrak, kalo nunggu kurir gak akan datang, untuk pencarian 2 x 24 jam, paling cepat waktu sy trima masuk di rek BCA sy 1 x 24 jam stlah tanda tangan kontrak

    Salam
    Yulia

    • 10 Maret 2020 - (07:17 WIB)
      Permalink

      selamat siang bu,
      saya mau tanya
      di aplikasi saya dibilang sudah cair dan sudah ada tgl jatuh tempo perbulannya..tetapi sampai hari ke 3 dana masi belum cair.
      saya udah konfirmasi ke costumer service amar bank tapi di suruh menunggu.kebetulan rek penerima nya dari bank bri.boleh minta solusi..

  • 27 Januari 2020 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Kalo saya dari 5 kali pengajuan gak acc yg ke 6 di acc 10 juta dg tenor 1 tahun.Pemberitahuan lewat email di suruh isi data lagi bsk nya hasil keluar dan di acc 2 hari setelah pemberitahuan ada kurir yg ke rumah buat verifikasi data dan ttd elektronik 2 hari kemudian cair dana 10 juta ke rek. saya.Gak ribet kok

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pencairan Pinjaman Aplikasi Tunaiku (Bank Amar Indonesia) Tidak Jelas…

oleh HENDRI TJAHJADI dibaca dalam: 1 min
3