Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

Kejadian ini berawal dari inisiatif saya untuk membayar tagihan Shopee PayLater saya sebelum jatuh tempo. Dari tanggal 26 Desember 2019, saya sudah tidak bisa akses fitur Shopee PayLater saya, karena kendala teknis di aplikasi Shopee saya. Karena tidak mau melewati jatuh tempo (tanggal 5 Januari 2020), saya menghubungi CS Shopee melalui chat karena saya ingin membayar tagihan Shopee PayLater.

Denda keterlambatan

Lalu pada tanggal 27 Desember 2019, saya mendapat email dari CS Shopee bernama Rain yang menjelaskan mengenai langkah-langkah yang dilakukan terkait kendala yang saya hadapi, dan saya sudah lakukan semua yang diinstruksikan, termasuk prosedur pembayaran dilakukan secara MANUAL alias transfer langsung ke PT. Lentera Dana Nusantara sebagai penyedia dana Shopee PayLater.

Bukti transfer pembayaran tagihan

Pada tanggal 31 Desember 2019 jam 14:36 WIB, saya lakukan pembayaran tagihan melalui transfer langsung ke PT. Lentera Dana Nusantara sebesar Rp306,264. Lalu saya kirimkan semua bukti-bukti pembayaran/transfer saya ke email CS Shopee di hari yang sama (31 Desember 2019). Saya anggap kewajiban saya sudah selesai dan saya coba install ulang aplikasi Shopee saya dan berharap fitur Shopee PayLater saya bisa kembali digunakan, dan akhirnya berhasil.

Fitur Shopee PayLater saya tampil dan bisa diakses, hingga saya pikir semua sudah beres. Namun, tanggal 7 Januari 2020 muncul notifikasi bahwa saya belum membayar tagihan Shopee PayLater saya. Saya komplain ke CS Shopee melalui chat dan dibuatkan laporan nomor: 41909337 dan mereka memberitahu bahwa proses verifikasi data akan memakan waktu maksimum sekitar 14 hari kerja.

Setelah 7 hari kerja, saya kembali mengajukan komplain ke CS Shopee dan menanyakan perihal denda yang dikenakan kepada saya dan CS yang menjawab adalah Nurika, yang menjelaskan bahwa denda akan dihapuskan begitu data pembayaran sudah terverifikasi. Beberapa hari kemudian ada yang menelepon saya, dan saya jelaskan bahwa saya sudah melakukan semua yang harus saya lakukan. Dan CS yang menelpon juga berjanji akan membantu menginformasikan ini kepada pihak terkait dan dibantu dibuatkan laporan kedua nomor: 41273156.

Namun, sekali lagi hingga saat ini tanggal 29 Januari 2020 yang mana sudah 20 hari kerja, masalah ini belum juga bisa diselesaikan oleh Pihak Shopee Indonesia. Dan hampir setiap hari notifikasi muncul untuk segera melunasi tagihan dan denda terus berlanjut hingga saat ini (29 Januari 2020) jumlah tagihan saya menjadi Rp462.178. Dan Shopee PayLater saya pun sudah benar-benar tidak bisa digunakan lagi seperti di-nonaktifkan dari sistem aplikasi Shopee.

Tagihan Januari 2020 + Denda

Untuk itu, mohon tanggapan dan penyelesaiannya kepada pihak Shopee Indonesia mengenai hal ini, karena mohon maaf saja, saya merasa sangat kecewa dengan pelayanan Shopee yang merugikan konsumen seperti saya, terlebih saya adalah user Shopee dengan predikat Platinum Member yang sudah menjadi user Shopee selama 2 tahun dengan jumlah transaksi ratusan.

Saya tunggu tanggapan dan penyelesaiannya dari pihak Shopee Indonesia.

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,

Wida Marliany
Purwakarta, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

67 komentar untuk “Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

  • 29 Oktober 2020 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Saya baru sehari aktifin shoopepay later limit 2,1 besoknya sudah terkunci lagi dan gak bisa masuk lagi, untungnya limit belum terpakai, bagaimana kalau sudah terpakai lalu terkunci, apa dengan cara gini ngambil keuntungan dengan merugikan

  • 29 Oktober 2020 - (11:53 WIB)
    Permalink

    edan banyak jg ya yg “ketagihan” dengan metode paylater. pantes menjamur di indo. dengan iming2 beli sekarang bayar nanti
    bahaya ckckck

  • 23 Desember 2020 - (21:54 WIB)
    Permalink

    saya juga sama penguna sopee dan spaylater,nyaman ga ada kendala sampe limit pun bertambah sampe 14 jt.pembayaran tagihan lancar sampe pada kejadianbyg membuat saya ingin lari dan menutup akun saya di sopee .tgl 21 2020 akun saya kena hack….hingga spaylater saya d bobol sampe 11 jt lebih saya ingin menurunkan limit ato bahkan mungkin berhenti menggunakan sopee begitu susah nya menghubungi …pihak pt dana lentera buat melapor bahwa saya diretas itulah kenapa pihak terkait begitu tidak tanggap terhadap kasus pembobolan..dan betapa depresi nya kenapa pihak terkait tidak bisa membantu kurang antusias buat pembatalan pengiriman k alamat penipu padahal sudah lapor pihak berwajib pula

  • 10 Agustus 2023 - (09:39 WIB)
    Permalink

    hai.. ditahun 2023 saya menemukan artikel ini, karena setelah saya baca, cerita ini persis seperti yang saya alami saat ini. bener2 nyebelin banget sih, mohon maaf ya tapi emg cs shopee yang sangat lamban menangani kasus ini padahal kita sudah bayar tepat waktu tetapi karna sistem yang eror sehingga payment tidak terverifikasi alhasil uang katanya di refund dulu dan customer harus bayar nominal sesuai di aplikasi, pasti sudah dendanya karna sudah terlewat banyak -_- kecewa banget sih sama pihak shopee.
    padahal kelalaian mereka tapi seaakan2 tutup mata sama permasalahan.
    jadi males sekarang mau pake spaylater karna takut kejadian begini terulang lagi, pihak customer yang dirugikan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee PayLater?

Ada 67 komentar sampai saat ini..

Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

oleh Wida Marlianya dibaca dalam: 2 menit
67