Akun Shopee Di-hack 7,3 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

Tanggal 24 Februari 2020 pukul 21.13 WITA, saya membeli sebuah handphone senilai Rp 7,3 juta via Shopee dengan nomor pemesanan 200224780Y654N. Nama akun penjual sisca002akshi berlokasi di Yogyakarta. Setelah komunikasi dengan penjual, saya percaya dan melakukan pembayaran via Shopee, yang notabene marketplace besar dan harusnya aman untuk transaksi sebagai rekening bersama.

Namun tanggal 26 Februari 2020 pukul 11.19 WITA, penjual mengirimkan link phishing shopeorder.com (hati-hati! jangan memasukkan data Anda di situs ini – redaksi) melalui whatsapp. Dari situ saya mulai curiga dan kecurigaan saya bertambah ketika saya melakukan pengecekan terhadap nomor resi 150220003270020 barang dikirimkan melalui JNE dari Batam. Padahal penjual berlokasi di Yogyakarta tanpa ada konfirmasi pengiriman penjual ke saya dengan keterangan di website JNE barang yang dikirim berupa aksesoris hp.

Pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 13.30 WITA tiba-tiba pesanan dinyatakan selesai padahal paket baru dikirim dan masih on proses. Setelah itu pukul 17.30 WITA saya menghubungi Shopee dan berkata bahwa saya mengklik penerimaan barang pukul 13.30 WITA padahal saya tidak melakukan klik pesanan selesai. Akhirnya cs hanya menyuruh saya melakukan percakapan di chat Shopee dan jika 1 x 24 jam tidak ada respon maka akan dilakukan tindakan.

Karena saya curiga dengan penjual yang tidak bisa dihubungi melalui Shopee dan WA akhirnya saya sadar bahwa akun saya kena hack. Akhirnya pukul 19.00 WITA saya kembali melaporkan ke pihak Shopee terkait masalah tersebut dan akhirnya akun saya dan penjual dinon aktifkan.

Keesokan harinya tanggal 28 Februari 2020 pukul 08.30 WITA saya kembali menghubungi Shopee. Kata cs dananya masih terblokir karena masih dalam proses penarikan. Dan nanti akun saya dipulihkan kembali dengan mengajukan pengembalian paket. Hati saya sedikit tenang.

Pada pukul 20.00 WITA akun saya sudah aktif kembali tetapi tidak ada perubahan tetap saja pesanan telah selesai ??. Dan saya kembali menghubungi Shopee pukul 21.30 WITA dan dikatakan bahwa dana sudah ditarik oleh penjual pukul 13.45 WITA. Padahal seharusnya jika ditarik jam segitu maka akan diproses 1×24 jam, artinya esok hari karena sudah lewat pukul 12 siang. Sedangkan pelaporan dan pemblokiran dilakukan malam hari pukul 19.00 WITA. Hal ini membuat saya bingung. Dan cs menyuruh saya untuk menunggu konfirmasi email yang akan dikirimkan oleh pihak Shopee.

Adapun tracking JNE juga menunjukkan barang masih on process di Batam.

Pukul 11.37 WITA Shopee memberikan email balasan yang mengecewakan. Dana transaksi tidak bisa diblokir karena sistem otomatis mengirimkan dana transaksi ke penjual dan untuk akun saya yang diblokir sudah diaktifkan. Kontak penjual  tidak aktif dan tidak bisa dihubungi.???

Irma Agustina
Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Akun Shopee Di-hack 7,3 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari …

oleh irma agustina dibaca dalam: 2 menit
35