Kredivo Tiba-tiba Menangguhkan Akun dengan Alasan Melanggar tapi Tidak Bisa Memberikan Alasannya

Saya pengguna ecommerce Tokopedia dan sering melakukan transaksi di sana menggunakan Kredivo sebagai fasilitas pembayaran. Ketika itu saya ingin melakukan pembelian product DJI Mavic Mini di bulan Maret, saya tidak ingat tepatnya tanggal berapa. Pada saat itu saya melakukan pembayaran separuh dari OVO cash dan Kredivo. Pada saat proses checkout, terjadi proses loading yang agak lama. Kemudian dari OVO notification diinfokan pembayaran gagal dan dana dikembalikan. Kemudian saya kembali mencoba dan tidak berhasil, setelah itu saya mencoba kembali dan di halaman checkout Kredivo di Tokopedia, saya diinfokan akun saya suspended.

Kemudian keesokan harinya saya telepon call center untuk menanyakan kenapa akun saya di-suspend. Hal yang pertama kali pihak call center bilang ke saya akun suspended dan untuk membuka saya harus melunasi semua cicilan. Saya meminta penjelasan kenapa akun suspended? Pihak Kredivo cuma bisa bilang bapak mungkin terlambat bayar atau melanggar persyaratan. Yang saya sendiri tidak pernah tahu melanggar seperti apa karena saya hanya transaksi seperti biasa di Tokopedia. Dan pihak Kredivo selalu bilang tidak bisa memberi tahun pelanggaran apa, seolah-olah seperti ada yang ditutup-tutupi.

Lalu saya putuskan saja untuk melunasi semua cicilan yang seharusnya tenor dari beberapa produk masih panjang seperti saya 12 bulan, sedangkan saya baru bayar 3 bulan. Jadi sangat tidak adil saya dikenakan bunga 12 bulan tapi saya dipaksa bayar kurang dari itu. Dan sifatnya seperti memaksa untuk membayar.

Setiap kali bertanya ke call center baik email atau telepon selalu jawabannya sama, saya harus melunasi (padahal sudah lunas) dan saya melanggar persyaratan dan akun suspended permanen.

Sungguh treatment yang tidak professional oleh Kredivo terhadap konsumen yang bertahun-tahun menggunakan service-nya. Hingga hari ini akun saya suspended dan hal ini saya tidak terima karena seolah-olah saya tidak pernah melunasi cicilan tiap bulan.

Rachmat Handinugraha
0812198853**
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:17    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Rachmat Handinugraha

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Rachmat Handinugraha di Media Konsumen tanggal 16 April 2020 yang berjudul “Kredivo Tiba-tiba...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Kredivo Tiba-tiba Menangguhkan Akun dengan Alasan Melanggar tapi Tidak Bisa Memberikan Alasannya

  • 16 April 2020 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Bapak belanja dengan nominal berapa?

    Saya hanya karena pembelian pulsa Rp. 15.000 di SUSPENDED dengan alasan ADA INDIKASI PENCAIRAN.

    Coba kita berpikir jernih pencaira sebesar Rp. 15.000 di SUSPENDED?

    Harus melunasi semua hutang baru di analisis lagi yang ujung2nya TERBLOKIR PERMANEN.

    Hati2 pak, bapak bayar lunas juga ga akan ada itikad baik dari kredivo untuk membuka SUSPENDED bapak, yang ada setelah lunas langsung AUTO TERBLOKIR PERMANEN dengan alasan tidak bisa diberitahu karena itu keputusan analis.

    Giliran nagih udah kaya IBLIS, giliran kita yang nanya jawabanny berbelit2 dan ga jelas

  • 16 April 2020 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Nanti bapak paling di telepon sama kredivo, dan jawabanny pasti sama, lunasi dulu semua cicilan baru dianalisis lagi, dan saat kita tanya apakah jika saya lunasi sekarang akan terbuka blokirny? Pasti jawabanny TIDAK TAHU, KARENA ITI KEPUTUSAN ANALIS.

    Jebakan BATMAN dari kredivo itu mah pak, jika bapak punya riwayat bagus AUTO BLOKIR PERMANEN dan nama bapak BLACKLIST di BI.

    Jadi kalo mau ajukan pinjaman lain pasti susah karena ada sangkutan sama kredivo dan sudah BLACKLIST.

    Jadi menurut saya adalah bapak lunasi atau tidak hasilnya sama TERBLOKIR PERMANEN dan BLACKLIST BI

    • 16 April 2020 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Terima kasih mba utk sharing nya, dari sini jadi tau banyak konsumen yang di rugikan seperti saya

  • 16 April 2020 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Kredivo mah dari dulu kayak gitu om, ga usah pake lagi, tinggalkan Kredivo. Nanti juga tutup tuh fintech, biar mikir dulu itu direksinya.

    • 16 April 2020 - (21:11 WIB)
      Permalink

      iya om.. saya mmg tidak berencana menggunakan lagi, cuma ternyata jadi tau banyak konsumen mengalami hal yang sama

        • 16 April 2020 - (21:18 WIB)
          Permalink

          Saya korban juga, udah belanja laptop, bisa batal karena ga diapprove, padahal dapat limit gede.

          Udah transaksi di Toped, udah DP, bisa batal, canggih ga tuh Kredivo. Sampe skrng akun saya suspend permanen. Susah emang urusan sama rentenir model gini.

          Tinggalkan, nanti mereka juga akan jor joran approve ke konsumen klo dah mau bangkrut.

  • 16 April 2020 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Dilporin ke OJK juga OJK ga ada tanggapannya.

    Saya ada niat baik bayar aja diteror dh kaya apaan tahu.

    Saya bayar ga pernah telat, baru saat pandemi ini saya telat tapi dari pihak kredivo ga ada kelonggarannya.

    Kita ngomong disini juga ga akan ada solusi.

    Kayanya si kredivo bayar ke OJK gede jadi ga disentuh sama OJK (ini jadi pemikiran saya saja) karena OJK jg tidak pernah menindak yang namanya KREDIVO

  • 16 April 2020 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Bungax 25ribu 1hari tolong di beri keringan kredivo perpanjangan angsuran saja. Karna zona merah Makassar. Saya tdk perna telat bayar sebelum ada pandemi covid19.

  • 16 April 2020 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Saya ada tagihan kredivo juga tiap hari di Telp baru terlambat 1 minggu saya bilang kedai saya ditutup sementara di jakarta karena ada PSBB jadi gak ada penghasilan. Tapi pihak kredivo gak mau tahu pokoknya bayar dan dgn ancaman akan black list bi. Trus dia akan datangkan orang lapangan. Setelah saya lihat diperjanjiannya tunggakan selama 6 bulan baru di serahkan ke pihak ke 3. Padahal OJK melarang pihak ke 3. Tapi kok OJK malah merestui. Padahal sebelum perjanjian itu dibuat kan harus ada verifikasi dari OJK? Apa sdh ada setoran dari pinjol nya sehingga diperjanjikan disebutkan pihak 3?? Mohon penjelasan OJK

  • 18 Juli 2020 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna kredivo dr lama pak, memang sejak covid 19 saya selalu terlambat bayar tapi tidak pernah lebih dari 30 hari, namun rupanya itu bukan salah satu nilai itikad baik kita sebagai pelanggan lama. dr 2 kredit yang saya ajukan, alhamdulillah salah satunya sudah lunas, saya iseng2 mau mengajukan lagi, tapi katanya saya melanggar persyaratan kredivo, saya bersyukur juga, karena saya sudah berniat utk melunasi tagihan saya dan langsung men delete kredivo. ada beberapa hal bagi temen2 kalau mau ajukan kredivo, sebagai pertimbangan dari pengalaman para pengguna lama:
    1. kredivo tidak peduli anda pelanggan yang sudah lama atau setia pada mereka, track record anda tidak mempengaruhi, buktinya saat covid 19 ini mereka tidak peduli dengan keadaan anda.
    2. saat anda mengajukan pinjaman, anda akan dikenakan bunga lumayan besar, dan dipotong admin sebesar 6% dari nominal pinjaman, jadi kalau anda pinjam 5 juta, gakkan dapet 5 juta utuh krn dipotong admin, kalau anda telat bayar, anda akan dikenakan bunga yang tinggi setelah 6 hari anda akan ditelpon memaksa anda bayar hari itu juga, padahal anda sudah kena bunga tinggi, dan mereka gak peduli mau gimana kondisi anda.
    3. setelah anda melunasi, belum tentu anda akan diberikan pinjaman lagi.

    ini salah satu pengalaman nyata saya, berfikir ribuan kali lagi kalau mau melakukan pengajuan ke kredivo. pinjol lain lebih baik dgn program restrukturisasi, dan keringanan cicilan mereka

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kredivo Tiba-tiba Menangguhkan Akun dengan Alasan Melanggar tapi Tidak…

oleh Handinugraha dibaca dalam: 1 min
11