Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking

Perkenalkan nama saya Heru dari Kota Semarang, saya merupakan seorang yang sudah terbiasa menggunakan marketplace sebagai media untuk belanja online. Hal ini sudah sejak tahun 2009. Dengan alasan pertimbangan lebih praktis yaitu lebih mudah mencari barang yang dikehendaki, dan barang biasanya lebih murah, tidak harus keluar rumah untuk mencari ke toko, tinggal pilih, bayar, tunggu barang dikirim ke rumah.

Pada tanggal 7 April 2020 saya belanja di Tokopedia, membeli 3 buah unit komputer dari sebuah toko online di Bandung dengan pengiriman ke Kota Semarang. Setelah sepakat dan pembayaran saya lakukan dengan no Invoice INV/20200407/XX/IV/517251927, kami sepakat menggunakan jasa pengiriman JNE Trucking dengan estimasi 5-7 hari sampai ke alamat tujuan. Kemudian penjual menyiapkan barang yang saya pesan, pada tanggal 8 April 2020 Penjual melakukan pengiriman dengan nomor resi 020600069849820, dan di-entry oleh Pihak Kurir JNE Bandung 9 April 2020 pukul 02.18 WIB

Saya secara berkala memantau dengan menggunakan fasilitas tracking dari Tokopedia ataupun dari www.jne.co.id untuk memantau barang kiriman tsb. Tanggal 11 April 2020 kiriman saya transit di Gateway Wangon, Kab Banyumas. Saya pikir karena menunggu paketan arah ke Semarang agar penuh dahulu.

Tanggal 13 April 2020 saya tracking lagi, posisi kiriman saya masih tetap tidak bergerak di Gateway Wangon Kab Banyumas. Sampai akhirnya saya mencoba mencari nomor telepon Gateway Wangon, yang saya dapatkan dari google map dengan nomor 0853 6251 4285, tetapi saat dihubungi tidak diangkat. Dihubungi dengan whatsapp juga hanya dibaca saja, tetapi tidak membalasnya. Akhirnya saya berinisiatif menghubungi Customer Care JNE.

13 April 2020
Telepon Ke-1 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya dari pembicaraaan saya dengan si customer care, katanya menunggu 1-2 hari lagi pasti dikirim.

14 April 2020
Telepon Ke-2 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya dari pembicaraaan saya dengan si customer care, biasannya menunggu arah ke Kota Semarang Penuh, baru diberangkatakan ke Semarang.

Telepon Ke-3 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya dari pembicaraaan saya dengan si customer care, saya di suruh untuk bersabar menunggu paketan datang.

15 April 2020
Telepon Ke-4 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya customer care hanya bisa membantu melakukan pelacakan dan barang tersebut belum masuk ke Semarang

Dari kesimpulan setelah saya 4 kali menghubungi customer care tersebut tidak ada jawaban yang pasti dan hanya bisa melakukan tracking barang saja.

Saya pun semakin harap–harap cemas kalau ada apa–apa dengan paketan saya hilang. Secara berkala saya tetap melakukan tracking, tapi hasilnya tetap masih di Gateway Wangon. Hai JNE apa sih gunanya dibangun GateWay Wangon kalau hanya untuk memperlambat pengiriman barang dan hanya dijadikan tempat penimbunan barang yang seharusnya sudah di sampaikan ke tujuan.

Karena sampai tanggal 17 April 2020 paketan saya tak kunjung bergerak dan masih “ditimbun” di Gateway Wangon dari saya berinisiatif untuk menghubungi JNE Pusat (021-29278888) yang saya dapatkan dari wabsite www.jne.co.id

17-18 April 2020
Telepon Ke-5 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( Bpk Khoriq ) Hasil : melakukan tracking, tidak tahu apa kendalanya disana dan akan menyampaikan kendala ini ke pihak terkait.

Telepon Ke-6 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( Ibu Lina ) Hasil : si-customer care melakukan tracking, tidak tahu apa kendalanya disana dan akan menyampaikan kendala ini ke pihak terkait. ( hasil sama )

Telepon Ke-7 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( Ibu Abel ) Hasil : si-customer care melakukan tracking, tidak tahu apa kendalanya disana dan akan menyampaikan kendala ini ke pihak terkait. ( hasil sama )

Telepon Ke-8 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( ???? ) Hasil : saya langsung memotong pembicaraan si customer care, saya bilang tidak usah di tracking, karena saya juga bisa!!! Kalau masalah tracking tidak perlu menghubungi customer care, disini saya sudah bicara dengan nada keras! Karena sampe tanggal 18 April 2020 Paketan saya belum juga bergerak dari Gateway Wangon!!

Sampai tanggal 19 April 2020, surat pembaca ini kami tulis, barang saya masih ditahan di Gateway Wangon, artinya sudah 8 hari paketan saya di “timbun” di Gudang Gateway Wangon Kab. Banyumas. Berarti sudah 10 hari barang saya masih “ditahan” JNE.

Saya mohon pihak JNE ada apa dengan paket saya? Apakah itu barang terlarang? Hilang? Atau menunggu paketan penuh untuk jarak ke tujuan Semarang? Tolong jawab dengan jujur!!! Apakah pihak JNE tidak mau mengirimkan paketan karena paketan belum penuh untuk dibawa ke tujuan yang sama walau pun harus menunggu sebulan lamannya, mana komitmenmu? Ke-Profesional-an mu wahai JNE, saya sudah bayar saya juga meminta hak saya, pihak JNE jangan hanya mengedepankan keuntungan semata dengan mengabaikan hak pelanggan.

Ingat JNE besar karena adanya pelanggan yang sudah percaya, kalau hal ini terjadi pada pelanggan–pelanggan yang lainya, maka bukan hal yang mustahil JNE akan kehilangan pelanggan. Ingat sekarang persaingan perusahaan jasa pengiriman semakin ketat, kalau JNE tidak mau berbenah diri maka JNE hanya menunggu waktu saja.

Saya tunggu tanggapan dari Pihak JNE.

Heru Al Habib
Semarang – Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:372    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Heru Al Habib

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di media konsumen pada tanggal 19 April 2020 berjudul “Sangat Kecewa Menggunakan Jasa...
Baca Selengkapnya

Loading...

92 komentar untuk “Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking

  • 21 Mei 2021 - (05:46 WIB)
    Permalink

    Ada beberapa layanan kirim paket di JNE, kenapa sampeyan milihnya yang JTR, yang memang dijelaskan disitu memang lama 😂 Ada reguler loh, ini nih customer mau hemat tapi ga mau nunggu, sabar ya JNE 😁

  • 13 Juni 2021 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga kena JTR,order tanaman hidup lewat Tokopedia tgl 3 Juni 2021,credit card BCA saya sudah terdebet untuk beli tanaman hias 4 buah seharga Rp540.000,-,kemudian penjual sudah mengirim lewat JTR/JNE Trucking dengan estimasi penerimaan barang bagi pembeli tgl 8 Juni 2021,tgl 4 Juni 2021 penjual sudah mendapat nomor resi pengiriman,tapi tidak bergerak/tidak ada perkembangan S/d tgl 8 Juni 2021, baru bisa diajukan komplain pada tgl 8 Juni 2021 jam 12 Siang,saya ajukan komplain di Tokopedia ,kemudian bergerak,tiba-tiba macet lagi pada tgl 9 Juni 2021:received At origin gateway Jakarta,sampe tgl 12 Juni 2021 tidak bergerak,sampai dengan tgl 13 Juni 2021 tidak bergerak,stay dengan status tersebut,ini JNE Trucking maksudnya apa,tujuannya apa nimbun barang orang ,apalagi tanaman hidup buat hadiah ultah seseorang ,yg seharusnya datang pada tgl 8 Juni 2021,tolong ya JNE Trucking, kalau anda buka usaha jasa pengiriman barang ,yang profesional,yang tanggungjawab ,yang disiplin ,jangan menyusahkan orang,orang tidak bersalah sama anda,kamu cari masalah,penjual tidak mau terima tanaman hidup tersebut,katanya sudah rusak/kering,anda mau tanggungjawab? Anda mau ganti?anda mencoreng nama anda sendiri,JNE Trucking/JTR, jujur seumur hidup saya,baru kali ini saya menemukan expedisi bobrok seperti anda,JNE Trucking!walapun harga tanaman itu yg lama tertimbun di tempat anda,tidak anda kirim2 sejak tgl 4 Juni 2021,anda mau ganti walaupun hanya 540 ribu ke Tokopedia buat ganti ke saya,penjual,kemudian mau ganti rugi ke pembeli atas tanaman hidup yg tidak kamu kirim-kirim dari tgl 4 Juni 2021 S/d tgl 13 Juni 2021?dan lucunya pihak Tokopedia suruh saya menunggu sampe JNE Trucking mengirim tanaman hidup yg sudah tertimbun lama hingga kering/rusak buat dikirim sebagai hadiah orang yg saya tujukan alamat pengirim,apa tidak tambah busuk? Penghinaan itu mengirim hadiah seseorang dgn tanaman kering/mati/rusak/busuk! Luar biasa bobroknya JNE Trucking ini!

  • 13 Juni 2021 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Saya dikritik oleh penjual tanaman hidup di Tokopedia ,Unique Smart,katanya kenapa anda pilih JTR, bukan Yes,Klu YES cepat,saya jawab :di situ ada tertulis Estimasi penerimaan barang 4 hari kemudian setelah dikirim , memangnya saya kerja di jasa pengiriman barang, bisa tahu ini jasa pengiriman bagus/janji kosong/tidak bagus?Benar-benar jahat ini si penjual,saya kapok beli di toko tsb,tdk seperti toko2 lain,malah iba kepada pembeli ,malah membantu,Semoga Tuhan mengampuni penjual unique smart yg jahat ini,juga jne trucking dan Tokopedia yg cenderung berbelit-belit urus masalah

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 92 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking

oleh heru dibaca dalam: 3 menit
92