Investigasi Fraud Kartu Kredit BNI yang Tidak Berujung

Dear BNI Customer Relation,

Saya sungguh sangat kecewa dengan support BNI dalam menyelesaikan case kartu kredit saya.

Pada bulan Juli 2019, saya diinfokan oleh pihak BNI katanya ada pemakaian, yang setelah diverifikasi ternyata saya tidak melakukan transaksi. Kartu kredit tsb tidak pernah dipakai, dan hanya disimpan di dalam lemari. Lalu saya berniat untuk melakukan penutupan kartu kredit saja karena memang saya lagi meminimalisasi jumlah kartu kredit saya. Namun katanya kartu tidak dapat ditutup karena masih sedang dilakukan investigasi.

Sejak Juli 2019 sampai sekarang April 2020, saya sudah melakukan follow up sampai 4 kali (yang tercatat nomor laporannya). Namun pihak BNI tidak pernah bisa memberikan kepastian mengenai hasil investigasi supaya saya bisa menutup kartu kredit saya. Sehingga kartu kredit tersebut statusnya menjadi menggantung, tidak bisa diblokir ataupun ditutup. Saya mengerti phone banking officer tidak memiliki wewenang lebih lanjut mengenai permasalahan ini dan percuma saya menekan karyawan tsb melalui telepon.

Setiap kali saya follow up, saya diberitahu bahwa proses investigasi oleh pihak ITR masih berlanjut dan saya disuruh menunggu sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Di laporan yang ke-3, saya disuruh menunggu 7 hari dan dijanjikan di hari ke 7 sudah bisa dapat jawaban. Walaupun tidak ada jawaban, dijanjikan kartu sudah bisa diproses untuk ditutup. Namun ternyata setelah di follow up yang ke 4x, tidak demikian.

Sepertinya kalau saya lihat, proses investigasi memang tidak dikerjakan oleh pihak investigasi, karena total waktu investigasi sudah 9 bulan. Posisi terakhir, saya disuruh menunggu sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Berikut no laporannya apabila pihak BNI mau mengecek:

  • Laporan 1: 12117289337
  • Laporan 2: 12139860838
  • Laporan 3: 1-2153848918
  • Laporan 4: 1-2167600255

Untuk calon customer baru yang hendak apply kartu kredit BNI diharap waspada agar kejadian seperti ini tidak terjadi pada Anda sekalian. Saya bingung harus melapor ke mana lagi karena phone banking BNI (1500046) sama sekali tidak memberikan solusi. Saya harap pihak BNI selain ITR bisa mem-follow up issue ini sehingga bisa urusannya bisa diselesaikan.

Junio Lucano
Jakarta Utara 14450

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BNI:
[Total:69    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan BNI atas Surat Bapak Junio Lucano

Tanggapan atas Surat dari Bapak Junio Lucano Menanggapi surat Bapak Junio Lucano di www.mediakonsumen.com pada tanggal 21 April 2020 berjudul...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Investigasi Fraud Kartu Kredit BNI yang Tidak Berujung

  • 21 April 2020 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Iy, sama. Saya mengajukan sanggahan dari januari. Saya follow up lewat telepon, email. Padahal sudash saya kirim surat sanggahan & keterangan polisi akan tindakan kriminal cc ini. Tapi setiap saya minta surat laporannya selalu msh dalam proses terus. Dan dari email orangnya sudah ganti yang melakukan investigasi. Kalau sudah ada keterangannya dan tetap ditagih kan mau saya lanjut follow up ke kepolisannya untuk penyidikan.

  • 21 April 2020 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Akhirnya hari ini pihak BNI menghubungi saya dan menginfokan kartu kreditnya sudah bisa ditutup. Saya rasa perlu direview untuk performa team investigasinya (ITR) karena tidak semua konsumen harus menyampaikan melalui media konsumen dahulu baru bisa ada tindak lanjut.

    Terima kasih banyak untuk Media Konsumen sudah menyampaikan keluhan masyarakat yang seringkali tidak digubris oleh pihak2 corporate atau pemerintah. Wadah seperti ini memang sangat bermanfaat dan diperlukan.

  • 22 April 2020 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Transaksi saat itu memang langsung dibatalkan ketika ditemukan oleh pihak BNI, jadi itu memang tidak bermasalah.

    Yang bermasalah adalah proses penanganan investigasinya yang berlarut2 mencapai waktu 9 bulan dan status kartu yang menggantung (tidak bisa ditutup) walaupun sudah di follow up sampai 4 – 5x.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BNI?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Investigasi Fraud Kartu Kredit BNI yang Tidak Berujung

oleh Junio dibaca dalam: 1 min
4