Pikir-pikir Lagi Bagi yang Ingin Pasang Indihome

Saya memasang indihome untuk toko saya pada tanggal 10 Maret 2020. Saat itu saya diminta hanya membayar deposit 215 ribu dimana deposit tersebut katanya bisa diambil kembali atau dibayarkan tagihan pada saat indihome akan ditutup.

Singkat cerita, pada bulan April saya telat bayar karena sejak awal April toko tutup akibat pandemi corona. Pada tanggal 30 april 2020 saya berniat bayar sekaligus ingin mencabut layanan indihome.

Karena menurut marketing deposit bisa digunakan untuk membayar tagihan, maka saya sampaikan keinginan untuk membayar tagihan bulan April menggunakan deposit. Tapi ternyata, pada bulan April ada dua tagihan yang harus saya bayar.

Tagihan dari tanggal 10 Maret s.d 20 Maret (10 hari pemakaian) dan tagihan dari tanggal 21 Maret s.d 20 April (30 hari pemakaian) Total yang harus saya bayar untuk pemakaian 40 hari adalah kurang lebih 630 ribu. Dengan rincian:

1. Biaya pemasangan baru Rp. 150 rb
2. Tagihan Maret Rp. 239 rb
3. Tagihan April Rp. 239 rb (dibayar menggunakan deposit)
4. Denda

Karena di bulan Maret saya merasa hanya memakai indihome selama 10 hari, saya agak keberatan jika harus membayar full. Maka saya datang ke telkom. Berikut percakapan saya :

Q: Pak, ini kenapa ada 2 tagihan

A: Satu untuk pemakaian bulan maret ditagih dari tanggal 5 – 20 April dan pemakaian April ditagih di tanggal 5 – 20 Mei.

Q: Tapi saya kan pasang tanggal 10 Maret itu artinya sampai tanggal 20 maret saya hanya pakai 10 hari apakah saya tetap harus bayar full 239 ribu ?

A: Pemakaian maret itu bukan sampai tanggal 20 bu tapi sampai tanggal 31 Maret, itu artinya di bulan Maret ibu sudah menggunakan layanan selama 21 hari

Q: Kalau begitu penggunaan April pun sebenarnya untuk tanggal 1 April s.d 30 April?

A: Benar

Q: Kalau memang s.d akhir bulan lalu kenapa diblokir dari tanggal 20?

A: Kesalahan ada pada ibu karena ibu telat bayar. Kalau tidak telat bayar, indihome tidak akan diblokir dan bisa dinikmati hingga akhir bulan.

Hehe.. Ada pelajaran berharga yang saya ambil dari kejadian ini. Pertama, Sebagai konsumen kita tidak memiliki kekuatan untuk membela diri, atau dilindungi hak haknya dan apapun masalahnya kesalahan akan selalu ditimpakan pada konsumen. Kedua, jangan bodoh seperti saya yang malas mencari informasi yang pada akhirnya dirugikan.

Saya yang hanya menggunakan layanan selama 40 hari, Telkom tidak mau tahu pokoknya harus tetap bayar full ditambah dengan denda. Tetapi saat konsumen telat bayar Telkom memutus layanan sejak tanggal 20. Padahal jika benar tagihan berlaku dari tanggal 1 s.d akhir bulan harusnya pemutusan layanan dilakukan di akhir bulan. Udah bayar denda, hak kita juga dikurangi.

Terakhir bagi yang ingin memasang indihome sebaiknya pikir pikir lagi, masih banyak kartu seluler yang layanan internetnya lebih murah dan kecepatannya sama dengan indihome. Kalaupun terpaksa pasang, perhatikan tanggal pemasangan, jangan sampai memasang indihome di tengah bulan apalgi akhir bulan.

Ira Nur Salamah
Jln. Cimanuk, Ds. Jayaraga, Kec. Tarkid
Garut

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:304    Rata-Rata: 4.2/5]
Tanggapan PT Telkom Regional III atas Surat Ibu Ira Nur Salamah

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Ira Nur Salamah pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

20 komentar untuk “Pikir-pikir Lagi Bagi yang Ingin Pasang Indihome

  • 6 Mei 2020 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Ganti provider pak, saya dlu juga pakai provider plat merah yg menjengkelkan, sekrang pindah xlhome, kemaren masang gak Ada biaya deposit Sama pemasangan,

  • 6 Mei 2020 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Saya Alhamdulillah gk ada kendala. Deposit bisa diambil pada saat kita berhenti berlangganan.

    • 7 Mei 2020 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Saya pngajuan pasang indihome suda 1 bulan,,sudah deposit 320.000,,kata teknisi gk bisa karna gk ada jaringan dn tiang listrik..untuk pengurusan refund depositnya terabaikan,dn gk ada kejelasan apapun,,marketing juga diem aja,gk brtanggung jawab sama skali.sangat kecewa,harusnya ada kejelasan,uda nunggu 1 bulan uang gk di refund pula.

      • 7 Mei 2020 - (09:32 WIB)
        Permalink

        Kejadian Sama Sista
        … Sudah 2 minggu lebih sejak pembayaran deposit, takhnisinya “bilang kuota terminal ditiang listrik penuh. Ada satu lagi jauh dan harus pake extra kabel”
        Dan tidak ada penjelasan dari marketing nya.
        Tidak ada penjelasan dari call centernya karna mungkin tidak ada laporan dari petugas lapangan.

        Pelayanan sangat tidak profesional.
        System tidak terbangun dengan baik.
        Targetnya bukan kepuasan pelanggan dan calon pelanggan.
        Tujuanya hanya memperbanyak Income dan tidak maintenance dg baik.

        Kasiaaan deh Bangsa GW…

  • 6 Mei 2020 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Iya benar gan saya juga sebagai pelanggan sangat kecewa sekali.dari awak sales memberitahukan pemasangan gratis tetapi setelah modem terpasang di kenakan deposit ( awal yg buruk ).
    Tempo penagihan tidak benar jumlah tagihan melonjak parah.
    Intinya saya benar benar kapok sebagai pelanggan kecewa apalagi

  • 6 Mei 2020 - (17:54 WIB)
    Permalink

    ganti isp aja gan bnyk yg kenceng+ murahan, dulu saya pke indihome tagihan 1.2jt 10mb macam2 add on,beserta paket2 g guna
    tp saya putus saya ganti sebelah myrep murah,up-down 150mb cuman 600rb mentok g ad tambahan laen, di tempet saya g pernah ada gangguan my rep g tau lok yg laen

    • 6 Mei 2020 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Memang aneh manajemen Telkom, saya sdh berhenti langganan dr Februari, tp tagihan msh ada smpai sekarang

      • 6 Mei 2020 - (21:45 WIB)
        Permalink

        Untuk berhenti langganan indihome harus ke plazanya, kalau kita tidak melaporkan tetap akan dihitung walaupun kita tidak pakai internetnya,

        • 7 Mei 2020 - (03:34 WIB)
          Permalink

          saya berhenti nya juga ke Plaza Telkom, sdh ada surat berhenti langganan, pembayaran tagihan terakhir dan modemnya juga sdh dikembalikan, tp masih ada aja telpon ke HP saya dr pihak Telkom katanya saya ada tunggakan tagihan 2 bulan, kan aneh.

  • 6 Mei 2020 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Klo kasus sy, tgl 20-4-2020 sy ajukan pemasangan lewat sales, katanya nanti di survey trus baru di tanggapi sama sales lain yang menghubungi sy tgl 29-4-2020, sy di suruh mengirim data lengkap utk di input dan bayar deposit, tp gak di survey, stelah dpt sms sy langsung deposit. tgl 6-5-2020 kami di hubungi oleh kantor katanya teknisi mau melakukan pemasangan, setelah sampai kata teknisi gak bisa gak ada tiang telkom di muka rumah sy adanya di jalan belakang rumah sy kurang lebih 100 m, sedangkan arah jln sy RT 2 ada tiang cuma Rt 1 yang tdk ada, yang sy heran Rt sy mungkin bukan pilihan indohome, tp gpp klo memang kami gak ada hak, tp tolong kembalikan deposit kami secepatnya, karena keadaaan ekonomi sekarang sedang sulit, buru2 bantu pemerintah malah menyulitkan warga, bumn koq gak sejalan dengan pemerintah.

  • 6 Mei 2020 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya ibu waktu pemasangan sudah dijelaskan dengan salesnyakah?
    Soalnya yang saya tau kalau berlangganan indihome, jika kita pemakaian dibulan maret mau itu pertengahan ataupun di akhir maret, tagihannya pasti di bulan april mulai tgl 3 s/d 20, kalau kita telat dari tgl 20 otomatis internet kita di blokir,
    Seperti kasus ibu, mulai pasang indihome tgl 10 maret, otomatis ibu terhitung sampai akhir bulan (21 hari), jika ibu dibulan april tidak membauar tagihan sampai tgl 20 otomatis internetnya diputus,
    Saya juga pernah seperti ibu, saya masang indihome 26 februari ketika saya bayar dibulan maret tgl 3, tagihan saya 215.000 sudah termasuk biaya pasang 150.000, dan dibulan berikutnya saya pemakaian full 1 bulan tagihan saya 350.000 perbulan, sampai sekrang saya pasang indihome tidak ada masalah,
    jadi kesimpulannya jika mau pasang indihome harus tau dulu sistemnya seperti apa biar tidak terjadi kesalahpahaman,

  • 6 Mei 2020 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Semua kejadian sama,saya pakek Indihome sudah 1tahun,berhubung covid-19 warung tutup pemasukan tidak memadai untuk tagihan Indihome,Indihome yg saya pakai katanya pakai dulu baru bayar,untuk bulan Maret saya tidak setor tagihan tapi kejadian sama ketika saya ada rezeki tuk bayar dibulan April saya harus bayar tagihan 2bulan yaitu 398rb Maret dan 398rb tuk bulan April,sedangkan pemakaian terakhir saya tgl 20 bulan februari karena pemutusan dari pihak Indihome,ketika di telpon dari pihak Indihome saya harus bayar 797rb untuk 2bulan memang anjing pihak indihome

  • 7 Mei 2020 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Kecewa berat dengan indihome. Internetnya ga stabil, waktu main game sering disconnect. Tapi begtu tagihan cepet bgt nagih.

  • 7 Mei 2020 - (01:23 WIB)
    Permalink

    Betul indihome ga konsisten… Saya sangat Kecewa …
    Awalnya saya hubungi marketing indihome mau pasang baru tiba2 ga lama datang teknisi utk pemasangan, lalu saya diminta utk bayar deposit 260rb… Setelah deposit masuk tiba2 teknisi bilang ga bsa dipasang krna blacklist area …lalu pergi gtu aja tanpa konfirmasi lanjut… Saya complain ke marketingnya diarahkan utk datang ke kantor indihome utk refund deposit…Disana saya diminta isi formulir utk refund deposit lalu diminta nunggu 14hari kerja nanti dananya akan masuk ke rekening… Setelah 14hari masih belum ada pengembalian deposit lalu saya hubungi 021147 kantor pusat indihome kemudian didata kembali dan di infokan pengajuan saya sebelumnya ternyata tercancle… Dan saya diminta menunggu 14hari kerja lg utk pengembalian depositnya… Sekarang sudah hampir 2bulan deposit itu masih belom kembali…. Gimana ini pertanggungjawabannya??? Tidak ada klarifikasi lanjut dari pihak indihome.. Kondisi seperti ini uang segitu lumayan dripada utk indihome lebih baik saya sumbangkan ke yg lebih membutuhkan… Saya hanya butuh kejelasan syatematis yg sebenarnya seperti apa…. Bukan dibiarkan seperti ini…
    Sangat sangat mengecewakan

  • 7 Mei 2020 - (09:21 WIB)
    Permalink

    baru2 ini saya juga punya masalah sama layanan plat merah ini..
    saya mau cerita sedikit, saya punya 2 user aktif waktu itu, 1 user sy bayar tiap bulan 350rb, dan yang 1 nya lagi 750rb..
    suatu ketika sy mau bayar, sy memberi 2 nlmor user sy dan yang 350rb salah sy kasih nomor, ternyata nomor user sy yg tahun 2019 sudah tdak sy gunakan…
    tapi billingx masukan pembayaran saya ke nomor yang salah itu, sekitar 1.123.000, sy gak curigan karna pembayaran sy tiap bulan memang seperti itu.. jdi sy balik kerumah, malamx internet sy terisolir.. sy pun cek kembali nota pembayaran ternyata billingx hanya bayar di nomor user sy di tahun 2019,. dan user sy yg 750rb tdak dibayarkan… bsoknya sy pun ke CSx.. tapi diminta ke bagian billing/loket.. sy ke loket dibilang ketmu sama kepala plasa, sy ke kela plasa katax sudah tdak bisa di refund.. dan uang itu di anggap uang hilang!! dan sy harus membayar kembali user sy yg 750rb itu…!! wow.. disini sy kecewa dan memutuskan tidak membayar lagi meskipun pihak pusat nelpon-nelpon melulu, sy sudah jelaskan ke pusat tpi mereka hanya menjawab itu untuk pembayaran tunggakan.. pdhal layanan user lama itu sudah sy tdak pakai selama 1thn..

  • 7 Mei 2020 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Bener emang As* indihome, udah lemot, aplikasinya sampah, bayar susah terus gak transparan dan mahal lagi. Tolonglah indihome jangan monopoli sendiri, kita mau ganti ISP lain gak ada pilihan selain Indihome. Netflix di blokir bangke… Apa GUNAnya Blokir Netflix!?? Sh*t

  • 7 Mei 2020 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Indihome memang banyak biaya. Saya juga sama kejadiannya seperti itu.Gk sesuai dengan apa yang di tawarkan.
    Indihome …. Cocok nya di kasih semboyan. “Indihome besar pasak daripada tiang. Bokek…”
    Mempunyai Salesnya tak jujur, yang gk bayar jadi bayar. Sales-nya yang tau semua, tapi customer apa tau yang mana yang bayar dan tidak bayar.visi dan misinya hanya membebani masyarakat. Mereka tak mau bilang sebelumnya,setelah kejadian dengan customer nya baru mereka bilang semuanya.kan itu sama aja pembodohan.menggajahi betul….sampah. jd
    Sehingga si customernya jadi down. Semua cerita dan krnologisnya sama dari semua berbagai daerah yg mau pasang indihome . Tapi sedikitpun gk ada dr mereka bilang.
    Untuk indihome/telkom . Kasih pelatihan dulu awak sales indihomenya yang bagian masang2 kabel. Biar klw di tanya itu tau semua. Jgn pulak stelah kejadian baru di bilang.ntah kekmana sistem kerjanya.
    Yang profesional Donk indihome,, buat aplikasi untuk salesnya sendiri.jadi tau sapa sales-nya yang masang dan juga apa benar dia seorang pekerja atau tidak.trus namanya juga biar tau. Wajahnya juga dalam aplikasi. Semuanya dalam aplikasi. Jd klw ada apa2 semuanya sudah terdaftar. Percuma teknologi yg berbasis yang ada di Indihome, tapi tidak bisa menciptakan sistem teknologi pekerja
    Itu baru sistem kerja adil. Bahasa saya ini untuk IQ rendah , biar ngerti Indihome/telkom ini kedepannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pikir-pikir Lagi Bagi yang Ingin Pasang Indihome

oleh Ira Nur dibaca dalam: 2 min
20