Syarat Foto KTP untuk Penerimaan Traveloka Paylater Card

Hari ini 16 Mei 2020, kurir NCS mengirimkan kartu paylater card BRI yang saya ajukan lewat aplikasi Traveloka. Tetapi pihak kurir meminta foto KTP atau fotocopy KTP untuk dibawa sebagai syarat penerimaan kartu paylater. Saya keberatan karena menurut pengalaman saya, biasanya pihak kurir hanya melihat KTP untuk mencocokkan nama harus sesuai penerima kartu dan DIWAJIBKAN MENCATAT nomor KTP pada lembar bukti penerimaan kartu.

Lalu saya mengambil keputusan mengembalikan kartu paylater Traveloka tersebut dikarenakan sangat beresiko penyebaran dan penyalahgunaan data pada KTP.

Saya sudah membuat laporan di Traveloka untuk menanyakan hal tersebut dan apabila prosedur untuk pengiriman dan penerimaan kartu paylater benar seperti itu, saya meminta agar kartu ditutup saja dan surat penutupan kartu agar di email. Sudah direspon customer service Traveloka untuk menghubungi call centre BRI. Bagaimana saya mengubungi BRI? Nomor kartu tidak ada, dan saya bukan nasabah BRI. Customer service Traveloka sangat tidak membantu dan terkesan melempar tanggung jawab kepada pihak BRI saja.

Asumsi saya, apabila memang benar prosedur penerimaan kartu harus memberikan fotocopy KTP, maka sudah banyak data foto KTP/foto copy KTP nasabah bank-bank yang ada di Indonesia yang dimiliki oleh pihak kurir.

Untuk itu, harap mediakonsumen.com dapat membantu dan masyarakat dapat berhati-hati, dan pihak-pihak terkait dapat memperbaiki prosedur yang menggunakan KTP agar penyalahgunaan data identitas pada KTP minimal dapat berkurang.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat


Catatan redaksi (diperbarui 3/6/2020): Surat ini juga ditanggapi oleh Bank BRI sebagai berikut.

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:4    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Tjoe William

Kepada Yth Bapak Tjoe William, Salam hangat dari Traveloka. Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka dan kami memohon maaf...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Syarat Foto KTP untuk Penerimaan Traveloka Paylater Card

  • 18 Mei 2020 - (01:41 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai, kurir sudah konfirmasi dan meminta maaf atas kesalahpahaman tersebut dan kartu sudah diterima tanpa meminta foto KTP.

    Terima kasih mediakonsumen.com

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Syarat Foto KTP untuk Penerimaan Traveloka Paylater Card

oleh tjoe william dibaca dalam: 1 menit
1