Sistem Pembayaran di indihome.co.id Error, Sudah Terbayar Mei 2020 tapi Tidak Masuk ke Sistem Telkom

Kepada Telkom Indonesia yang terhormat,

Saya mendapatkan kasus yang sama seperti kasus ini:

Perbedaannya itu tahun 2019, sedangkan saya baru bulan ini, Mei 2020.

Tolong untuk situs indihome.co.id diperbaiki sistemnya, jangan pelanggan malah jadi tertipu karena tagihan yang sudah dibayar malah tidak masuk ke sistem. Nomor Indihome saya adalah: 121101249915.

Kronologinya adalah sebagai berikut:

1. Pada tanggal 5 Mei 2020, saya membuka iklan indihome seperti di bawah ini:

Makin Mudah Bayar Tagihan | IndiHomewww.indihome.co.id › kenali-indihome › linkaja
IndiHome layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Telepon Rumah, … Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.
Tidak ada: masalah ‎| Harus menyertakan: masalah
(Anda mengunjungi halaman ini pada 05/05/20.)

Karena di iklan itu bisa menggunakan kartu kredit, maka saya coba menggunakan kartu kredit CIMB dan kartu kredit Bukopin.

2. Saya mencoba membayar menggunakan kartu kredit CIMB seperti yang dijabarkan pada website sebesar 1.078.500. Di akhir proses pembayaran yang terjadi hanyalah infinite loading tanpa ada kejelasan proses pembayaran. Karena itu saya coba lagi dengan kartu kredit Bukopin, karena saya pikir transaksinya gagal. Ternyata setelah proses dengan kartu kredit Bukopin, di sistem, akhir proses pembayaran yang terjadi hanyalah infinite loading tanpa ada kejelasan proses pembayaran, tapi saya mendapat sms dari Bukopin bahwa transaksi berhasil.

3. Saya sudah melaporkan melalui customer care dan telpon, dan akhirnya mendapatkan nomor laporan IN67044879. Saya sudah dihubungi kembali oleh Telkom sebelum tanggal 15 Mei, untuk konfirmasi dan saya diminta menunggu kabar baiknya.

4. Tapi setelah saya menunggu hingga tanggal 15 Mei dan di situs tersebut dinyatakan tagihan saya masih belum lunas, maka itu saya berinisiatif pada hari itu juga membayar lunas via KlikBCA sebesar 1.078.500. Dan setelah saya cek baru dinyatakan lunas di aplikasi indihome.

5. Ternyata setelah saya cek ke bank Bukopin dan CIMB, ternyata transaksi itu sudah masuk ke kartu kredit saya sebesar 1.078.500 di Bukopin dan CIMB.

6. Saya kaget padahal sudah membayar lunas via KlikBCA, namun masih ditagihkan 2x pula, saya merasa sangat dirugikan karena berarti pada bulan Mei 2020 ini saya harus membayar tagihan Indihome 3x yang harusnya hanya 1x.

7. Saya coba hubungi ke customer care lagi, dan dinyatakan bahwa kasus saya dengan laporan nomor IN67044879 sudah closed karena sudah lunas. Ini lucu sekali, tentu saja sudah lunas karena saya bayar 3x.

8. Saya sudah lapor kembali dan mendapatkan laporan baru: IN67557302.

9. Saya tidak mau kejadian seperti terjadi kasus Pak Andrew sebelumnya di tahun 2019. Padahal saya punya itikad baik untuk membayar tagihan lewat salah satu channel yang ditawarkan yaitu www.indihome.co.id namun malah dirugikan seperti ini dengan ditagihkan 3x pada bulan Mei 2020 oleh pihak Telkom.

Kesimpulan saya website Anda indihome.co.id memiliki kesalahan sistem dan menimbulkan kerugian yang besar pada saya dengan munculnya tagihan kepada kartu kredit saya 2x namun di website sama sekali tidak ada bukti pembayarannya. Dan ini pernah kejadian dengan Pak Andrew di tahun 2019. Terulang kembali di Mei 2020.

Jika Telkom tidak bisa menyelesaikan masalah saya ini maka saya mengimbau kepada customer lain untuk hati-hati pada saat membayar tagihan lewat indihome.co.id karena ada indikasi kesengajaan yang membuat pelanggan dirugikan.

Mohon agar bisa menyelesaikan masalah ini.

Terima kasih.

Yudi Hermana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:3    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Yudi Hermana

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Yudi Herman pada tanggal 18...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Sistem Pembayaran di indihome.co.id Error, Sudah Terbayar Mei 2020 tapi Tidak Masuk ke Sistem Telkom

  • 18 Mei 2020 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Saya sih belum bayar.
    Tapi tagihannya tidak seharusnya.
    Itupun tidak ada etikat baik telkom.

    Saya yang harus pantau masalah yang saya laporkan per tanggal 8 mei 2020

    Semoga dananya bisa ditarik bos.
    Samperin aja kepala kantornya.
    Saya rasa pihak billing telkom emang semaunya.
    Pantes aja profit.
    Memeras konsumen kerjanya

  • 19 Mei 2020 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami nya Bulan April 2020. Sudah bayar di Myindihome tanggal 3 April menggunakan LinkAja, baru tanggal 7 April statusnya berubah menjadi sudah dibayar. Tanggal 3 April itu juga saya melaporkan ke LinkAja karena saldo LinkAja saya terpotong sesuai harga langganan Indihome.
    Bulan berikutnya saya bayar di Myindihome menggunakan kartu kredit BNI, alhamdulillah lancar dan otomatis berubah menjadi sudah dibayar.
    Kalau ada kendala pembayaran sebaiknya hubungi provider pembayaran kita (ewallet ataupun kartu kredit), mereka akan memfollow up ke Indihome. Kalau memang gagal bayar, saldo akan kembali dikreditkan ke akun kita.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Sistem Pembayaran di indihome.co.id Error, Sudah Terbayar Mei 2020 tap…

oleh Yudi Hermana dibaca dalam: 2 min
3