Kena Tipu Debt Collector Shopee PayLater

Selamat siang,

Saya punya tagihan di Shopee Paylater. Dan tanggal 18 Mei 2020 pihak lapangan dari Shopee PayLater menghubungi saya meminta tagihan saya secepatnya dibayarkan. Dan karena saya terdampak covid-19 saya meminta untuk bisa dicicil saja. Pihak collector mengiyakan dan saya sedikit curiga karena collector-nya minta transfer ke rekening dia.

Karena saya gak mau ambil resiko akhirnya saya minta foto KTP dia dan name tag dia. Akhirnya orangnya mengirim ke saya dan saya langsung mentransfer uang ke rekening collector tsb.

Singkat cerita saya ngecek terus ke Shopee tapi tagihan saya tidak berkurang. Saya langsung WA collector-nya tapi nomor saya diblokir. Saya coba WA pake WA saya yang lain dan WA saya masuk. Berarti dia sengaja untuk menipu saya.

Apakah begini cara Shopee PayLater mempekerjakan penipu seperti ini?

Suniaman Waruwu
User ID: 30456
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee PayLater:
[Total:98    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

26 komentar untuk “Kena Tipu Debt Collector Shopee PayLater

    • 28 Mei 2020 - (12:00 WIB)
      Permalink

      terimakasih kepada pihak shoppe dan PT.Lentera Dana Nusantara yang telah menanggapi permasalahan ini dan hari ini tanggal 28 Mei 2020 masalahnya telah terselesaikan dengan baik, pihak shopee dan lentera dana sudah meminta maaf dan telah menindaklanjuti pihak kolektor tersebut dan saya sebagai pihak konsumen telah memaafkan colector tsb.
      terimakasih gbu

  • 27 Mei 2020 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Sudah mencurigai tp ttp dilakukan, tipe customer yang gampang ke tipu ini. Transfer dana ke rekening pribadi DC trus ngecek tagihan di Aplikasi ngak berubah wkwk. Yang punya akses pembayaran kan sampean mas mas, bisa²nya berharap tagihan berubah setelah trf ke rekening dc, kocak dah ini customer. Perusahaan dalam hal ini ngak salah, ini murni kelalaian pengguna. Semoga lebih bijak dengan pembayaran apapun :).

    • 28 Mei 2020 - (16:04 WIB)
      Permalink

      jika tidak bisa memberi solusi tidak usah berkomentar , saya tau anda pintar… namanya juga saya baru pertama pake shopee paylater… wajar klo saya tidak paham..

  • 27 Mei 2020 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Permisi, saya cuma mau mengingatkan, sebelum menggunakan uang Shopee PayLater, syarat dan ketentuan Shopee PayLater nya tolong di baca dulu ya.

    Tagihan Shopee PayLater hanya akan muncul dan ditagihkan melalui akun Shopee Anda pada menu PayLater SETIAP TANGGAL 25. Jadi tidak ada tagihan yg harus Anda bayar pada tgl 18 karena tagihannya memang belum muncul. Juga tidak akan ada agen Shopee yg akan menelpon Anda, memaksa Anda untuk membayar tagihan PayLater Anda, karena tagihan yg ada hanya berupa laporan angka2 di akun Shopee anda. Keterlambatan pembayaran adalah resiko dan tanggung jawab peminjam dgn denda 5% setiap bulan, Anda nunggak ya silahkan bayar dendanya, gk bakal ada yg maksa2 Anda bayar. Paling kl melewati batas ya di urus ke pihak berwajib.

    Silahkan baca surat KONTRAK FASILITAS PEMINJAMAN disetiap transaksi yang Anda lakukan dgn metode pembayaran PayLater.
    Saya yakin byk pengguna yg jg tidak sadar, bahwa dengan menggunakan Shopee PayLater berarti namanya sudah tercantum di dalam surat kontrak dengan PT. Lentera Dana Nusantara (bukan PT. Shopee International Indonesia) yang berjumlah 36 halaman.
    Jika pembayaran Anda bermasalah ya PT. Lentera Dana Nusantara akan urus ke pihak berwajib, bukan di tagih oleh debt collector.
    Apalagi org yg ngaku2 debt collectornya Shopee ngasih nomor rekening pribadi.. ya itu sudah jelas

    • 28 Mei 2020 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Sudah pasti blm yang nagih nya bner2 debt colect nya shopee? Jgn2 cuma ngaku2 aja tuh. Skrg bnyak bgt lhoo kasus penipuan ngaku2 dr shopee kita harus pandai memilah

      • 3 Juni 2020 - (09:07 WIB)
        Permalink

        Kalau saya di what dc nya lwt wa dan suruh bayar ke rek pt dana lentera nusantara , apa kah ini benar ya saya takut di tipu.
        Mungkin yg tau atau yg pernah mengalami bisa bantu coment

          • 11 Juni 2020 - (10:46 WIB)
            Permalink

            Jangan mba… Langsung hubungi ke lentera dana aja mba

          • 11 Juni 2020 - (11:03 WIB)
            Permalink

            Awal nya saya kira itu bukan no rek pt tersebut karna yg di berikan dc shopee nya berupa screen shot nomor rek , makanya saya takut untuk tf, tapi setelah saya tf ke rek pt dana lentera nusantara dan konfirmasi dengan cs shopee alhamdulillah itu bukan penipuan dan tagihan shopee pay later saya sudah berkurang dan saya dapat mencicil lwt rek tsb

    • 28 Mei 2020 - (16:05 WIB)
      Permalink

      tq mba solusinya sangat berkenan dihati saya tidak spt yg lain menertawakan saya.. wajar sy tidak tau krn sy baru pertama berurusan sama paylater ini

      • 28 Mei 2020 - (16:29 WIB)
        Permalink

        @Suni Aja Iya mba sama2.
        Apapun aktifitas yg berkaitan dgn uang, pembayaran, identitas diri dan… internet pastinya.. mohon mba berhati2 ya.
        Jgn pernah melakukan transaksi apapun di luar platform Shopee, Bukalapak, Tokopedia atau e-commerce lainnya. Yg saya mksd dgn “di luar platform” misalnya.. mba di alihkan ke WA, atau website Shopee tiruan.
        Jgn mau di chat alihkan transaksi ke WA, dikirimkan link webiste, di suruh utk isi data di link website yg diberikan, krn ketika mba mengisi identitas (ID & password) di website itu, penipu akan menyalahgunakan ID & password mba utk keperluan mereka.

        Jika ada pihak yg meminta transaksi dialihkan keluar platform, itu sudah berindikasi penipuan, krn kl melalui platform asli, mereka tidak bisa menipu/membobol akun mba, krn sudah terproteksi oleh sistem keamanan dan pasti akan terlacak.

        Semoga kedepannya mba terhindar dari penipuan online.

  • 27 Mei 2020 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Ini kelalaian anda. Apalagi langsung gitu aja percaya ama yang ngaku2 collector dengan transaksi jalur pribadi di luar shopee.. Please deh.. Ini sebagai pelajaran dilarang keras melakukan transaksi di luar shopee.. Kan dah gitu aturannya..

    • 28 Mei 2020 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Saya sudah daftar formulir untuk penangguhan cicilan shopeepay later karena kondisi saya belom bisa kerja sudah 2 bulan tapi sampai saat ini belom ada konfirmasi padahal saya sudah 3 kali chat ke agen shopee,bagaimana kalo sudah waktu jatuh tempo saya beom bisa bayar ? Mohon info nya katanya 3 harian sudah dapat info melalui wa tapi beom ada konfirmasi meskipun lewat 3 hari 😔

  • 27 Mei 2020 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Pa/Ibu sebaiknya anda jangan pakai yang online-online, jangan tersinggung ya, tapi tidak semua orang cocok untuk pegang duit.

    • 28 Mei 2020 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Maaf pak, tapi saya tidak setuju.
      Sekarang jaman semua sudah online, terutama transaksi online. Pengguna harus bisa menyesuaikan diri dgn kondisi penggunaan transaksi online dimana2. Jika tidak, ya akan byk nanti org2 yg terkena penipuan.
      Org2 yg sudah mengerti dengan sistem transaksi online yg aman, maka akan terhindar dari penipu2 online.
      Saya bertransaksi dan menerima pembayaran international secara online dan syukurnya semua lancar.
      Yg penting mau mempelajari cara2 serta syarat & ketentuannya.

  • 28 Mei 2020 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Maaf yah Ibu/Bapak… Kok malah saya yang MALU yah bacanya, sebegitu mudahnya anda terpedaya & Kebodohan anda sendiri kenapa dibuka di forum ini. Sungguh IRONIS, Punya Smartphone tapi kok gak SMART…!!!

    • 28 Mei 2020 - (14:40 WIB)
      Permalink

      Namanya curhat kita trima aja jgn nyalahin siapa tau beban pikiran dan hatinya jadi enteng setelah curhat

      Sekedar membantu aja

      • 28 Mei 2020 - (16:12 WIB)
        Permalink

        nah betul mas , malah org-org ini berlomba-lomba utk membully saya… spt hidup mereka sudah bener saja , wajar donk kemarin saya salah dan saya juga masih waspada kok , sebelum mentransfer saya sudah minta foto ktp dan name tag , jadi saya punya pegangan jika dia nipu saya. dan benar saja setelah upload ini saya langsung dihubungi oleh perusahaan terkait dan mereka telah meminta maaf…

        hanya saja org-org ini yang memang kasar dan hanya punya kemampuan utk membully saja padahal isi otak mereka juga nol

    • 28 Mei 2020 - (16:08 WIB)
      Permalink

      terimakasih karna anda malu membaca artikel saya tapi berkat artikel saya pihak shopee telah meminta maaf sama saya.. disini saya mengharapkan komentar yg membangun tapi kalian” malah membully saya.. benar-benar ,manusia yg tidak punya hati nurani.. belum tentu saya sebodoh yang anda pikirkan dan belum tentu anda sepintar yg anda pikirkan , bisa jadi otakmu yg bermasalah

    • 28 Mei 2020 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Maaf mas, mas ini posisinya di mediakonsumen.com, website tempat curhatnya para konsumen..
      Bukan di MEDIABULLY.COM

  • 28 Mei 2020 - (11:52 WIB)
    Permalink

    terimakasih kepada Teman-teman yang sudah berkomentar dan memberikan saran
    masalah ini sudah terselesaikan, pihak shopee dan PT. LENTERA DANA NUSANTARA sudah menghubungi saya dan menyelesaikan secara baik-baik.
    terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee PayLater?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Kena Tipu Debt Collector Shopee PayLater

oleh Suni Aja dibaca dalam: 1 min
26