Bukalapak Tidak Mampu Melindungi Konsumen yang Merasa Tertipu oleh Salah Satu Pelapaknya

Tanggal 15 Juni 2020 saya melakukan transaksi pembelian 3 pack kotak makan plastik (thinwall) berkapasitas 1500ml seharga Rp.111.000 di Bukalapak (pelapak: “KHAIRUNIKMAH LISA ROOM”) dengan nomor transaksi 202866764442. Namun alangkah terkejutnya saya ketika saya menerima kiriman barang dari pelapak tsb yang hanya berisi 3 pcs (bukan 3 pack yang biasanya berisi 25 pcs/pack) yang artinya seharusnya saya menerima sebanyak 75 pcs. Padahal pada deskripsi barang pun sudah jelas tercantum 1 pack berisi 25pcs.

Namun ketika saya mengajukan komplain dan pengembalian barang: pelapak menolaknya dengan alasan sudah sesuai judul dan deskripsi. Sedangkan harga per pcs untuk thinwall tsb pasarannya hanya Rp.1.600/pcs. Secara logika: bagaimana mungkin saya mau membeli barang tsb sebanyak 3 pcs dengan harga Rp.111.000.

Oleh karena itu saya sudah sampaikan argumen tsb kepada pelapak pada chat diskusi, dan pihak Bukalapak pun bukannya melindungi pembelinya yang telah tertipu oleh pelapak yang berjualan di Bukalapak, malah menutup komplain saya dengan keputusan “pesanan sudah sesuai dan dana diteruskan kepada pihak seller”.

Sungguh sangat mengecewakan saya.

Hendri Tjahjadi
Kab. Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:28    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Hendri Tjahjadi

Jakarta, 20 Juni 2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Bukalapak Tidak Mampu Melindungi Konsumen yang Merasa Tertipu...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Bukalapak Tidak Mampu Melindungi Konsumen yang Merasa Tertipu oleh Salah Satu Pelapaknya

  • 20 Juni 2020 - (09:58 WIB)
    Permalink

    saya sudah cek lapaknya, judulnya tertulis satuan bukan pack, beratnya juga tertulis 76gram (1 buah). Di deskripsi juga tertulis kalau 25 pcs beratnya 3800gram, jadi yang dijual memang satuan bukan perpack.
    Masalah harga memang seller bebas mau jual berapa.
    Mungkin lain kali TS bisa chat dulu tanya yang jelas sebelum order.

  • 20 Juni 2020 - (10:46 WIB)
    Permalink

    sebelum sy order: saya jg sdh mencoba chat kpd pelapak berkali2 (dlm 2 hari) namun tdk ada respons (tp akunnya sy lihat sdg online) hingga pd akhirnya sy order jg.
    maksud keluhan saya disini adalah: jika memang barang yg dijual pelapak adlh satuan, utk apa pelapak mencantumkan berat barang sebanyak 25 pcs (knp tdk mrncantumkan berat satuan saja) pd deskripsi barang tsb.
    sy merasa tertipu dgn pelapak ini dikarenakan pihak seller menolak pengembalian barang yg saya ajukan (pdhl saya sdh kemukakan pd saat sy mengajukan complain melalui form diskusi) bhw sy bersedia menanggung ongkir utk pengembalian barangnya. ditambah lg pihak bukalapak bukannya melindungi hak saya sbg pembeli atau paling tidak memberikan winwin solusinya, malah menutup case pengembalian barang saya dgn keputusan saya hrs menerima barang 3 pcs tsb seharga 111rb yg notabene bs saya dapatkan hanya dgn hrg Rp.1.600/pcs

  • 20 Juni 2020 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Saya jg buka lapaknya, dan dijudul sudah jelas tertulis satuan. Memang sudah biasa di deskripsi ditulis 1 box isi berapa pack, 1 pack isi berapa pcs, ini berguna supaya buyer tahu kalau beli berapa pcs itu jadi berapa pack. Dalam hal ini anda yg kurang teliti. Solusi anda ya review kasih bintang 1. Bukalapak/tokoped/dll adalah marketplace/pasar jadi tempat seller dan buyer ketemu, sama kaya ke pasar anda bisa ketipu ya bisa nggk, kalau salah beli ya nggk bisa salahin pengelola pasar, buat pengelola yg penting penjual ikut aturan main yg ditetapkan, dan tidak menipu. Dalam kasus ini seller tidak menipu, kalau harga kemahalan ya jangan beli. Semoga jadi pelajaran kedepannya.

  • 21 Juni 2020 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Menurut saya bukan salah penjual … Mana ad hrg thinwall 1500ml 3pack hanya 111rbu … Per pack ny dilepas paling murah juga 40rbu an lebih itu pun harga kalau beli 1 dus …

    • 14 Juli 2020 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Maaf, yakin itu harga untuk satuan per pcs. Aku cek di online shop si hijau dan si orange, harga 40rb-an itu memang benar untuk per pack (isi 25 pcs). dan aku cek harga per pc-nya antara 2rb – 4b. jadi apa yang dikeluhkan buyer memang benar kok.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Bukalapak Tidak Mampu Melindungi Konsumen yang Merasa Tertipu oleh Sal…

oleh HENDRI TJAHJADI dibaca dalam: 1 min
5