Ambil BPKB di Adira, Disuruh Bayar Asuransi Motolite Rp75 Ribu per BPKB

Hari ini saya melakukan pelunasan dua motor saya di Adira Finance dengan nomor kontrak:

1. 030718104742.
2. 030717403864.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang serba sulit ini, saya tidak mengajukan restrukturisasi dan tetap melakukan pembayaran sesuai jadwal dan tanpa cela.

Bukannya rasa penghargaan dan terima kasih yang dalam yang kami rasakan, namun tiba-tiba, hari ini ketika saya melakukan pengambilan BPKB dan pelunasan, saya dikenai biaya tambahan yaitu asuransi untuk satu tahun ke depan sebesar Rp75 ribu per motor. Artinya saya harus bayar 150 ribu rupiah untuk dua motor.

Pertanyaan saya:

  • Apa hak Adira mengikutkan kami ke asuransi di saat pelunasan dan motor serta surat surat sudah sah menjadi milik kami?
  • Jika di awal kredit, wajar Adira mewajibkan kami ikut asuransi karena termasuk bentuk pinjaman dimana dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Tapi ini sudah pelunasan, apa hak Adira memaksa kami ikut asuransi lagi satu tahun ke depan tanpa pemberitahuan di awal kontrak dan juga tanpa meminta persetujuan secara baik baik dan menawarkan kepada kami apakah kami mau di ikutkan asuransi atau tidak?

Rp75 ribu per BPKB bukan uang yang kecil, jika dikalikan ribuan kendaraan yang mencicil lewat Adira, bayangkan berapa triliun uang konsumen yang kalian dapatkan.

Punya hati sedikitlah pada konsumen. Berikan ucapan terima kasih dan penghargaan dari lubuk hati yang paling dalam jika ada konsumen masih bisa melakukan pelunasan meski keadaan sangat berat seperti ini.

Jangan malah dibebani tambahan biaya asuransi lagi dimana kami tidak diberitahu di awal kontrak dan tidak dimintai persetujuan terlebih dahulu.

Mohammad Idris
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Adira Finance atas Surat Bapak Mohammad Idris

Terkait surat konsumen atas nama Moh Idris melalui website mediakonsumen.com pada tanggal 24 Juni 2020 perihal penawaran Asuransi Motolite, dapat...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Ambil BPKB di Adira, Disuruh Bayar Asuransi Motolite Rp75 Ribu per BPKB

  • 18 Juli 2022 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Saya hari ini pelunasan motor disuru bayar asuransi motor dan diri sebesar 585rb tidak ada penjelasn sebelum transaksi setelah transaksi baru di jelaskan ini namanya merugikan sekali, seharus di tawari dulu lah kami mau atau tidaknya ikut asuransi, bukannha main suru bayar dan print terus ttd baru di jelaskan, apa susah nya di jelaskan dulu seperti apa, tentang asuransinya besok saya aka ke kantornya lagi untuk cancel

    • 18 Juli 2022 - (16:48 WIB)
      Permalink

      @Shintiya,
      Lawan, mbak. Kalau bisa bawa polisi atau petugas dari BPSK yg dibawah badan perlindungan konsumen.
      Keterlaluan, sdh untung dr riba cicilan masih berusaha ngembat duit org.
      Jangan mau ngikut asuransi, bagian klaim aja blepotan ngurusnya.

      • 18 Juli 2022 - (18:44 WIB)
        Permalink

        Iya pasti ka saya akan urus, maklum saya baru pertama kali berkeridit di adira, masa motor sudah lunas, adira ngapain susah susah urusin motor saya lagi untuk asuransi, kalau di menjelaskan dan print suratnya dari awal ga akan saya ambil, ini saya sudah bayar baru di jelaskan

  • 1 September 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Barusan saya melunasi cicilan motor saya di adira harapan indah, toi di suruh bayar asuransi 225.000 + cicilan terakhir 775.000 total bayar 1,229.000. kata nya udh sistem nya kaya gtu . padahal saya duit lagi butuh bngt buat pulang kampung…

  • 3 Maret 2023 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga, uda lg ga ada duit pas mau ambil suruh bayar 109k untuk asuransi. Dan aku juga ga dijelaskan asuransi kek macam apa. Padahal katanya ambil bpkb free.

  • 18 Maret 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Sama suami yg bayar… Masa di suruh bayar asuransi mana gede bgt lagi 600rb …
    Pas suami cerita.. kaget,Asuransi apaan? Sejak kapan pake asuransi?

    • 18 Maret 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena bayar asuransi 250 ribu 1tahun + ada denda keterlambatan pengambilan BPKB. Sudah di tolak mereka masih berkelit sudah ada di perjanjian awal? kan perjanjian awal cuma asuransi selama kredit pas sudah lunas seharusnya sudah tidak ada asuransi seharusnya itu bisa tidak di ambil. Emang maksa banget tuh orang leasing kaya spg produk baru launching ??

        • 18 Maret 2023 - (19:57 WIB)
          Permalink

          Denda telat ambil BPKB 200 ribu itu sih ga masalah sudah ada di kontrak setelah lunas 3 bulan gratis 4 bulan ke atas bayar 50 ribu per bulan.

  • 6 September 2023 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Iya asuransi gitu suruh bayar dlu, baru dijelasin, biar Allah yg bales sama orang2 yg dzalim begitu, emang dapet untung berapa sih dari 1 orang ?????? Customer service culangung

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Ambil BPKB di Adira, Disuruh Bayar Asuransi Motolite Rp75 Ribu per BPK…

oleh gama_prince dibaca dalam: 1 menit
13