Komplain terkait Refund Tiket.com yang Tidak Kunjung Selesai

Saya ingin menyampaikan keluhan terkait dengan proses refund tiket pesawat di tiket.com. Adapun kronologinya sebagai berikut:

1. Refund id No. 528372 dengan detail penerbangan tanggal. 21 Mei 2020 Jakarta (CGK) ke Denpasar (DPS) yang saya ajukan pada tgl.16 April 2020 jam 01:51 dengan alasan larangan mudik/tidak adanya maskapai penumpang operasional dan pandemi corona.

2. Saya melakukan pembatalan tiket dengan menggunakan aplikasi ios tiket.com dan info yang saya terima dana pengembalian akan di proses maksimal 30 hari kerja (diluar Sabtu, Minggu dan hari libur nasional) dari sejak pengajuan refund kemudian akan di kirim sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan (disini saya menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran)

3. Pada tanggal 29 April saya kembali menanyakan perihal proses refund saya melalui cs tiketcom via whatsapp dan dikatakan maksimal 30 hari kerja, terhitung dari H-3 sebelum tanggal keberangkatan / penggunaan tiket.

4. Pada tanggal 29 May 2020 (dimana sudah 1 bulan berlalu) saya kembali follow up dan mendapatkan informasi bahwa tiket akan direfund dalam bentuk voucher travel dengan masa berlaku sampai dengan 20 Juli 2021. Dimana saat itu hingga tanggal 12 Juni 2020 status refund saya masih akan dikembalikan dalam bentuk dana.

Dimana informasi dari pihak tiketcom adalah peraturan tersebut diungkapkan maskapai pada tanggal 24 April 2020 yang periodenya telah melewati tanggal approval refund saya disetujui yang berarti bahwa saya berhak mendapatkan dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat refund disetujui. Tapi dalam hal ini pihak tiketcom mengubah ketentuan secara sepihak dan terus mengatas namakan maskapai belum melakukan refund, dimana sebelum saya melakukan konfirmasi ke pihak tiketcom saya telah terlebih dahulu melakukan pengecekan ke maskapai yang mengatakan bahwa tiket telah direfund ke agent.

5. Pada tanggal 21 Juni kembali saya melakukan follow up melalui cs via whatsapp dan CS menginfokan bahwa aturan tersebut dibuat oleh pihak maskapai pada tanggal 24 April 2020 dimana telah melewati batas approval refund saya dimana refund akan diberikan via metode pembayaran awal dalam hal ini uang.

tiketcom meliha komplain di media sosial tapi tidak direspon

6. Setelah kejadian ini pun saya masih terus melakukan follow up terkait refund saya yang hingga hari ini tidak ada kejelasan dan dsuru terus menunggu. Saya pun sempat melakukan komplain ke pihak tiket.com via instagram yang hanya di read dan baru di reply setelah saya posting kembali bahwa komplain saya hanya di read.

Dalam hal ini, saya mengalami kekecewaan diantaranya:

  1. Info yang disampaikan sebelumnya tentang pengembalian dana dalam waktu maksimal 30 hari kerja tidak sesuai.
  2. Setelah melewati batas maksimal pengembalian dana 30 hari kerja sejak refund di ajukan tiket.com info yang di sampaikan tentang pengembalian sesuai metode pembayaran tidak dilaksanakan dimana proses approval saya sudah dilakukan disetujui tanggal 21 April 2020 dan aturan baru berlaku di tanggal 24 April 2020
  3. Masa berlaku voucher sampai dengan 20 Juli 2021 yang menurut saya adanya pemaksaan dalam 1 (satu) tahun kedepan kita harus menggunakan voucher tersebut, tidak tidak di gunakan maka akan hangus. Disamping saat pandemi corona yang belum di ketahui akan berakhir sampai kapan saya membutuhkan dana tunai bukan voucher.
  4. Tiket.com tidak melayani complain yang saya ajukan baik dari cs whatsapp, email, telepon cs, hingga dm instagram maupun posting social media. Saya hanya disuru menunggu dengan waktu 2 minggu dan saya sudah beberapa kali menunggu tanpa kejelasan.
  5. Pihak tiket.com pun selalu mengatasnamakan maskapai dimana saya sudah melakukan pengecekan dan refund sudah dikembalikan dan dapat diurus di travel

Besar harapan saya pihak tiket.com dapat menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin dan mengembalikan dana yang menjadi hak saya

Terima kasih.

Flourensia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:5    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Ibu Flourensia

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 28 Juni 2020 yang ditulis oleh Ibu Flourensia berjudul “Komplain terkait Refund Tiket.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Komplain terkait Refund Tiket.com yang Tidak Kunjung Selesai

oleh Flourensia dibaca dalam: 2 min
0