Komplain Kerusakan Kulkas Inverter Samsung yang Tak Kunjung Beres

Awalnya saya pindah rumah, butuh kulkas yang tahan lama, besar kapasitas pendingin dan freezer-nya. Ada beberapa pilihan merk seperti Panasonic/Nasional, Hitachi dan Samsung. Setelah lihat-lihat dan banding-banding, akhirnya jatuh pilihan ke merk Samsung dengan alasan garansi 10 tahun, kapasitas pendingin dan freezer besar.

Pada tanggal 4 Juli 2016 saya membeli kulkas Samsung inverter tipe RT46K6231S8SE. 2 minggu pemakaian bagian freezer tidak beku dan bagian pendingin tidak dingin. Saya telpon ke contact center Samsung untuk komplain kerusakan. 2 hari kemudian teknisi Samsung service center cabang Cengkareng datang ke rumah periksa kulkas. Teknisi coba ganti mainboard, tapi 1 hari kemudian masih tidak dingin dan tidak beku freezer-nya.

Saya kontak service center Samsung minta teknisi datang kembali. 2 hari kemudian teknisi datang ke rumah, mengambil kulkas saya untuk di-service di Samsung, Setelah 5 hari diperbaiki kulkas kami dikembalikan.

5 hari kemudian kulkas kembali tidak dingin dan tidak beku lagi. Saya telpon contact center Samsung minta diganti dengan kulkas baru, tapi Samsung hanya bisa kirim teknisi. 2 hari kemudian teknisi datang lagi, langsung mengganti kompresor dengan yang baru. Kulkas saya kembali normal.

2 tahun kemudian, tahun 2018, kulkas kembali tidak dingin. Saya telpon contact center minta teknisi datang, dan 2 hari kemudian teknisi datang untuk ganti compressor yang kedua kalinya. Kulkas kembali normal.

Setelah 2 tahun ganti kompresor yang ke-2, kulkas kembali tidak dingin lagi dengan kompresor mati. Berikut ini kronologi selanjutnya:

  • Tanggal 14 Maret 2020 saya telepon contact center Samsung minta teknisi datang.
  • Tanggal 16 Maret 2020 teknisi datang ke rumah periksa kerusakan didapati kompresor rusak dan harus ganti. Teknisi menginfokan saya bahwa kena biaya ongkos pasang kompressor dan ganti filter dan freon sebesar Rp485.000.
  • Tanggal 19 Maret 2020 teknisi datang lagi untuk ganti kompresor dan filter. Saya pikir setelah ganti kompressor akan kembali normal, ternyata hanya bertahan 12 hari kembali tidak dingin lagi.
  • Tanggal 2 April 2020 saya telepon contact center lagi minta teknisi datang.
  • Tanggal 6 April 2020, teknisi datang. Setelah dicek katanya valve pembagi mampet harus ganti dengan biaya Rp270.000. Saya protes ke Samsung contact center kenapa harus bayar? Itu akibat kompresor rusak jadi kena valve-nya. Saya tidak puas dengan kulkas Samsung yang gampang rusak. Saya dirugikan karena banyak makanan yang rusak dan sebagian harus saya titipkan ke rumah saudara. Saya jadi susah dan khawatir dimana situasi pandemi covid 19 kita harus tetap di rumah. Saya butuh kulkas untuk persediaan makanan 1 minggu, guna menghindari bolak-balik pergi ke pasar. Akhirnya penggantian valve tidak dikenakan biaya.
  • Tanggal 27 April 2020 saya lapor lagi ke contact center Samsung bahwa kulkas sekarang yang tidak dingin bagian bawah.
  • Tanggal 29 April 2020 teknisi datang melakukan vacuum kompresor dan teknisi info katanya valve mampet lagi jadi disambung langsung tidak pakai valve pembagi.
  • Tanggal 3 Mei 2020 saya lapor lagi ke contact center Samsung minta teknisi datang, karena timbul masalah baru bagian bawah banyak bunga es dan ada bunyi keras pada kompresor.
  • Tanggal 6 Mei 2020 teknisi datang bongkar bagian bawah terlihat banyak bunga es menutupi evaporator dan kipas, lalu teknisi ganti sensor evaporator sementara.
  • Tanggal 8 Mei 2020 kembali tidak dingin lagi bagian bawah dan banyak bunga es.
  • Tanggal 9 Mei 2020 saya lapor lagi ke contact center minta didatangkan teknisi yang handal, jangan teknisi yang kemarin. Operator contact center mencatat akan kirim teknisi handal.
  • Tanggal 12 Mei 2020 datang kembali teknisi yang sama, bukan teknisi handal. Dia melakukan penggantian sensor evaporator yang baru. 3 hari kemudian kembali banyak bunga es lagi di bagian bawah dan tidak dingin dan harus dimatiin dulu supaya bunga esnya cair.
  • Tanggal 15 Mei 2020 saya lapor lagi ke contact center Samsung minta didatangin teknisi yang handal jangan yang kemarin.
  • Tanggal 18 Mei 2020 teknisi WA saya menanyakan berapa hari setelah teknisi datang timbul bunga es? Saya jawab 3 hari , dia WA katanya sensor udah ganti, tegangan listrik normal, nanti akan coba ganti PCB mainboard.
  • Tanggal 20 Mei 2020 teknisi mengabarkan sedang order PCB masih belum datang.
  • Tanggal 5 Juni 2020 saya WA teknisi menanyakan kapan akan pasang PCB? Dibalas WA katanya akan datang Senin/Selasa tanggal 8 atau 9 Juni 2020.
  • Tanggal 9 Juni 2020 ternyata teknisi tidak datang dan tidak memberi kabar sama sekali. Saya WA kembali tanggal 10 dan 16 Juni 2020 tidak dijawab .
  • Tanggal 10 Juni 2020 saya telpon contact center Samsung, saya komplain kenapa teknisi tidak ada yang datang dan tidak ada kabar sama sekali. Orang contact center Samsung akan menginfokan ke cabang untuk kirim teknisi. Nyatanya sampai saya telpon kembali contact center tgl 26 juni 2020 tidak ada teknisi yang datang. Saya sangat kecewa atas pelayanan Samsung service seperti mengabaikan tanggung jawab sebagai service center.
  • Tanggal 20 Juli 2020 saya telpon contact center Samsung, komplain kenapa gak ada respon sampai sekarang, akhirnya diinfo bahwa teknisi besok akan datang ke rumah.
  • Tanggal 21 Juli 2020 teknisi datang ke rumah langsung menginformasikan ke saya kalau perbaikan kali ini masih belum betul juga, maka dari pihak Samsung pusat akan ganti dengan kulkas baru. Kali ini teknisi melakukan penggantian Valve pembagi yang baru. 26 jam sudah Aqua cup yang di dalam Freezer masih belum beku. Saya langsung WA ke teknisi. Teknisi balas WA saya bahwa dia akan diskusikan dengan atasannya.
  • Tanggal 25 Juli 2020 Teknisi WA menginformasikan bahwa minta kesempatan 1x lagi untuk di perbaiki di kantor service Samsung.
  • Pada hari Rabu 29 Juli 2020, teknisi datang mengambil kulkas untuk dibawa ke kantor Samsung.

Terus terang saya sangat kecewa dengan pelayanan service Samsung yang sudah berkali-kali teknisi datang tidak selesai selesai. Sudah banyak kerugian saya, banyak makanan kami yang rusak dan banyak waktu terbuang untuk menunggu saat teknisi datang. Kami minta Samsung bertanggung jawab untuk mengganti Kulkas saya dengan kulkas baru.

Tony Karpawijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Samsung Indonesia:
[Total:12    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Komplain Kerusakan Kulkas Inverter Samsung yang Tak Kunjung Beres

  • 5 Agustus 2020 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Mohon infonya Pak Tony, apakah diganti baru kulkas nya dgn type sama? Samsung RT46K6231S8SE

    • 6 Agustus 2020 - (18:05 WIB)
      Permalink

      Janji tinggal janji , jawaban sangat mengecewakan saya, teknisi info untuk ganti baru tidak bisa paling hanya discount tukar tambah. Mestinya Samsung malu sebagai pemegang merek dan punya service center yang gak bisa mengatasi kerusakan dengan cepat, masak sudah hanpir 5 bulan gak beres.

      • 9 Agustus 2020 - (20:45 WIB)
        Permalink

        Saya tolak ditawari pihak Samsung dengan discount beli baru sebesar biaya yang sudah saya keluarkan untuk service rp 485.000 , ini namanya tidak bertanggung jawab terhadap keluhan konsumen.

  • 5 Agustus 2020 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Klo ganti dgn tipe sama, bisa nambah masalah lg, sbnrnya pelayanan after servisnya bagus, teknisi dtg, berusaha tuk tanggungjwb, ada niat perbaiki, pada akhirnya mau ganti baru, karna rugi juga dr pihak samsungnya, cuma sy sendiri klo berkali2 servis ga ada solusi sudah jadi kecewa. Walau diakui ada gunanya garansi 10 thn.

    Klo penggantinya gitu juga, yah ganti merk, atau diruqyah sekalian

    • 6 Agustus 2020 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Ya betul pak dari service center Samsung awalnya tanggap datang berkali-kali tapi ada yg sampai 1 bulan lebih gak ada kabar sampai saya telpon ke contact center , tapi kulkas itu dari awal memang udah cacat produksi kali karena 2 minggu pakai udah rusak , saya minta ganti baru gak bisa, ya kalau di ganti baru saya terima aja.

  • 14 Agustus 2020 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Atas surat saya yamg sudah di terbitkan oleh Media Konsumen yang berjudul “Komplain Kerusakan Kulkas yang tak kunjung beres” pada tanggal 5 Agustus 2020.
    Saya sangat menghargai buat Samsung yang sudah tanggap menyelesaikan keluhan saya dengan mengganti Kulkas Inverter saya dengan unit baru dan sudah dihantar kerumah pada hari Jumat 14 Agustus 2020.
    Terima kasih banyak buat Samsung , semoga kedepan Samsung dapat lebih baik lagi dalam menyelesaikan perbaikan kerusakan kulkas.

  • 22 Agustus 2020 - (21:58 WIB)
    Permalink

    waduh saya barusan order di samsung.com no order #11164305648
    jadi was-was baca keluhan bapak, samsung ini kulkasnya seperti asal buat ya?? ganti kompresor berkali2 rusak semua…. garansi 10 tahun saya jadi tetap was-was… mana harganya mahal

  • 1 September 2020 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Hi pak Teguh, gak perlu kawatir , waktu itu kebetulan mungkin saya dapat kulkas yg sudah cacat produksi, jadi sering rusak. Garansi bagus 10 tahun untuk compressor , walau dalam 4 tahun rusak berkali-kali ganti compressor gratis, tidak seperti merk lain hanya 1 x saja .

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung Indonesia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Komplain Kerusakan Kulkas Inverter Samsung yang Tak Kunjung Beres

oleh Tony Karpawijaya dibaca dalam: 3 min
8