Proses Refund Tiket di Traveloka

Saya adalah pelanggan Traveloka dan melakukan pembelian tiket penerbangan Etihad melalui aplikasi dengan booking ID 600012165 untuk keberangkatan tanggal 12 Mei 2020. Saya menerima pemberitahuan mengenai penerbangan yang dibatalkan karena covid-19, maka saya mengajukan refund tiket – juga melalui aplikasi Traveloka – pada tanggal 3 Mei 2020. Pada tanggal 04 Mei 2020 saya menerima notifikasi dari aplikasi bahwa status refund saya adalah menunggu persetujuan dari Airlines (Awaiting Approval) dengan Refund id 3162516

Karena belum ada perubahan status atas pengajuan refund tersebut di aplikasi, pada tanggal 30 Juli 2020 saya mengirimkan pesan (messages/inbox) melalui aplikasi yang mempertanyakan status refund (ticket id 16503222). Saya langsung mendapatkan jawaban otomatis pada hari yang sama menyatakan permintaan refund saya sudah diterima dan menunggu persetujuan dari airline.

Pada tanggal 31 Juli saya mengirimkan pesan kembali menanyakan kapan kira-kira permintaan refund saya akan disetujui.

Pada tanggal 6 Agustus saya mendapat pesan response melalui aplikasi yang menyatakan bahwa email yang saya pergunakan untuk menghubungi Traveloka berbeda dengan email yang saya gunakan untuk melakukan pemesanan. Untuk alasan keamanan, mereka menanyakan nomor pesanan Traveloka, nomor telepon dan email yang digunakan pada saat melakukan pemesanan, dan informasi mengenai penerbangan, nama penumpang, nominal transaksi dan metode pembayaran, Pada tanggal 7 Agustus saya membalas pesan tersebut dengan mengirimkan jawaban atas informasi yang diminta.

Response dari Traveloka tgl 30 Juli jam 22.29 malam

Yang saya ingin tanyakan adalah mengapa setelah saya mengajukan permintaan refund tanggal 03 Mei dan tanggal 04 Mei saya mendapat jawaban bahwa permintaan refund saya sudah diterima dengan baik dan menunggu persetujuan dari Airline, demikian juga jawaban yang saya terima pada tanggal 30 Juli, ternyata tanggal 06 Agustus (setelah 3 bulan kemudian dari tanggal pengajuan refund, itupun setelah saya tindak-lanjuti) saya malah mendapat pesan yang mempertanyakan berbagai informasi karena alasan keamanan? Padahal saya melakukan proses pemesanan tiket dan refund sama-sama melalui aplikasi Traveloka. Bukankah semua informasi yang diminta sudah ada di dalam aplikasi? Mengapa itu baru dipertanyakan sekarang setelah 3 bulan saya mengajukan refund?

Saya bayangkan apabila saya tidak mengirimkan pesan pada tanggal 30 Juli dan hanya terus menunggu saja, maka proses refund saya tersebut tidak akan pernah berubah statusnya. Saya sangat kecewa dengan proses refund ini. Berarti saya telah membuang waktu selama 3 bulan kemarin, dan harus menunggu 3 bulan lagi.

My Devi Musdi
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:5    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Devi Musdi

Kepada Yth., Ibu Devi Musdi, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Proses Refund Tiket di Traveloka

  • 12 Agustus 2020 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Betul sekali…. Saya juga mengalami yang sama refund dari tanggal 19 Maret sampai sekarang uang nya belum di transfer dari traveloka. Padahal status refund sudah approved.

    1
    1
  • 13 Agustus 2020 - (05:52 WIB)
    Permalink

    traveloka bukan perusahaan yg profesional.
    tidak akan beli tiket lagi disini…mending manual sja lngsung ke pihak maskapai.

  • 13 Agustus 2020 - (05:58 WIB)
    Permalink

    proses refund tdk sesuai yg diganti…dri 5 jta diganti 2rbu…gk ada setenganya…
    perusahaan yg rusak segi keuangannya.
    sdh sangat kecewa dgn pihak traveloka

  • 13 Agustus 2020 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Saya harus akui Traveloka adalah salah satu online travel agent yang memiliki teknologi aplikasi terbaik dengan fitur-fitur yang banyak memudahkan konsumen. Namun, bagaimanapun juga faktor manusia/sdm, dibalik aplikasi yang canggih tersebut, yang paling menentukan kepuasan konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Proses Refund Tiket di Traveloka

oleh My Devi Musdi dibaca dalam: 1 menit
4