Tiket.com Menahan Dana Refund Hampir 4 Bulan dengan Alasan Berubah-ubah

Dear Media Konsumen,

Dengan menulis di Media Konsumen ini saya berharap permasalahan saya dapat segera diselesaikan oleh pihak TIKET.COM karena saya benar-benar sudah sangat kesal dengan pelayanan yang diberikan oleh tiket.com yang selalu menunda-nunda Refund tiket saya dengan alasan yang berubah-ubah.

Email Konfirmasi Refund Dana ke Rekening

Semua berawal dari Tiket yang sudah saya beli dari bulan oktober 2019 untuk keperluan mudik lebaran bulan Mei 2020 dibatalkan penerbangan oleh pihak maskapai Citilink karena ada larangan terbang dari pemerintah terkait Covid-19. dengan No pesanan saya ID 90336979 untuk penerbangan Jakarta to Padang.

Akhirnya saya mengajukan Refund di applikasi Tiket.com pertanggal 28 April 2020 dengan Refund ID: 551912 setelah mendapatkan pemberitahuan tersebut dari pihak Maskapai, karena saya sendiri masih ragu apabila saya reschedule takutnya penerbangan masih ditutup.

Tanggal 29 April 2020 status refund saya di applikasi Tiket.com sudah berubah dari “Pengajuan dikirim ke tiket.com” menjadi “Sedang diproses oleh maskapai”. Dan dari tanggal 29 April ini saya selalu follow up status refund saya mulai dari Whatsup resmi Tiket.com sampai email dengan pemberitahuan bahwa status refund saya masih diproses oleh maskapai Citilink dengan ketentuan refund berupa Voucher Citilink dan itu dapat digunakan hanya di kantor penjualan Citilink dan disuruh menunggu paling lama 60 hari kerja karena status permintaan refund sedang melonjak di pihak maskapai.

Saya mencoba percaya dengan pihak Tiket.com dan menunggu proses refund saya sampai hampir 60 Hari kerja, lalu akhirnya saya mulai follow up karena sudah melewati 60 hari kerja namun refund saya tidak kunjung saya terima, sampai akhirnya saya follow up lewat WA dan jawaban yang selalu sama yaitu “masih diproses maskapai dan akan diusahakan” dengan menunggu 14 hari kerja, dan via emailpun selalu dijawab begitu.

Sampai akhirnya tanggal 13 Agustus 2020, saya inisiatif untuk menanyakan ke pihak maskapai Citilink mengapa sampai saat ini proses refund belum juga dilakukan maskapai ke pihak travel yaitu Tiket.com. dan disini semua jadi terbuka, karena menurut info dari CS Maskapai Citilink untuk proses refund saya sudah selesai dengan status Full Refund ke pihak travel TIKET.COM per tanggal 29 April 2020 atau 1 hari setelah saya mengajukan Refund diapplikasi pihak Tiket.com

Mendengar hal itu saya jadi sangat kesal dengan pihak Tiket.com karena menahan refund customer sampai saat ini, dan langsung saya konfrontasi dengan CS Tiket.com via Telepon, saat saya menjelaskan apa yang saya dengar dari pihak maskapai, pihak Tiket.com beralih alasan dari masih diproses Maskapai ke antrian refund sedang banyak di Tiket.com nya, yang saya rasa itu bukan jadi alasan yang penting karena pihak Maskapai sendiri sudah memberikan Refund penumpangnya Full per tanggal 29 April 2020. dan apa HAK dan Alasan pihak TIKET.COM untuk menahan refund yang sebenarnya sudah dilakukan oleh pihak Maskapai ?

Dari tanggal 13 Agustus setelah saya marah by phone dan email akhirnya L2 tiket.com email saya untuk menginformasikan pengembalian dana melalui kartu kredit saya yg digukanan untuk pembayaran, namun setelah saya konfirmasi terus pihak finance tiket.com memberikan info kalau tidak bisa refund ke kartu kredit karena status cicilan pembayaran yang saya lakukan sudah lunas, dan meminta no rekening pribadi saya untuk direfund ke rekening saya. dan saya pun memberikan data rekening saya ke pihak Tiket.com

Namun per hari ini saya menulis surat pembaca ini 18 Agustus 2020 Dana saya belum juga dikembalikan dan saya konfirmasi by email dan telepon malah diinfokan dana saya akan dikembalikan ke kartu kredit saya dimana saya menilai hal ini sangat tidak masuk akal, mengisyaratkan pihak Tiket.com tidak bekerja kompeten karena jawaban mereka selalu berubah-ubah, dan no telepon yang saya infokan ke CS Tiket.com yang mereka infokan akan konfirmasi kesaya untuk status refundnya tidak pernah dikonfirmasi, Pihak L2 Tiket.com hanya misscall-misscall ke no saya.

Saya minta case saya diselesaikan sesegera mungkin dan tidak ada lagi alasan pihak TIKET.COM untuk menahan dana saya sebagai customer karena pihak maskapai sendiri sudah memenuhi tugasnya untuk refund Full ke penumpangnya.

Dan semoga untuk semua customer Tiket.com yang masih ditahan dananya agar segera mendapatkan HAK nya dengan semestinya

Demikian surat pembaca terpaksa saya buat berharap permasalahan saya segera ditanggapi dengan serius oleh pihak TIKET.COM dan segera selesai.

Al Khadri
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tiket.com:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Al Khadri

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 19 Agustus 2020 yang ditulis oleh Bapak Al Khadri berjudul “tiket.com Menahan Dana...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Tiket.com Menahan Dana Refund Hampir 4 Bulan dengan Alasan Berubah-ubah

  • 19 Agustus 2020 - (16:35 WIB)
    Permalink

    “menurut info dari CS Maskapai Citilink untuk proses refund saya sudah selesai dengan status Full Refund ke pihak travel TIKET.COM per tanggal 29 April 2020 atau 1 hari setelah saya mengajukan Refund diapplikasi pihak Tiket.com”

    wah klo ini saya bener2 ga percaya sama CS Citilink.. mungkinkah mrk proses cm sehari?
    Dan klo memang benar cuma 1 hari, saya akan komplain dan maki-maki citilink, bagaimana bisa refund saya ajukan 4 Maret di maskapai Citilink sendiri sampai sekarang dana belum saya terima? Nah itu beli di OTA malah 1 hari diproses langsung selesai.. GILA YA KALIAN!

    • 19 Agustus 2020 - (17:23 WIB)
      Permalink

      “wah klo ini saya bener2 ga percaya sama CS Citilink.. mungkinkah mrk proses cm sehari?
      Dan klo memang benar cuma 1 hari, saya akan komplain dan maki-maki citilink, bagaimana bisa refund saya ajukan 4 Maret di maskapai Citilink sendiri sampai sekarang dana belum saya terima? Nah itu beli di OTA malah 1 hari diproses langsung selesai.. GILA YA KALIAN!”

      Mba belinya langsung ke maskapai atau via travel agent ?
      saya sudah kepalang emosi hampir 4 bulan tidak ada kejelasan, dan mendapatkan jawaban seperti itu dari CS Citilink membuat saya semakin emosi.
      kalau mba nya beli tiket langsung ke maskapai dan juga ditahan sampai selama ini jadi pertanyaan saya bertambah, siapakah pemain yang membuat lama pencairan refund tiket2 yang batal akibat penerbangan dilarang karena covid-19 ini

 Apa Komentar Anda mengenai Tiket.com?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tiket.com Menahan Dana Refund Hampir 4 Bulan dengan Alasan Berubah-uba…

oleh Al dibaca dalam: 3 min
5