Pelunasan Awal Home Credit Tidak Sesuai dan Seperti Dipersulit

Terima kasih sebelumnya Media Konsumen, semoga dengan adanya artikel ini masalah saya bisa selesai.

Nama saya Minar Ningsih memiliki pinjaman DanaMultiguna dengan nomor kontrak: 3904397655. Pinjaman awal saya Rp7.000.000 dengan angsuran Rp547.000/bulan. Saya sudah melakukan 8 kali pembayaran dan saya sudah menanyakan kepada pihak Home Credit via email untuk pelunasan awal saya dari bulan Juli. Ternyata Rp.6 juta lagi yang harus saya bayar untuk pelunasan tsb.

Saya berusaha terus untuk meminta rincian dari hasil Rp6 juta yang mereka sampaikan kepada saya, kenapa bisa sampai segitu? Sudah jelas tertulis untuk melakukan pelunasan awal:

(i) membayar angsuran berjalan
(ii) membayar sisa pokok hutang tanpa bunga
(iii) membayar admin sebesar Rp150 ribu.

Namun sampai saat ini, untuk email saya yang terakhir di bulan Juli tersebut tidak direspon oleh pihak HCI terkait ketidaksanggupan saya untuk membayar sebesar Rp6.000.000 tsb.

Saya mau melakukan pelunasan ini pun mau cari bantuan pinjaman karena pendapatan saya sudah tidak bisa menutupi angsuran bulanan saya lagi. Saat ini adalah tanggal jatuh tempo saya untuk pembayaran yang ke-9. Saya tanyakan lagi via email tanggal 22 Agustus untuk pelunasan awal saya.

Pihak HCI menyuruh saya untuk membayar tunggakan ke-9 ini, baru bisa mengecek kembali untuk pelunasan awal tsb. Jadi dari bulan Juli kemarin apa gunanya saya menginfokan ke kalian HOME CREDIT YANG TERHORMAT? Lihat sekarang saya tidak bisa membayar angsuran selanjutnya dikarenakan saya gali lubang untuk cicilan saya yang ke-7 dan ke-8 kemarin.

Jadi tolonglah kepada pihak HOME CREDIT INDONESIA bagaimana kelanjutannya ini? Saya punya niat baik tapi seperti tidak digubris. Saya meminjam uang tsb dengan baik dan ingin memulangkannya dengan baik juga. Tolong direspon tulisan saya ini, karena via email selalu dapat balasan yang serupa dan tidak ada kejelasannya. Tq.

Minar Ningsih
Medan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:61    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Minar Ningsih

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Minar Ningsih di MediaKonsumen.com pada 23 Agustus 2020 di kolom...
Baca Selengkapnya

Loading...

15 komentar untuk “Pelunasan Awal Home Credit Tidak Sesuai dan Seperti Dipersulit

  • 23 Agustus 2020 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah home credit..sy juga pernah mrngalami seperti itu.untu gnya sekarang sudah bebas dsri marabahaya tersebut dan sudah lunas cicilan saya. Memang komunikasi dengan konsumen sangat jelek sekali..tetapi jika menyangkut penagihan nomor 1 deh..sampai jam 9 malam waktu orang sudah istirhata di telepon terus menerus..jadi beroikir lagi saja

    • 23 Agustus 2020 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Bikin Trauma penagihannya…
      Survei Pelanggan: Bpk….. mohon berikan penilaian & saran Anda terhadap pelayanan Home Credit dgn KLIK https://ltms.in/Skx8yjPMw?n. Tks.
      setelah ada 👆agak ramah nagihnya dan tdk tlpn trs ,
      smoga ada perubahan dan toleransi HCL.
      karena sy jg ada tagihan di clipan, fif, mpm, muf dan indargo hanya tlpn/sms sekali, telat di maklumi karena pandemi covid.
      smoga media konsumen ini di baca pihak segenap pegawai hcl.

  • 23 Agustus 2020 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Semoga saudara-saudara saya disana jangan sampai tergiur lah dengan kredit-kredit biar sajalah apa adanya, lebih baik saya makan seadanya daripada ingin terlihat wah kita di teror pagi siang malam , dan syukur saja tidak waktu subuh. Selalu minta pertolongan kepada Allah..

  • 23 Agustus 2020 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Iya pak.. seharusnya kemaren kalau dri bulan juli ada kejelasan, bisa apa egk nya saya nego pelunasan tsb setidaknya saya bisa usahakan terus utk cari dana nya. Ini malah email saya, yg saya bilg klw saya gk sanggup malah gk digubris.

  • 23 Agustus 2020 - (18:52 WIB)
    Permalink

    ajukan surat permohonan pelunasan HANYA pokok nya saja .minta direspon 7 hari max .dengan tegas juga kl tdk merespon,tidak akan membayar cicilan sama sekali .pasti HCU mikir …

  • 23 Agustus 2020 - (20:52 WIB)
    Permalink

    HCI gak sesuai dengan janji pelunasan awal hanya membayar pokok nya saja tdk di sertai bunga apapun itu yg di janjikan di awal pinjaman.! Tolong HCI tepati janjimu.ya hanya HCI lembaga yg tidak mengikuti aturan otoritas jasa keuangan! Semangat debitur Indonesia bersatu…!

  • 24 Agustus 2020 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Saya pernah apply barang di HCI Januari 2019, saya diskusi ngalor ngidul tentang HCI dan terbesit untuk nanya “ini kalo pelunasan full di awal bisa gak?” Dan orang HCInya bilang “jangan, mending langsung bayar 2x tagihan selanjutnya aja (jadi misal saya langsung membayar angsuran 2 dan 3 pas bulan 2, kemudian saya melakukan pembayaran lagi nanti saat tagihan 4 muncul, begitu seterusnya) katanya kalo pelunasan awal banyak yang keberatan karena nominal gak sesuai”, dan juga pernah nanya lagi “ini kalo flexi bunganya gimana yaa?” Orang HCI yang sama bilang “mending jangan deh kak, terlalu BESAR bunganya, memberatkan” , Alhamdulillah dapet orang HCI yang baik kaya gitu, terhindar dari ribetnya sistem HCI, diselamatkan oleh sales HCInya sendiri 🤣🤣🤣

  • 24 Agustus 2020 - (11:20 WIB)
    Permalink

    HCI lagi, HCI lagi,,,
    Kalau saran saya stop bayar angsurannya,,, jgn takut klo sampai diancam mau di proses hukum. Tantangin sj skalian,, nanti biar ke bongkar boroknya HCI di pengadilan

    • 24 Agustus 2020 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Iya pak.kalau sudah gk bisa lgi beban saya ini diringankan pihak hci saya juga gk bakal mau bayar lg. Biar lah malu yg penting gk jdi beban pikiran saya lgi. Kalau untuk dituntun ya insyaallah saya siap. Toh mmng saya gk sanggup lg bayar. Apalagi kemaren udh gali lobang utk menutupi cicilan di ke7 dan ke8. Lepas makan dan kos aja syukur alhamdulillah.

  • 19 Oktober 2020 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Sama, saya jg ngalamin hal yg sama.. Bermaksud baik meminta rincian yg hrs dibayar bila ingin melunasi dipercepat krn kena PHK, khawatir ngga akan bs bayar bulanannya lg, tp sdh email dari tgl 9 oktober sampai skrg ngga ada balasan dari #HOMECREDIT. Emang sdh kelewatan si #HOMECREDIT ini. Kebanyakan marketing mereka yg gencar nelfoni di awal2 dl nawarin supaya mau ambil pinjaman flexy dgn iming2 bunga rendah, gampang kalau mau dibayar dipercepat tinggal bayar sisa pokok nya sj bla bla bla, nyatanya penipu semua. Ngga semudah yg dijanjikan, bunganya jg sgt mencekik. Sdh banyak korbannya, #OJK tolong bisa ditindak ini. Korbannya sdh banyak..

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Pelunasan Awal Home Credit Tidak Sesuai dan Seperti Dipersulit

oleh Nchye dibaca dalam: 1 min
15