Fintech Koinworks Mengecewakan

Saya adalah anggota Fintech Koinworks dari Januari 2019, dimana saat itu Koinworks setelah saya googling mempunyai review yang ok untuk berinvestasi. Pada awal tahun 2019 investasi di koinworks berjalan lancar baik itu koinRobo atau koinP2P. Namun pada akhir 2019 mulai terasa berbeda dan saya juga mulai mengirim email dan follow up terus tentang pendanaan yang tidak lancar tersebut dan akhirnya bisa cair walaupun ada keterlambatan.

Dari pengalaman itu saya pun mulai mengurangi porsi investasi dan investasi terakhir saya pada Januari 2020 dengan hasil:

  • ID loan #212020b552
  • Pendanaan Rp. 3,400,000 Tenor 3 bulan rate bunga 16,8% Grade B4
  • Purchase 26 Jan 2020 Disbursed 30 Jan 2020

Tapi ternyata setelah April 2020 pendanaan tersebut di atas belum cair, lalu saya tunggu di 12 Mei 2020 ternyata masih juga belum cair dan mulai mengirim email lagi tentang pendanaan di atas. Jawaban atas email tersebut mengatakan bahwa pinjaman tersebut bermasalah tapi peminjam kooperatif dan akan membayar termasuk dengan bunga keterlambatan, maka saya pun hanya bisa menunggu dan saya pikir juga kondisi memang sedang efek pandemic covid 19.

Pada 8 Juni 2020 saya mengirim email kembali menanyakan kenapa belum juga cair, lalu koinworks mengatakan bahwa pendanaan tersebut telah dinyatakan gagal bayar dan bahwa pencairan dana proteksi sedang diproses dimohon untuk menunggu. Saya sebenarnya kaget dan kecewa tapi saya pun hanya bisa menunggu kembali.

Pada 6 Agustus 2020 saya pun mengirim email kembali menanyakan pencairan pendanaan tersebut di atas, tapi jawaban dari koinworks adalah bahwa peminjam kooperatif dan akan membayar termasuk dengan bunga keterlambatan, dan jika peminjam sudah membayar akan diupdate ke akun pendana, mohon menunggu dan mengecek berkala.

Saya sudah semakin meragukan koinworks dengan jawaban mereka yang bisa berubah-ubah semudah itu. Namun sekali lagi saya hanya bisa menunggu dan ketika saya cek pada 26 Agustus 2020, saya mendapatkan hasil yang sangat mengecewakan dan merugikan dimana pendanaan tersebut telah di restrukturisasi sepihak dengan hasil sebagai berikut:

  • ID loan #212020b552
  • Pendanaan Rp. 3,400,000
  • Tenor 24 bln rate bunga 16,8% Grade B4 dengan rincian :
  • Bulan Agustus 2020 – Juni 2021 dibayar Rp. 17,000 / bln total Rp. 187,000
  • Bulan Juli 2021 – Juli 2022 dibayar Rp. 322,749 / bln total Rp. 3,550,239

Maka total investasi mulai Jan 2020 – Juli 2022 selama 30 bln hanya Rp. 3,737,239 dengan profit Rp. 337,239

Dengan restrukturisasi tersebut saya pun komplain dan menuntut hak saya untuk pengembalian dana proteksi 80% ditambah bunga berjalan yang telah berlangsung, dimana tentunya saya akan mengalami kerugian, tapi saya merasa itu tetap lebih baik secara moril daripada mengikuti restrukturisasi yang sangat jelas merugikan dan mengecewakan.

Dan koinworks memberikan jawaban bahwa peminjam masih memiliki komitmen untuk membayar agar tidak terjadi gagal bayar, dan juga koinworks merujuk pada informasi relaksasi pinjaman https://koinworks.com/blog/koinworks-covid19/ , dimana di informasi link tersebut jelas tertulis bahwa pendana akan lebih diuntungkan dengan adanya efek compounding dari pinjaman, tapi sekali lagi bisa dilihat bahwa respon atau pun solusi dari koinworks hanya terlihat sebagai solusi tidak jelas dengan statement berubah dari gagal bayar menjadi tidak dan dengan hasil yang sangat merugikan.

Sayang disayangkan untuk Fintech besar yang terdaftar pada OJK dengan prestasi mendapatkan kucuran dana ratusan milyar dari investor dalam dan luar tapi kebijakannya seperti ini. Semoga koinworks bisa memberikan solusi yang terbaik dan tidak hanya keputusan sepihak yang tidak adil agar bisa tetap menjaga nama baik sebagai fintech besar.

Jimmy
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Koinworks atas Surat Pembaca Jimmy

Hi Jimmy, Maaf banget ya sudah membuat kamu jadi merasa enggak nyaman dan tentunya tidak ada maksud dari kami untuk...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Fintech Koinworks Mengecewakan

  • 28 Agustus 2020 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Ini “investasi” p2p, ya memang begitulah suka duka maupun resikonya.
    Sama aja dengan investasi tanah yang bisa naik ataupun turun harganya.
    Sama juga dengan yang punya saham ataupun reksadana saham yang semasa covid juga mayoritas turun nilainya.

    Lagian berani bener ikut 24 bulan, padahal katanya sudah merasa bahwa kinerja semakin tidak memuaskan. Saya aja cuma nyoba 6 bulan, itupun grade A1 dengan bunga “cuma” 10.74%, & sekarang sudah stop pindah ke instrumen investasi yang lain.
    jangan lupa, itu detil s.d. 2022 masih sekedar perkiraan kan, bisa2 belakangan turun lagi kena restrukturisasi hehehe.

    Tapi ya masih mending yang beginian lah, masih ada profitnya, ketimbang produk2 “asuransi plus” yang cukup sering juga naik tayang di sini. Asuransi nya *mungkin* boleh/ok, tapi yang jelas “plus” nya itu yang wkwkwk.

    • 28 Agustus 2020 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Oh, itu 3 bulan direstrukturisasi jadi 24 bulan yah?
      Astaga, mantap benar restrukturisasnya LOL
      Kalau ketahuan korban pinjol maupun tunggakan KK, bisa rebutan mereka jadi member-nya coinwork ini…

      • 30 Agustus 2020 - (16:15 WIB)
        Permalink

        iya pak, ini dari awal 3 bulan di restrukturisasi sepihak menjadi 24 bulan.
        Apa memang bisa seenaknya saja pihak fintech tanpa persetujuan dari pendana, sedangkan pada awal kan pendana memilih berapa tenor lama dikehendaki?

        • 12 Desember 2020 - (12:46 WIB)
          Permalink

          Koinworks P2P sampah.Tidak ada solusi. Skr statusnya late, unpaid. Mana ktnya ada proteksi asuransi? Ini udh mau setahun tp tdk ada penyelesaian. Tidak ada notifikasi.

  • 28 Agustus 2020 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Tolong cek no resi 300059165186620 tadi bisa di buka skrng ga bisa tolong cek nama pengirim putra

  • 30 Agustus 2020 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Halo Gan, Saya sebagai sesama lender di koinworks cuma membantu memberi pencerahan yang mungkin sebagian besar customer service maupun marketingnya kurang paham mengenai gagal bayar dan keterlambatan. Saya pernah mengalami gagal bayar untuk pinjaman koinP2P grade A dengan tenor 3 bulan. Nah, kalau saya telisik, sesuai aturan OJK, pinjaman dapat dinyatakan gagal bayar kalau pemimjam tidak melakukan pembayaran sama sekali dalam 90 hari kerja(ingat 90 hari kerja bukan 90 hari kalender, yang mana hari sabtu, minggu, hari libur nasional tidak dihitung).
    Nah, kalau sudah dinyatakan gagal bayar, kalau tidak salah dibutuhkan 30 hari kalender untuk pencairan dana proteksi kalau untuk case koinworks.
    Saran saya nih, robolending lebih tepat waktu ya dalam pembayarannya. Saya hanya lender juga ya jangan komplain ke saya, karena inipun berdasarkan pengalaman saya. 🙂

    • 30 Agustus 2020 - (16:19 WIB)
      Permalink

      mgkn betul begitu pak, sesuai namanya TBK 90.
      Tapi yg menjadi kekecewaan adalah jawaban Koinworks yg bisa berubah begitu saja dari pernyataan gagal bayar menjadi berkomitmen bayar dan akhirnya keputusan sepihak restrukturisasi yang sangat merugikan dari tenor 3 bln menjadi 24 bln dengan hasil investasi yang sangat tidak menguntungkan.

  • 30 Agustus 2020 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Untuk saat ini sepertinya hampir di semua app P2P ada peminjam yang mengalami gagal bayar karena pandemic covid-19 jadi kita sebaiknya lebih bersabar supaya dapat diselesaikan dengan cara yang lebih tepat. Karena pandemic covid-19 benar2 telah merugikan banyak pihak.

  • 10 November 2020 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Ini hanya sharing aja ya. Kebetulan sy SDH lebih 1,5 tahun menjadi lenders Koinworks, tp saya memilih dengan Koinrobo Krn lebih terjamin pengembaliannya. Sy gak pusing dengan siapa borrower nya dan bagaimana performa nya. Yang penting setiap akhir tenor, pokok dan bunga dikembalikan. Tenor nya kayak deposito, ada tenor 1 bulan, 2 bulan dan 3 bulan atau 12 bulan. So far sy baru berani dengan tenor 1 bulan dan 2 bulan. So far sementara ini Alhamdulillah masih lancar

  • 8 Maret 2021 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Halo Pak Jimmy, perkenalkan saya Meldy mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, saya sedang menyusun skripsi membahas topik yang Bapak alami, apakah berkenan Bapak memberikan contactnya untuk bisa diwanwancarai Pak sebagai narasumber? Terima kasih sebelumnya Pak. Semoga sehat selalu

    1
    4
  • 31 Januari 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Kasus sama persis terjadi seperti saya 🙂 . Hanya saja status terakhir setelah menunggu 9 bulan adalah “Gagal Bayar” bukan Restrukrisasi.
    Tenor : 1 bln
    Grade : B3
    Waktu Pendanaan : sejak bulan April 2021
    Status : Gagal Bayar (9 Desember). Akhirnya Dana Proteksi cair. (rugi waktu+rugi dana)
    .
    Setelah dianalisis ternyata banyak lender(termasuk saya) yang berbeda definisi tentang Dana Proteksi. Yang saya pikir Dana Proteksi akan cair 90 hari itu adalah 90 hari kalender tapi nyatanya bukan demikian.silahkan cari tau sendiri .
    Solusi : Semenjak kejadian ini saya berhenti main di KoinP2P walau sekalipun itu GRADE A. Karena kalo peminjam mengalami masalah pasti kitanya harus nunggu lama sekali. Nunggu lama eh malah Endingnya “Gagal Bayar” (uang ga bisa buat muter). Solusi yang masih relevan untuk saat ini adalah di KoinRobo.

    -Januari 2022

  • 22 Februari 2022 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Kesimpulannya KOINWORKS SANGAT AMAT MENGECEWAKAN, kelanjutan dari kasus saya pun akhirnya kmrn dana proteksi cair 80%, luar biasa sekali keputusan koinwork.
    Setelah menunggu 2 tahun, dan koar2 restrukturisasi dan saat tiba akan mulai pembayaran cicilan dana sekarang tiba2 bisa cair dana proteksi di saat akan membayar, disinilah terlihat jelas skema LICIK dan TAK MANUSIAWI dari koinworks yg gembar gembor katanya fintech bagus membantu ukm dan bla…., toh ujung2nya hanya bertindak semena-mena.
    BERHATI-HATILAH, berpikirlah 100x sebelum invest di koinworks dan segera amankan dana anda.

    • 2 April 2022 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai lender KoinWorks yang lebih dari 1 tahun, memang semakin kesini semakin mengkhawatirkan, bahkan di portofolio saya ada 13 yang mengalami keterlambatan pembayaran dan banyak juga yang gagal bayar.

    • 27 April 2022 - (13:01 WIB)
      Permalink

      maaf Pak apa saya boleh minta kontaknya? saya ada mau bertanya sedikit kalau boleh tentang koinworks karena kebetulan dana saya juga ada yang nyangkut dari desember kemarin dan mendapatkan reply yg sama spt bapak.

      1
      1
  • 21 Maret 2023 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Saya sudah tak jelas skemanya dari pihak aplikasi KoinWorks, Pendanaan saya sama sudah terlambat masuk ke KAS saya dari
    04 April 2022 hingga 22 Maret 2023…….dengan sama alasannya peminjam bermasalah dn peminjam beritikad baik dengan masih membayar pinjaman dan tunggu sampai 90 atau 180 hari kerja menurut jam kerja pihak KoinWorks, ini yang P2P.
    Dan Lucunya lagi pihak KoinWorks menyalakan otomatis pendanaan TANPA SEIZIN PENDANA saya menghidupkannya padahal sudah saya cex untuk tidak di aktifkan otomatis nya. Ini koinrobo. Mohon petunjuknya para leader lain yang sama bermasalah dengan aplikasi KoinWorks.

 Apa Komentar Anda mengenai Koinworks?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Fintech Koinworks Mengecewakan

oleh jimmy tjendapati dibaca dalam: 2 menit
16