Surat Keluhan Saya terhadap Shopee International Indonesia Belum Selesai

Pada tanggal 18 September 2020, Media Konsumen memuat surat saya yang berjudul “Modus Shopee International Indonesia Mengumpulkan Data dan Informasi Bisnis Internal Penjual“. Di surat itu tertera nomor laporan saya di Shopee adalah 94263481.

Di hari yang sama, Shopee sudah memberikan tanggapan di balasan surat tersebut yang menyatakan permohonan maaf dan telah memastikan toko saya memenuhi kriteria Star Seller dan memastikan produk yang dijual di toko saya adalah asli. Kemudian keesokannya tanggal 19 September 2020, pihak Shopee juga menghubungi saya kembali via telepon untuk menjelaskan tanggapan mereka yang isinya sama persis dengan yang mereka tuliskan di tanggapan surat saya, dan mereka meminta saya menulis di balasan surat tersebut bila masalah sudah selesai. Jadi saat itu masalah memang dianggap sudah selesai. Ternyata saya masuk jebakan Shopee.

Tanggal 21 September 2020, toko saya menerima notifikasi dari Shopee yang menyatakan status Star Seller saya dinonaktifkan (tanpa alasan apapun). Terus terang saya tidak mau lagi menghubungi Customer Service Shopee karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, masalah boro-boro dipahami oleh customer servicenya, malahan saya dibuat pusing dengan jawaban-jawaban mereka yang sepertinya sudah diprogram. Jadi saya putuskan untuk menulis kembali surat pembaca.

Bagi Shopee, penjual mungkin dianggap mainan yang sama sekali tidak dihargai padahal Shopee mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan alias mendapatkan fee dari penjual. Karena Shopee tidak menghargai penjual, dan berhubung mereka juga yang punya tempat makanya yang terjadi seperti ini, semena-mena dan suka-suka. Lucunya saya diminta untuk menulis bila masalah sudah selesai, namun ternyata itu adalah jebakan Shopee supaya publik tahunya Shopee sudah tanggap dan berhasil menyelesaikan masalah dan berbesar hati meminta maaf.

Melalui surat ini, saya hanya ingin publik pembaca mengetahui bahwa masalah seperti ini benar dan nyata terjadi dimana Shopee sangat semena-mena dan tidak bertanggung jawab atas permintaan maaf mereka sendiri. Yang mereka lakukan untuk menyelesaikan masalah hanyalah menggunakan metode ‘lip service’ yang pada kenyataannya mereka memang tidak ada niat baik sama sekali. Sepertinya sistem kerja tim dan komputer mereka sangat carut marut sampai mereka sendiri tidak dapat menangani dan mengendalikannya, dan permintaan maaf dari Shopee pun hanyalah permainan dan hisapan jempol belaka.

Saya lampirkan bukti tanggapan dan permintaan maaf Shopee pada surat sebelumnya.

Yuliana Husin
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Surat Keluhan Saya terhadap Shopee International Indonesia Belum Selesai

  • 24 September 2020 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai, karena Shopee sudah mengaktifkan kembali status Star Seller saya sebelum surat ini dimuat di Media Konsumen. Saya berharap Shopee ke depannya memperbaiki kerja sistem dan kontrolnya sehingga penjual tidak merasa dipermainkan seperti ini.

  • 24 April 2021 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Seharus nya dari pihak shopee ada penegasan trkait consumen nya yang kena tipu di spinjaman..
    Padahal saya sudah blg belum ada uang buat bayar nya kalau sampe angka yg berjuta” krena emng bukan saya yg pakai.
    Kita sama” tau kan gimna susah nya mncari uang.. Sudah di email jawaban nya itu” saja tidak ada perubhan nya.. Dan pihak shopee nya sama skali tidak peduli kpda consumen nya yg sudah kena tipi dia hanya mementingkan diri nya saja dan seenakx aja buat nagih org. Emng di kirain uang itu tinggal di petik ap….
    Dan tim shopee nya juga kalau nlp consumen nya dia saling suruh buat ngomong ap itu tidak Bagus namax.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Surat Keluhan Saya terhadap Shopee International Indonesia Belum Seles…

oleh Yuliana dibaca dalam: 1 min
4