Akun Shopee Paylater Diretas, Kenapa Pihak Konsumen yang Harus Membayar Tagihan???

Saya adalah pemilik akun Shopee arleen_04. Pada tanggal 09 Juli 2020 saya mendapatkan telpon yang mengatasnamakan Shopee. Awalnya saya curiga, akan tetapi pihak penelpon bisa mengetahui data saya di akun Shopee mulai nama, alamat pengiriman dan transaksi saya. Pihak penelpon mengatakan bahwa saya Berhak menerima bonus Shopeepay dengan syarat harus top up Shopeepay saya dulu, dan akhirnya saya lakukan.

Memang salah saya telah memberikan kode OTP untuk masuk akun saya, tapi saya tidak pernah memberikan password untuk Shopeepay saya apalagi Shopeepay saya menggunakan keamanan sidik jari untuk melanjutkan transaksi. Anehnya kenapa hacker bisa menguras saldo Shopeepay saya sebesar 1,9jt dan tidak disisakan 1 rupiah pun.

Pada saat itu saya langsung melaporkan peretasan tersebut kepada pihak Shopee, dan pihak Shopee menyuruh saya untuk menunggu untuk tidak lanjutnya. Dan pada saat itu si hacker melakukan transaksi pembelian perdana kuota dengan menggunakan metode pembayaran Shopeepay later, secara otomatis saya membatalkan transaksi tersebut karena merasa bukan transaksi saya. Akan tetapi hacker tersebut kembali melanjutkan transaksi tersebut dan saya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut karena ada notifikasi dari Shopee bahwa saya tidak dapat membatalkan transaksi karena saya sudah sekali melakukan pembatalan.

Pada saat itu saya berinisiatif untuk chat penjualnya dan memohon untuk membatalkan transaksi tersebut, akan tetapi belum terselesaikan percakapan dengan si penjual akun saya dibekukan oleh pihak Shopee sebagai tindak lanjut pelaporan saya. Saya merasa agak lega karena kemungkinan besar pihak Shopee juga akan membekukan transaksi karena akun sedang diretas. Tapi setelah akun saya dipulihkan setelah 3 hari saya melihat transaksi tersebut masih dilanjutkan oleh pihak Shopee dan berstatus dalam pengiriman.

Pada saat itu juga saya sangat kecewa dan langsung menghapus akun saya. Pada bulan Agustus awal saya mendapatkan pemberitahuan untuk tagihan Shopeepay later tersebut, saya langsung mengirimkan email ke pihak Shopee tentang peretasan akun saya, dan memohon kebijaksanaan pihak Shopee karena tagihan dari transaksi tersebut bukan transaksi saya. Dan kagetnya pihak Shopee tetap membebankan tagihan tersebut kepada saya, yang memang tidak besar tapi saya merasa dirugikan karena saya merasa bukan kewajiban saya di saat pihak Shopee bisa menghentikan transaksi tersebut untuk kebaikan konsumen tapi pihak Shopee melakukan hal sebaliknya.

Di sini saya berpikiran bahwa Shopee HANYA MEMIKIRKAN KEUNTUNGAN MEREKA SENDIRI TANPA MEMIKIRKAN KONSUMEN!!! Saya tetap bertahan tidak mau membayar karena bukan kewajiban saya.

Kini setiap hari saya ditelpon debt collector Shopee. Berkali-kali juga saya menjelaskan kejadiannya dan memohon untuk kebijaksanaan akan tetapi tidak pernah ada solusi. Sampai sekarang saya masih mendapatkan sms tagihan Shopeepay later tersebut dan ancaman akan disomasi apabila tidak melunasi tagihan tersebut.

Disini terlihat jelas bahwa pihak Shopee hanya mengambil kebijakan yang menguntungkan bagi mereka tanpa memikirkan kerugian konsumen!!!!

Tolong untuk pihak Shopee, itu bukan tagihan saya kenapa harus ditagihkan ke saya???!!!

Arlina Dyah Anggraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

170 komentar untuk “Akun Shopee Paylater Diretas, Kenapa Pihak Konsumen yang Harus Membayar Tagihan???

  • 13 September 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    @Nining
    Jdi gimn kak? Apakah ttp Kaka bayar seluruh ny?
    Ada no wa/email kah buat sharing
    Sya juga kena tipu.

  • 12 November 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Huuuuaaaa ternyata saya ga sendiri ??? saya mengalami pada bulan Oktober ini ??? saya di telfon, orang rumah juga, di WA berkali” Sampek nomer HP aku nonaktifkan ?
    Ketarketir takut pihak Shopee dateng kerumah.
    Kakak-kakak yg kenak hack gini bayar ga?? Terus solusinya di datengin sama DC gak? Klo aku di Blacklist sama OJK ga masalah kak,

  • 20 November 2022 - (08:19 WIB)
    Permalink

    @ismi: bisa bantu email atau sosmed yg bisa di hubungi? saya mau sharing hal ini, karna saya juga mengalami hal yg sama?

  • 17 Mei 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    @Arlina Dyah Anggraini

    kelanjutannya bagaimana kak, apakah kaka tetap bayar atau tidak..?
    saya juga mengalami hal yang sama.

    • 6 Agustus 2023 - (05:24 WIB)
      Permalink

      @Arlina, kak mohon bantuannya kak.. saya juga baru saja mengalami hal yg sama paylater saya bertambah jadi 4jutaan dan spinjam sama jadi 2jutaan, apa yg harus saya lakukan kak? Saya tidak mau membayar tagihan itu karna bukan saya yg memakainya. Tapi saya juga tidak mau di kejar2 trus oleh pihak shopee. Apa yg harus saya lakukan?? Adakah teman2 disini yg pernah mengalami kasus yg sama dan punya solusinya. Saya mohon siapa pun balas saya. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 170 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Paylater Diretas, Kenapa Pihak Konsumen yang Harus Membaya…

oleh Arlin dibaca dalam: 2 menit
170