Sulitnya Menjadi Pelanggan Paket IndiHome LFH

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada mediakonsumen.com yang sudah menampung aspirasi/keluhan/pengaduan konsumen kepada para penyedia layanan konsumen, dan menjadi jembatan antara konsumen dan penyedia layanan konsumen untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Berawal dari pandemi yang mengharuskan adik saya kuliah daring, dan ini juga kebijakan pemerintah yang tidak membolehkan perkuliahan secara tatap muka. Dimana hal ini yang menuntut kebutuhan akan konektivitas internet yang kencang dan stabil agar perkuliahan bisa berjalan dengan lancar. Juga saya mencari provider penyedia layanan internet berbasis fiber optic. Dimana saya mempercayakan kepada Indihome yang sedang mengadakan program promo paket pelajar Learning From Home (LFH).

Pada tanggal 17 September 2020 adik saya melakukan pendaftaran via website indihome.co.id/lfh. Setelah berhasil melakukan pendaftaran kami mendapatkan email yang berisi registrasi berhasil, dan akan segera dihubungi oleh nomor 1500620 untuk validasi data.Registrasi Setelah itu kami mendapatkan email lagi yang berisi data untuk login di aplikasi MyIndihome dan di aplikasi MyIndihome, kami mendapatkan nomor registrasi pendaftaran MYIR-10246007760001.MYIRKami pun dihubungi oleh nomor 1500620 untuk melakukan validasi dan diinfokan bahwa teknisi akan segera ke tempat kami.

Setelah menunggu beberapa hari datanglah teknisi ke tempat kami yang kebetulan di hari itu, di tempat kami sedang ada pemasangan tiang baru dan jaringan baru Indihome. Karena belum tersedianya jaringan dan ODP yang baru dibangun saat itu, jadi teknisi tidak bisa memasang pesanan kami, sehingga pesanan kami dibatalkan dengan alasan ODP tidak ada. Diinformasikan olehnya jika jaringan baru akan selesai di akhir bulan September 2020. Lalu saya diminta menginformasikan kepadanya jika sudah ada jaringan atau ODP terpasang. odp

Setelah menunggu beberapa lama akhirnya ODP terpasang, tepatnya pada tanggal 16 Oktober 2020, sekitar satu bulan setelah saya melakukan pendaftaran online. Saya menghubungi kembali teknisi untuk menginformasikan bahwa ODP telah terpasang. Tetapi teknisi malah menawarkan saya paket Indihome yang lain, dengan alasan paket 10 Mbps ataupun paket Learning From Home (LFH) sudah tidak ada.

Saya mencoba memvalidasi pernyataan teknisi tersebut dengan menelepon call center 147 dan mengecek di website indihome.co.id, yang mengatakan bahwa paket learning from home promo masih ada sampai dengan 31 Desember 2020. Kami juga dihubungi beberapa kali oleh sales/teknisi yang menawarkan paket lain, yaitu paket 20 Mbps dengan alasan paket 10 Mbps ataupun Learning From Home sudah tidak ada.WA Saleswa sales 2

Pada tanggal 22 Oktober 2020 tetangga saya ada sekitar tiga orang yang mendaftar langsung melalui teknisi sudah ditarikkan kabel fiber optic dan dipasangkan jaringan wifi di rumahnya. Dengan dasar call center 147 dan website indihome.co.id yang mengatakan paket Learning From Home promo masih ada sampai dengan 31 Desember 2020, akhirnya pada tanggal 23 Oktober 2020 kami mendaftarkan kembali pengajuan kami di website indihome.co.id/lfh dengan nomor registrasi pendaftaran MYIR-10246014770003. Lalu dihubungi kembali oleh nomor 1500620 bahwa akan ada teknisi yang survei ke tempat kami.

Lalu pada tanggal 27 Oktober 2020 datanglah teknisi untuk survei tempat kami, yang kami harapkan dapat terpasang hari itu karena pertama, tetangga saya sudah ada yang terpasang. Kedua, jaringan ataupun ODP sudah tersedia. Kami pun menunjukkan kepada teknisi tempat ODP terdekat dari rumah kami yang jaraknya sekitar 25 meter. Teknisi menarik kabel jaringan dan sudah memasang ke ODP, tetapi dia menanyakan lokasi wilayah rumah kami, yang tentu saja masuk ke wilayah Kota Tangerang (Kecamatan Cipondoh) sesuai dengan data isian yang kami isikan saat pendaftaran online di website Indihome.

Teknisi terlihat bingung dan mengatakan bahwa dia salah sektor, yang dia kira rumah kami masih masuk ke wilayah Jakarta Barat, sehingga teknisi men-cancel pemasangan di tempat kami dan menginformasikan bahwa dia sudah menghubungi bosnya agar mengirimkan teknisi dari wilayah/sektor Kota Tangerang (Kecamatan Cipondoh).

Sungguh kecewa kami karena hingga sekarang teknisi yang dijanjikan datang, tidak datang juga. Kami juga sudah menghubungi call center 147 untuk melaporkan kejadian itu dengan nomor laporan IN79188911REG2Bahkan sekarang history pendaftaran kami dengan status pemasangan dengan nomor trekking TRXID MYIR-10246014770003 telah hilang entah ke mana di aplikasi MyIndihome; hilangSaya telah laporkan kepada call center 147 dan diinformasikan bahwa pesanan sudah dibatalkan oleh teknisi. Lalu saya tanya alasan pembatalannya dan diinformasikan oleh operator bahwa teknisi tidak menyebutkan alasan pembatalannya.

Jadi yang ingin saya tanyakan kepada pihak Indihome:

  • Apakah paket promo Learning From Home masih tersedia, ataukah hanya ada untuk wilayah tertentu?
  • Mengapa bisa sampai terjadi kesalahan dalam mengirimkan teknisi ke wilayah kami, yang dengan jelas sudah kami isikan alamat kami dengan jelas di formulir pendaftaran online.
  • Mengapa tetangga kami yang mendaftarkan belakangan dengan paket lain dan mendaftarkan langsung ke teknisi dipasangkan lebih cepat? Padahal kami telah mendaftar terlebih dahulu sebelum adanya tiang Indihome.

Terima kasih atas keterangan yang diberikan.

Ichsan Abdul Sany
Kota Tangerang, Provinsi Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Ichsan Abdul Sany

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Ichsan Abdul Sany pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Sulitnya Menjadi Pelanggan Paket IndiHome LFH

  • 7 November 2020 - (13:22 WIB)
    Permalink

    Dapat perlakuan diskriminatif ya oleh sales/pegawai lokal karena memilih produk yang dari pusat, kebetulan harganya lebih baik bagi pelanggan dibanding penawaran lokal.

    Padahal Kita mendaftar resmi produk melalui website resmi telkom nya, tapi begitu data pendaftarannya diturunkan ke lokal…akan ditolak halus/ditunda tunda/ ditawari yang menguntungkan KPI pegawai setempat.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Menjadi Pelanggan Paket IndiHome LFH

oleh Ichsan dibaca dalam: 3 menit
1