Kredivo Memberikan Jawaban Hoax dengan Informasi yang Menyesatkan dan Merugikan Konsumen

Saya sebagai konsumen yang taat hukum dan aturan, sangat menyesalkan informasi sesat (hoax) serta disinformasi yang dilakukan oleh CS dan staf Kredivo. Di sini saya dirugikan sejumlah uang, waktu, psikologi, dan lain-lain.

Singkat cerita, saya mengajukan pertanyaan ke CS Kredivo baik melalui chat, email maupun telepon. Sebelumnya saya mengajukan pinjaman Rp3 juta, dengan angsuran Rp570 ribu sekian selama 6 bulan. Nah, di sini jatuh tempo saya setiap tanggal 14. Saya sudah informasikan ke CS Kredivo bahwa saya akan melunasi hutang saya overall pada tanggal 15 November 2020.

Memang saya akui, saya telat 1 hari untuk angsuran pertama, tapi hal itu sudah saya informasikan melalui pesan chat. Ada rekam jejaknya dan bisa dipertanggungjawabkan. Pihak Kredivo memastikan jika hutang saya sudah lunas semua, maka limit saya akan bertambah. Saya diizinkan untuk membayar tanggal 15 dan melunasi seluruh tagihan saya tanggal 15.

Nah, di sini masalahnya. Ternyata konfirmasi saya ke pihak CS/staf Kredivo tidak konsisten dengan mesin/sistem komputer Kredivo. Ternyata telat 1 hari itu perhitungannya satu bulan dalam denda keterlambatan. Selain itu, akun Kredivo saya juga tidak bisa dipakai (error), terkunci sistem karena telat 1 hari.

Faktanya, tanggal 15 November 2020 saya sudah melunasi hutang saya dan membayar bunga selama 1 bulan (padahal saya hanya telat 1 hari). Saya juga telah membayar semua angsuran saya yang masih jauh dalam jatuh tempo. Yaitu tagihan bulan Desember 2020, Januari 2021, Februari 2021, Maret 2021, dan April 2021, saya bayar langsung pada Minggu siang tanggal 15 November 2020. Itu fakta bisa dibuktikan melalui rekam jejak/history di akun Kredivo milik saya.

Parahnya Kredivo, saya bayar sebelum jatuh tempo, tapi akun saya malah sengaja dimatikan oleh sistem pusat Kredivo. Memang saya akui saya telat hanya 1 hari pada tagihan bulan November. Namun sebelum tanggal 14 November, saya sudah konfirmasi ke pihak CS Kredivo dan pihak Kredivo memastikan tidak ada denda karena baru 1 hari. Nominal pembayarannya saya lebihkan 70 ribu lebih sekian dan belum dikembalikan oleh pihak Kredivo ke rekening saya. Begitu juga pembatalan pemesanan Lazada juga belum dikembalikan ke saya.

Jika tahu kayak gini, seharusnya pihak Kredivo menjelaskan fakta atau informasi yang benar, bukan menginformasikan hoax atau dissinformasi kepada konsumennya.

Selain itu, pihak Kredivo menjanjikan jika saya sudah melunasi seluruh hutang saya, akun saya akan pulih dan limit naik otomatis seperti sediakala, dimana bisa kembali membeli barang atau meminjam. Namun bukannya limit Kredivo naik, melainkan akun Kredivo saya justru error (tidak dapat digunakan/ tidak bisa dipakai).

Saya sudah bertanya berkali-kali ke pihak Kredivo. CS Kredivo justru menganjurkan saya meminjam kembali. Saya ikuti saran dari pihak Kredivo. Karena saya takut ditipu (di-PHP/dibohongi) lagi sama pihak Kredivo, akhirnya saya buru-buru untuk membayarnya dalam hitungan jam.

Ternyata benar, pihak Kredivo memberikan informasi Hoax dan disinformasi yang menyesatkan saya sebagai orang jujur dan patuh hukum. Boro-boro limit akun Kredivo saya naik, justru faktanya akun Kredivo saya tidak bisa dipakai/error/terkunci. Padahal saya sudah mengirimkan dokumen slip gaji, KTP, usaha saya dll melalui email agar limit Kredivo saya naik, seperti yang diminta pihak Kredivo, tetapi malah tidak bisa dipakai akun saya ini.

Saya mohon pertanggung jawaban Kredivo atas masalah saya ini serta solusi. Dan, jangan selalu berikan jawaban robot/ngawur atas pertanyaan saya. Bukannya solusi, justru yang saya terima adalah masalah yang diberikan Kredivo.

Mohon pihak OJK, YLKI, pihak Perbankan menegur Kredivo agar jangan menghadirkan jawaban sesat/hoax ke konsumennya. Konsumen yang hanya telat 1 hari (sudah dikonfirmasi ke CS Kredivo) dan sebelumnya selalu ontime dan jauh dari jatuh tempo justru selalu dirugikan seperti ini.

Ferro Maulana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:5    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Ferro Maulana

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Kredivo Memberikan Jawaban Hoax dengan Informasi yang Menyesatkan dan Merugikan Konsumen

  • 16 November 2020 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Masih mau ajah pake kredivo
    Kredivo kan rentenir berwajah pinjol
    Harusnya bersyukur akun kredivo anda gak bisa di pakai lagi.
    Cara penagihan kredivo itu gak manusiawi silahkan baca2 di MK tentang kredivo

  • 16 November 2020 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Yg namanya sistem ya sudah baku tdk bisa dirubah. Komunikasi dengan manusia beda dengan mesin. Dengan manusia bisa di nego, tp dengan mesin tidak. Kecuali anda nego dgn manusia ok dan manusia merubah sistemnya. Itu br oke semua. Dan lebih baik hentikan saja pakai kredivo dan sejenisnya. Kartu kredit malah jauh lebih enak. Belanja online bisa cicilan 0%.

    • 16 November 2020 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Sistemnya langsung detect anda pembayaran pertama aja udah telat. Banyak fraudster jual akun kredivo yg sudah punya limit gede. Bisa jadi modusnya mirip jadi dikategorikan berisiko tinggi dan diblok deh

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kredivo Memberikan Jawaban Hoax dengan Informasi yang Menyesatkan dan …

oleh Ferro Maulana dibaca dalam: 2 min
4