Pesanan Dibatalkan Pihak Hotel, Refund dari Traveloka Tidak Kunjung Diterima

Saya kecewa dengan pelayanan customer service Traveloka yang tidak bisa memberikan solusi. Permasalahannya sangatlah simpel, hanya masalah refund dan tanggung jawab. Kronologinya sbb:

Saya pesan hotel di Kota Yogyakarta pada tanggal 29 Oktober 2020 sekitar pukul 11.00 WIB (siang). Lalu di hari yang sama saya ditelepon oleh pihak hotel bahwa untuk kamar yang saya pesan sudah full (jelas tertera di aplikasi Traveloka sisa kamar 1). Maka pesanlah saya karena saya membutuhkan hotel yang dekat dan harga terjangkau.

Setelah itu pihak hotel menginfokan ada kesalahan “Koneksi Error” yang mana hotel tersebut sudah dipesan oleh orang lain duluan. Dan pihak hotel menginfokan bahwa hotel tersebut akan konfirmasi kepada pihak Traveloka untuk permasalahan ini.

Kemudian saya menerima email pada tanggal 30 Oktober 2020 dengan nomor pesanan: 656484290 dari pihak Traveloka bahwa “saya tidak datang pada tanggal reservasi sehingga saya dikenai biaya ketidakdatangan sesuai dengan kebijakan pembatalan“.

Saya pun sangat kaget karena email itu menunjukkan bahwa saya tidak datang ke hotel tersebut. Lalu saya balas email tersebut bahwa saya yang tidak datang ke hotel karena hotel tersebut yang membatalkan dengan alasan koneksi error. Saya email dari tanggal 31 Oktober 2020 – 5 November 2020, tapi tidak dibalas oleh pihak Traveloka.

Lalu tibalah email dari kartu kredit saya yang mengirimkan bahwa notifikasi berhasil senilai harga hotel yang saya harus bayarkan. Jelas-jelas saya sama sekali tidak check in di hotel tsb. Saya sangat kecewa respon Traveloka sampai saat ini tidak proses refund dana saya. Padahal saya dijanjikan untuk membayar terlebih dahulu untuk tagihan yang tertagih di kartu kredit saya. Setelah saya sudah membayar dan melampirkan bukti billing statement dan bukti transfernya, pihak Traveloka hilang entah ke mana. Email tidak direspon dan diabaikan. Sangat kecewa dengan pelayanan seperti ini.

Lutfiah Nursida
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:6    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Lutfiah Nursida

Kepada Yth., Ibu Lutfiah Nursida, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Lutfiah Nursida tujukan...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pesanan Dibatalkan Pihak Hotel, Refund dari Traveloka Tidak Kunjung Diterima

  • 26 November 2020 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Agak ga ngerti kronologinya. Yang membatalkan pihak Hotel lewat telp? Lalu apakah anda punya bukti tertulis?

  • 26 November 2020 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Kalau ada pembatalan dari pihak Hotel seharusnya hotel yang info ke Traveloka. Di tulisan anda bilang “Akan konfirmasi ke pihak Traveloka” Jadi menurut saya dalam hal ini Hotel yang menipu. Kalau Error, kok dia bisa tahu data calon tamunya? Saya pernah mengalami, tetapi saya langsung lapor ke birotravel (app), lalu dialihkan ke hotel lain.
    Pernah juga mengalami pemesanan Hotel yang Error, artinya pihak hotel tak ada data sama sekali. Walaupun di App dan di email saya punya kode nya. Jadi saya klaim sendiri ke pihak birotravel (app) dan dapat pengembalian dana.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pesanan Dibatalkan Pihak Hotel, Refund dari Traveloka Tidak Kunjung Di…

oleh lutfiah_nursida dibaca dalam: 1 min
2