Akulaku Merugikan Status SLIK OJK Konsumen

Hari ini tanggal 10 Desember 2020 saya mendapatkan informasi dari marketing perumahan bahwa KPR saya di bank BTN tidak disetujui, karena masih terdapat tunggakan di Akulaku dan masuk Kol 4. Sebelumnya saya adalah konsumen Akulaku dan sudah melunasi tunggakan saya sejak 1 tahun yang lalu. Aplikasinya pun sudah lama saya uninstall. Hari ini saya coba cek, saya install kembali ternyata memang tidak ada tunggakan di aplikasi saya.

Saya hubungi CS menanyakan perihal tunggakan yang dimaksud, juga ternyata TIDAK ADA. Lalu kenapa data SLIK OJK saya bisa Kol 4? Karena masalah ini KPR saya tidak disetujui. Di mana pertanggung jawaban pihak Akulaku? Karena saya sudah melaksanakan kewajiban saya membayar LUNAS, tapi kewajiban pihak Akulaku memperbaharui data saya tidak dilakukan. Apa ini kelalaian pihak Akulaku?

Mohon segera diberikan penjelasan, karena saya sangat dirugikan!!

Shandy Carnegys
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:97    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Shandy

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Shandy pada tanggal 12 Desember...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Akulaku Merugikan Status SLIK OJK Konsumen

  • 12 Desember 2020 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Ahpuslah itu akulaku banyak adminya penepi terutama adek saya via sumiati beli hp rusak terus bayar tagihan katanya piahat akulaku tidak masuk padahal udah sukses saya Masi menyimpan tanda buktinya

    3
    2
  • 12 Desember 2020 - (21:53 WIB)
    Permalink

    saran saya,coba bapak cek sendiri informasi SLIK bapak biar bisa dijadikan pegangan (bukti) untuk meminta pihak akulaku melakukan pengkoreksian atas pelaporan atas kredit yang sudah bapak lunasi tersebut

    • 14 Desember 2020 - (17:14 WIB)
      Permalink

      Sudah saya cek pertama di bank mandiri hasil ny aman makan ny saya langsung proses pak ambil kpr di btn bukan di bank mandiri,tp masa ia klo di bank mandiri di cek aman trus di bank btn kol 4 makan ny saya bingung.

      • 14 Desember 2020 - (20:38 WIB)
        Permalink

        kalau berdasarkan yg bapak sampaikan,ada kemungkinan dari sisi BTN nya salah baca informasi SLIK nya.
        karena dari informasi yg menyatakan “kira² bs bapak lunasin gak pak?”.
        itu menandakan fasilitas kreditnya masih aktif (belum dilunasi).
        seperti saran saya sebelumnya,bapak ajukan pengecekan SLIK online saja melalui website OJK. nanti setelah mendapatkan hasilnya bapak bs cek apakah kredit² yg pernah bapak miliki statusnya sudah lunas (termasuk yang dr akulaku) atau belum.
        semoga saran saya bs membantu.

  • 12 Desember 2020 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Banyak yang komplain sprti bapak ini.bahkan ada yg ga pernah pinjam nama rusak di ojk.boro boro instal pinjol .hp android saja tidak punya.dan rekening yang dimaksd pun tidak punya.Ga tau Ojk kerjanya bagaimana.

  • 13 Desember 2020 - (02:07 WIB)
    Permalink

    Hai,
    Sebelum Anda ngamuk2 lapor polisi, lapor ojk, atau lapor jokowi, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu bagaimana cara kerja slik alias bi checking, serta bgmn kbijakan BTN selaku pemberi KPR.

    Slik itu adalah data historis, dan baru bisa bersih setelah 24 bulan dilunasi. Dulu status anda collectibilitas 4 (col4) alias macet 90-180 hr, lalu Anda lunasin di ,misal, 1 jan 2020. Nah slik Anda baru bisa bersih di 1 jan 2022. Nah ketika Anda mengajukan kredit apapun selama rentang waktu 24 bln itu, pasti akan bermasalah. Ini bukan cuma kalau Anda ngemplang di akulaku ya, tapi juga anda ngemplang kartu kredit visa Be Ce A sekalipun, kasusnya akan tetap sama. Col4/5 , dilunasin, catatan idi historis anda akan kena masalah selama 24bln sejak dilunasin.

    Nah, masalah mau mberi kredit , dlm hal ini kpr, itu tergantung kbijakan bank nya. BTN hanya bisa mentolrerir max hingga col3 saja. Klo sudah col4/5 , ngga bisa. Ini kebijakan bank. Beda2 tiap bank.

    Jadi kesimpulannya, ini sudah ngga bisa diapa2in. Data historis ngga bisa dirubah. Yang bisa dirubah itu kalau kayak gini.. status Anda col4, lalu anda lunasin, tapi status anda masih col4, ngga turun jd col1. Nah klo itu ada prosedurnya. Anda bw surat pelunasan, lalu hubungi kntor BI, dst.. artinya lembaga bank/non bank tempat anda ngutang blm lapor ke BI. Kalau ini bisa. Tapi klo col4, trus sudah Anda lunasin, trus sdh jd col1, ya berarti sudah benar, gbs diapa2in. Tapi record bahwa Anda pernah col4 akan tetap ada sampe 24 bln berikutnya.

    Jadi ya klo mau ada rencana ngutang atau bkin credit card, pastikan slik anda bersih hingga 24 bln sebelumnya.

    Salam

    13
    1
  • 13 Desember 2020 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Saran aja, jika aplikasi akulaku sudah tidak digunakan lebih baik tutup akun permanen.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Akulaku Merugikan Status SLIK OJK Konsumen

oleh Shandy dibaca dalam: 1 min
9