Sulitnya Perubahan Data Nomor Ponsel Kartu Kredit CIMB Niaga

Pada tanggal 4 Desember 2020 saya menerima kartu kredit CIMB Niaga no 5463 **** **** **04 . Sore itu saya aktivasi tapi ternyata gagal, SMS balasannya: “Maaf data yang Anda kirimkan tidak sesuai dengan data yang tercatat di sistem kami. Silakan ulangi dengan menggunakan data yang tepat.” Setelah saya hubungi CS 14041 Ternyata data nomor handphone saya salah. Oleh CS diinformasikan harus ke cabang untuk melakukan perubahan data dengan membawa KTP.

Kemudian pada tanggal 7 Desember 2020 saya ke kantor cabang CIMB Niaga Jakarta Garden City dengan membawa KTP. Setelah dicek ternyata nama ibu kandung saya pun salah dan saya diminta membawa Kartu Keluarga atau Akte Lahir.

Tanggal 8 Desember 2020 saya pun kembali ke cabang tersebut dengan membawa KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Lahir. Lalu saya isi form perubahan data dan selesai info CS akan diemailkan ke card center CIMB Niaga untuk diproses 2-3 hari kerja.

Tanggal 11 Desember 2020, saya hubungi CIMB Niaga call center untuk cek perkembangan perubahan data tersebut. Saya diinformasikan bahwa tidak ada perubahan data saya dari cabang dan saya diminta untuk mengirimkan KTP, scan Kartu Keluarga, dan surat pernyataan perubahan Nama Ibu kandung dan No HP melalui email. Saat ini saya sudah mulai curiga data saya dari cabang tidak sampai/diproses oleh Card Center CIMB Niaga, tapi saya pun tetap mengirimkan soft copy seperti diatas.

Pada tanggal 14 Desember 2020 saya telepon Call Center kembali menanyakan bagaimana proses perubahan data kartu kredit saya dan jawaban Call Center: “Belum dapat diproses karena data tidak lengkap”. Setelah itu agen tersebut menanyakan dokumen perubahannya dikirim via email atau melalui cabang. Saya jawab melalui dua-duanya. Lalu agen tersebut meminta menunggu untuk ditanyakan ke pihak terkait.

Setelah itu diinformasikan bahwa proses perubahan data saya sedang diproses menggunakan data dari cabang CIMB Niaga dan baru diproses per tanggal 14 Desember 2020. Apa data Call Center tidak update? Harus tanya ke bagian terkait secara manual atau jawaban tersebut hanya agar agen tersebut bisa cepat-cepat menyudahi telepon dengan nasabah?

Saya beberapa kali hubungi call center dan email call center untuk memastikan perkembangan perubahan data kartu kredit saya. Jawaban CS tidak pernah memuaskan hanya disuruh menunggu terus dan berbeda antara satu dengan yang lain yang membuat nasabah bingung. Jika saya tidak follow up terus, mungkin data dari cabang tidak akan diproses sampai tahun depan. Data yang saya lampirkan di cabang kan bukan hanya untuk disimpan saja, tapi untuk diproses.

Saya sebagai nasabah baru CIMB Niaga sangatlah kecewa. Setiap hari saya khawatir kartu kredit saya diaktifkan/aktif sendiri dan disalahgunakan oleh orang lain dan saya pun tidak akan mendapat notifikasi SMS transaksinya. Jika sudah seperti itu data SLIK SID saya yang rusak.

Melalui surat di Media Konsumen ini saya ingin menyampaikan keluhan atas lambatnya kinerja Card Center CIMB Niaga. Untuk perubahan no handphone saja sudah 7 hari masih belum jelas. Jika ada nasabah mengajukan proses perubahan dan lainnya segeralah diproses. Masa nasabah yang harus follow up terus baru diproses? Ini pun saya belum tau bagaimana hasilnya, apa menunggu lagi apa harus ke cabang lagi atau bagaimana? Tolong Segera di proses dan diberi kejelasan.

Felix Gunawan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank CIMB Niaga:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Felix Gunawan

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Felix Gunawan yang berjudul “Sulitnya Perubahan Data Nomor Ponsel Kartu Kredit CIMB Niaga” (Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Sulitnya Perubahan Data Nomor Ponsel Kartu Kredit CIMB Niaga

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Perubahan Data Nomor Ponsel Kartu Kredit CIMB Niaga

oleh Felix dibaca dalam: 2 menit
3