Akun Kredivo Diretas, Pelaporan CS Dipalsukan Pula!

Hari Kamis tanggal 10 Desember 2020 saya melaporkan kejadian peretasan Akun Kredivo yang menimpa saya. Saya menghubungi nomor 0807 1 573 348 ingin mengkonfirmasi kalau Akun Kredivo saya telah disalahgunakan oleh oknum lain.

Akun Kredivo saya dipergunakan untuk transaksi pulsa di salah satu marketplace, Elevenia, sebanyak 2 kali, pada tanggal 7 Desember 2020 dan tanggal 08 Desember 2020. Saya tegaskan kembali bahwa saya tidak pernah memberikan data apapun ke pihak lain atas transaksi apapun yang menggunakan Kredivo begitu pun dengan SMS OTP dan saya juga tidak punya akun Elevenia.

Dari pihak CS Kredivo membantu dan menginformasikan jika akun saya untuk sementara ditangguhkan karena ada penyalahgunaan. Untuk tagihan tersebut tidak perlu dibayarkan karena terjadinya peretasan dan ditunggu proses penyidikan hingga 90 hari kerja.

Pada tanggal 14 Desember 2020 saya mendapatkan email bahwasanya saya tetap harus membayarkan tagihan tersebut untuk proses penutupan akun.

Tanggal 16 Desember 20 saya telepon CS Kredivo kembali dan setelah dicek bahwasanya CS Kredivo membuat laporan jikalau saya menyebarkan informasi pribadi dan OTP ke orang lain. Ini merupakan tindakan pemalsuan pelaporan, karena dari awal pelaporan saya tidak pernah memberikan data apapun ke pihak lain.

Mohon untuk Media Konsumen bisa menerbitkan surat saya untuk memperjelas kejadian ini dan untuk konsumen lain agar lebih berhati hati karena Kredivo sudah tidak aman lagi. Terima kasih.

Muhammad Taufik Hariyono
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:28    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhammad Taufik Hariyono

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Akun Kredivo Diretas, Pelaporan CS Dipalsukan Pula!

  • 17 Desember 2020 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Bisa dilaporkan ke kepolisian ini… Semua bisa diusut. Data transaksi dan data komunikasi sudah terekam didatabese. Handphone apa yg digunakan dan darimana transaksi dilakukan semua ada datanya. Kalau hanya melaporkan ke CS saja, masalahnya malah akan semakin berlarut-larut, karena mereka juga tidak mau rugi! Awal pelaporan, seakan akan kita dilayani dengan sepenuh hati, tapi ujung-ujungnya tagihan harus tetap dilunasi.

    • 18 Desember 2020 - (05:39 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi? Rasanya sudah bejibun kasus yg beginian.. tapi gak bisa tuntas.. kenapa? Karena polisi gak mau kerja..

    • 21 Desember 2020 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Sy sudah dihubungi pihak kredivo kak dan sy minta data historis database tidak bisa. Jadi kronologinya itu akun kredivo sy di buka di device hp lain dgn terlebih dahulu minta ganti pasword, kemudian dibuka di device lain dan di pergunakan transaksi. Saat permintaan ganti pasword harus nya ada info via email atau HP tetapi sy tidak menerimanya, dan saat transaksi karena dibawah 200 ribu sehingga setiap transaksi tidak ada ada OTP nya. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa keamanan kredivo sangat kurang dan gampang diretas. Makasih kak buat saran nya semoga kakaknya tidak mengalami hal yg sama dengan saya.

      • 21 Desember 2020 - (13:08 WIB)
        Permalink

        Wah, bisa begitu ya? Minta ganti password kan seharusnya password yang lama harus diinput dulu.

        • 21 Desember 2020 - (13:22 WIB)
          Permalink

          nah itu makanya kak, klo di pikir secara nalar kayaknya gak mungkin dong pin nya diganti kalo ga tau pin lamanya padahal sy sendiri ga infokan pin itu ke orang lain. Info dari customer care sih juga butrug data KTP juga bisa. Jadi benar2 tolong di jaga KTP nya kak agar gak gampang di salahgunakan.

  • 17 Desember 2020 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Sekarang makin terlihat, Fintech Kredivo akan bernasib sama seperti Fintech Akulaku.

    @Pengguna Kredivo

    Tunggu apalagi jangan sampai terlambat. Segera Unreg akun Kredivo kalian.

  • 17 Desember 2020 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Bawa ke jalur hukum, sekaligus tuntut perusahaannya ganti rugi ratusan juta hingga Miliaran rupiah.

    • 21 Desember 2020 - (13:07 WIB)
      Permalink

      tidak bisa kak, apalah sy yang lemah hukum pasti kalah dengan sebuah entitas kak. Jadi pembelajaran aja kak klo Kredivo Keamanan nya kurang dan jangan ikut terlibat didalamnya ya Kak..

  • 18 Desember 2020 - (01:42 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin dengan kejadian ini.
    Jika boleh sharing agar pengguna Kredivo lain lebih waspada, apakah selama menggunakan Kredivo bapak Taufik pernah memperbarui PIN masuk aplikasi Kredivo?

    • 21 Desember 2020 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Kata Customer Care yg menghubungi sy awalnya untuk Akun sy ada permintaan ganti PIN, kemudian di login di device hp pelaku oknum tsb. Selama ada permintaan ganti pin sy tidak menerima Email ataupun SMS, sehingga PIN bisa leluasa di ganti oknum tsb. Akun kredivo sy yg harusnya ke log out karena di pakai di device lain ternyata masih tetap ter log in sehingga tidak bisa mengetahui jika ada yg menggunakan akun kredivo sy di device lain. Dari sini bisa sy simpulkan bahwa Keamanan Kredivo sangat kurang dan bisa gampang di retas. Klo dipikir scara nalar bagaimana bisa karena sy sendiri tidak menyebarkan OTP tersebut. Harap berhati hati ya kak, semoga tidak mengalami hal yg sama dgn saya..

  • 18 Desember 2020 - (03:30 WIB)
    Permalink

    Sampai hari ini dan dari tahun tahun sebelumnya aman aman saja pakai Kredivo, yg penting PIN dan KODE OTP nggak jatuh ke tangan orang lain.

    • 18 Desember 2020 - (03:32 WIB)
      Permalink

      Tapi menurut penulis beliau tidak pernah merasa ada OTP masuk. Ini yang jadi kekhawatiran bagaimana mungkin orang lain bisa akses akun Kredivo beliau.

    • 21 Desember 2020 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Semoga selalu Aman ya kak, karena sy juga tidak pernah share pin dan OTP ke orang lain tapi tetep saja ke retas juga. Karena Kredivo keamanan nya sangat kurang kak..

  • 18 Desember 2020 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Bayar dulu aja pak, mmpung hanya 200san.
    Banyak pengaduan MK akun akulaku diretas dan dikuras habis limitnya dari 6juta sampai 8juta.

    • 21 Desember 2020 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Mungkin iya gampang bilang bayar aja mumpung 200an, tapi di masa pandemi seperti ini uang segitu berharga banget kak. Mungkin iya salah sy juga kenapa gak segera mgkin sy tutup akun nya dan unistal aplikasinya klo skr keamanan kredivo sudah tidak safe lagi.. Makasih ya kak buat info nya..

  • 18 Desember 2020 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Kredivo memang mengecewakan, masa saya saja yang sudah bayar lunas seluruh tagihan tgl 9 Desember 2020, malah ada yg Whatsapp DC nagih saya tgl 11 Desember 2020 dan tgl 18 Desember 2020. Sistem penagihan nya bobrok

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Diretas, Pelaporan CS Dipalsukan Pula!

oleh MUHAMMAD TAUFIK dibaca dalam: 1 menit
19