Susahnya Birokrasi dan Tidak Optimalnya Informasi Pelayanan di BPJS Perak Timur Surabaya

Susahnya Birokrasi BPJS Ketenagakerjaan Bahkan No Antreanpun Tak Terurus Dengan Baik Dan Tidak Optimalnya Informasi Pelayanan di kantor cabang BPJS Jl. Perak Timur No.82, Perak Tim., Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60164

Saya adalah warga negara indonesia yang berKTP Jember, dan sekarang seorang mahasiswa di salah satu universitas di jawa tengah angkatan 2018 hingga sekarang. Oleh karena tempat kerja saya tutup dan tidak cukupnya untuk menopang biaya kuliah dan kost saya di Salatiga akibat karena pandemi, saya menumpang ke rumah saudara saya di Surabaya agar penghematan biaya dengan harapan berkelangsungan perkuliahan saya.

Namun saya juga adalah salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan no peserta 16045788987 dan 14036287184, karena saya pernah bekerja di FIF Group Cab. Sidoarjo kurang lebih pada tahun 2014-2015 dan di PT. Gemah Ripah Gresik Best kurang lebih 2016-2018. Mungkin juga ada banyak diantara kita sebagai warga negara Indonesia seperti saya yang hidup sebatang kara, plus di perantauan kota antar kota lainnya (alias pindah-pindah) demi satu harapan yaitu masa depan yang lebih baik.

Sekian lama berpikir keras meratapi nasib tidak bekerja dan biaya perkuliahan yang sudah di depan mata untuk masuk perkuliahan di semester berikutnya. Ya, akhirnya angin seger menghampiriku bahwasanya ternyata kartu BPJS Ketenagakerjaan dapat diklaim (dicairkan), sesegera dan secepat mungkin segala info hal-hal BPJS yang bertebaran di internet termasuk para youtuber-youtuber yang sedang melakukan vloger cara mencairkan BPJS. Saya pelajari satu persatu dan persiapkan hal-hal mengenai itu.

Untuk itu secara online telah saya praktekkan serta isi seluruh data verifikasi yang diminta telah saya isi dengan sebaiknya karena ada satu data yang belum ada seperti surat keterangan berhenti kerja tapi tetap saya kirimkan melalui apk QR scanner dengan hasil yang tidak tahu kepastiannya (tidak ada email balasan atau info apapun setelah saya melakukannya dengan online meski tulisannya telah terverifikasi).

Karena perasaan yang kurang puas maka saya putuskan untuk datang ke kantor BPJS di Jl. Perak Timur No.82, Perak Tim., Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60164 di sekitaran jam. Yang kebetulan paling terdekat dari tempat tinggal saya sekarang. Sesampainya di sana untuk pertama kali saya berangkat tanggal 21 Desember 2020 pukul 10 pagian. Dan alangkah kaget karena diperhadapkan dan mendapat arahan oleh satpam. Dalam hati saya, sekaliber BPJS masa yang menjelaskan dan mengarahkan satpam.

Dan betul saja pas saya tanya “untuk melihat cek saldo bagaimana ya pak?” Bapak satpam hanya menjawab “tidak bisa pak, quota sudah habis”).

Tapi, ya sudahlah saya pikir begitu untuk tetap positive thinking saja karena saya juga sangat butuh. Lalu saya jelaskan maksud dan tujuan saya untuk mengklaimkan atau mencairkan kartu peserta. Namun satpam tersebut menjelaskan serta mengarahkan saya untuk mengisi formulir namun kali ini di kertas dan menyuruh saya untuk kembali dengan membawa fotokopi berkas-berkas yang lebih komplit dan lengkap serta diharapkan datang pukul 6 pagi. Meski merasa aneh karena kantor BPJS Cabangnya buka jam setengah 8 (delapan), lalu saya iyakan saja, karena saya juga tahu dan sadar diri atas ketidaklengkapan berkas saya.

Maka saya paksakan diri untuk meluncur ke Gresik dengan perjalanan yang lumayan cukup memakan waktu dan tenaga hanya untuk mendapatkan surat perlengkapan yang diwajibkan). Setelah itu, pertanggal 29 Desember kemarin saya, kebetulan ada mengantarkan saudara saya ke Bandara Sidoarjo dan sekalian saya sempatkan waktu ke Karwil Jatim BPJS yang ada di Sidoarjo untuk mencairkan kartu peserta BPJS namun di sana hanya bertemu dua orang satpam yang ramah-ramah dengan senyum mengarahkan dan menjelaskan ke saya untuk pencairan hanya dapat dilakukan ke kantor cabang. Dan saya diberitahu juga kantor cabang terdekat yang berada di Sidoarjo Kota, Perum Taman Pinang.

Kenapa jenjang pengajuannya dari tanggal 21 molor sampai tanggal 29, karena saya jatuh sakit setelah pulang dari Gresik karena kehujanan dan panas, maklum orang susah sperti saya hanya punya sepeda motor yang dilengkapi jas hujan tua.

Sesampainya saya di kantor cabang BPJS Taman Pinang Sidoarjo di tanggal yang sama 29 Desember 2020 jam cuaca terik matahari, ternyata sudah banyak juga antrenya. Lalu setelah antre dan lain sebagainya, saya disambut dan bertemu dengan petugas yang ramah namun karena quota yang habis maka saya dianjurkan untuk kembali besok untuk pengajuannya. Tapi pelayananannya sangat bagus karena saya bisa menanyakan juga jumlah isi saldo di kartu peserta saya, bahkan hanya satu no kartu peserta BPJS yang saya sampaikan tapi pihak pegawai BPJS mengetahui bahwa saya terdaftar juga di no BPJS lainnya sehingga menyarankan saya untuk mencairkan langsung semuanya saja dengan ketentuan penjelasan bahwa karena ini mau tahun baru, maka terakhir hanya dapat dilakukan besok pertanggal 30 Desember 2020. Namun karena saya tinggalnya di Surabaya dan kejauhan ke Sidoarjo maka saya bilang iya, makasih ya kak tapi saya akan mencairkan di kantor cabang terdekat dengan tempat tinggal saya.

Udara pagi segar hari ini di Kota Surabaya, pukul 05.50 berangkat ke kantor BPJS cabang Perak di Jl. Perak Timur No.82, Perak Tim., Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60164. Sesampainya di sana pukul 06:00 wib karena memang sangat dekat jaraknya. Setibanya di sana sudah ada 6 orang masyarakat yang menunggu. Lalu saya ajak berbicang bincang pagi dan menurut pengakuan masyarakat tersebut mereka telah berinisiatif membuat no antrean sendiri karena jatah quota 6 orang perhari dan langsung membuat saya syok, malahan ada diantara mereka, seorang wanita malahan sudah datang pukul 02.00 dini harian agar dapat no antrean dengan wajah kedinginannya. Karena maklum sajalah semalaman Surabaya Ujung-Perak diguyur hujan, jadi cuaca sedikit dingin. Langsunglah bertambah syok saya dan kaget BPJS begini.

Karena rasa penasaran dan ingin sekali mendokumentasikan maka saya ikut menunggu, dan benar saja pukul 07.00 wib pagi pak satpam membukakan pintu gerbangnya lalu beres-beres kemudian mempersilahkan yang telah lama menunggu untuk masuk dan duduk. Kemudian paling anehnya bapak satpam memberi penjelasan dan arahan yang sama bahwa quota hanya ada 6 orang dan no antreannya ya sesuai dengan tulisan antrian inisiatif masyarakat.

Dan demikian jika saja 6 orang masyarakat yang telah berjuang hanya sekedar antri sebegitu hebatnya pengorbanannya bila tidak lulus verifikasi dan tak terproses maka mereka akan mengulang untuk menunggu lebih lama lagi dan mungkin saja 1 x 24 jam akan ada masyarakat yang menunggu di depan BPJS kantor cabang Perak Timur, karena informasi dan pelayanan buruk sekali hingga antrian saja masyarakat berebut sampai membuat inisiatif sendiri.

Apa mungkin sulit sekali birokrasi sehingga masyrakat hilang kepercayaan dan kesabaran makanya menunggunya sebegitu gilanya sampai ada pukul 02.00 dini hari padahal di website online kantor BPJS Perak Timur buka 07:30 wib.

Dan sedikit banyaknya bertanya-tanya (bercakap-cakap) dengan satpam meski saya tau tak akan mendapatkan jawaban memuaskan dan saya tinggalkan kantor cabang timur dan beberapa masyrakat yang juga sudah datang meski ada juga masyarakat yang masih menunggu karena mungkin urusan lain sebagainya. setelah mengetahui hanya ada quota 6 orang,

Sudahlah pupus harapan saya untuk mencairkan BPJS di kantor cabang terdekat di Jl. Perak Timur No.82, Perak Tim., Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60164.

Mohon untuk diperbaiki lagi pelayanan dan sistemnya, saya benar-benar kecewa dengan kantor cabang BPJS perak timur. Dari pertama kali datang dan yang kedua kalinya hari ini. Selaku peserta BPJS juga dan sebagai warga negara yang baik demi kemajuan dan pelayanan masyarakat maka saya buat artikel ini dengan sadar, hingga sampai jam ini belum ada tanggapan atau pihak terkait yang meluruskan pelayanan semrawut ini.

Gutra Galatia Munthe
Salatiga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BPJS Ketenagakerjaan:
[Total:4    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan BPJS Ketenagakerjaan atas Surat Pembaca Bapak Gutra Galatia Munthe

Sehubungan dengan Surat Pembaca Bapak Gutra Galatia Munthe dengan judul “Susahnya Birokrasi dan Tidak Optimalnya Informasi Pelayanan di BPJS Perak...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai BPJS Ketenagakerjaan?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Susahnya Birokrasi dan Tidak Optimalnya Informasi Pelayanan di BPJS Pe…

oleh Gutra dibaca dalam: 5 menit
0