PLN Tidak Peduli kepada Pelanggannya, Token Listrik Nganggur Setahun Lebih

Sejak awal 2019, saya sering mendapat titipan dari teman untuk pembelian token listrik. Biasanya saya membeli token lewat Bukalapak, saya jual kembali sesuai tagihan Bukalapak. Karena pembelian yang sifatnya cukup rutin, saya berinisiatif untuk membeli token sebagai stok, dengan maksud antisipasi jika diperlukan pada saat lewat jam 11 malam ataupun dadakan.

pembelian token 1jt

Transaksi dengan teman saya berjalan lancar. Namun transaksi terhenti setelah peremajaan KWH meter. Saat itu, token yang telah saya beli tersisa satu, dengan nominal 1 juta. Seiring pergantian KWH meter, saya berkonsultasi dengan petugas PLN via Twitter dan hasilnya, kode token sudah terkonversi sesuai KWH yang baru.

konversi token

Namun ternyata penggantian KWH meter tersebut sangat membebani teman saya. Dalam artian, sejak meteran diganti, konsumsi listrik terasa tidak normal. Dari yang saya dengar, 200 ribu hanya cukup untuk 2 hari 3 malam. Sejak itu teman saya enggan untuk membeli token yang telah saya beli.

penawaran kembali pada bulan oktober 2020

Sudah setahun lewat, saya bertanya kembali, tetapi tetap enggan untuk membeli token tersebut. Beberapa kali berkonsultasi dengan pihak PLN, tidak ada solusi. Andai saya sumbangkan ke tempat ibadah, tidak bisa juga, karena tokennya terikat dengan meteran teman. Digunakan untuk meteran sendiri? Juga tidak bisa, karena pascabayar.

Terima kasih untuk perhatian semua pihak.

Panca Saputra Jaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PLN:
[Total:28    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Panca Saputra

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “PLN Tidak Peduli kepada Pelanggannya, Token Listrik Nganggur Setahun Lebih

  • 4 Januari 2021 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Mungkin tadinya dia make meteran yg subsidi diganti ke meteran yg non subsidi jadinya pemakaian lebih boros dibanding meteran yg lama karna status nya sudah non subsidi

  • 4 Januari 2021 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Token yg sudah dibeli tidak bisa dikembalikan / diganti nomor lain. Saya juga pernah salah beli token di Tokopedia karena ada histori pernah isi ulang di Tokopedia, saya telp PLN minta refund / tukar nomor lain dijawab dengan ketus tidak bisa.

  • 4 Januari 2021 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Jadi bahan pembelajaran buat kita semua. Belilah token PLN, saat ingin langsung dipakai, bukan untuk disimpan, apalagi nomor token bukan buat meteran kita sendiri.
    Jadi saran saya, di ikhlaskan saja untuk temannya. Hitung2 sedekah untuk teman sendiri, daripada tidak terpakai , mubazir, toh token yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan lagi uangnya.

  • 4 Januari 2021 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Apakah temanmu yang sudah beli token listrik di tempat lain token yang dia beli lama baru habis atau sama saja cepat habis juga dengan nominal yg sama? Kalau misalnya meterannya sdh diganti walau beli di tempat lain ttp sama juga. Apa bedanya ya?

  • 5 Januari 2021 - (02:29 WIB)
    Permalink

    mau gimanapun/apapun solusi/komentar rekan rekan diatas
    sy berterimakasih
    tapi
    ybs sudah tidak pakai listrik dari KWH tsb
    ybs pakai listrik untuk usaha, dengan jumlah mesin yg tidak sedikit
    bayangkan, mesin berpenggerak dinamo, yang rata rata 3 fasa

  • 5 Januari 2021 - (02:50 WIB)
    Permalink

    ada baiknya pihak PLN lsg cek instalasi
    indikasi ada “kebocoran”
    andaikata selama ini bocor, trus tagihan meningkat drastis, PLN otomatis senang karna profit
    tapi apabila ybs jadi “sengsara” lantaran beban tsb, apa PLN jg ikut senang?

    • 5 Januari 2021 - (06:47 WIB)
      Permalink

      kebocoran di dalam rumah tanggung jawab pelanggan bang, bisa minta tolong teknisi pihak ke-3, tidak harus pln, tapi kalo mau dari pln/mitra juga bisa lewat aplikasi

  • 5 Januari 2021 - (06:45 WIB)
    Permalink

    itu resiko nyetok bang, coba jaringan rumah dicek pake meteran lain, kalo dayanya cuma dibawah 3500va , banyak meteran wifi diharga 150ribu dimarketplace

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

PLN Tidak Peduli kepada Pelanggannya, Token Listrik Nganggur Setahun L…

oleh panca sj dibaca dalam: 1 min
11