Pulsa XL Saya Selalu Terpotong Padahal Tidak Pernah Internetan

Saya mencoba mengeluarkan unek-unek saya di media konsumen. Saya sudah komplain berapa kali ke pihak XL tetapi kenapa pulsa saya masih terpotong untuk layanan internet tarif normal, padahal saya tidak pernah internetan pakai kartu XL saya.

Kebetulan di rumah saya pakai WiFi, kalau di luar rumah saya pakai paket Data Three, tapi tiba-tiba dapat SMS dari XL tentang terpotongnya pulsa saya.

Kejadian ini sudah beberapa kali terjadi, dan saya sudah mencoba kirim email ke pihak XL untuk yang kedua kali, tetapi belum ada hasil, pulsa saya masih terpotong.

Terima kasih

Kokom Komalasari
0877870594**
Cinere, Depok


Catatan redaksi (diperbarui 2/2/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait, sbb.

Permasalahan saya dengan pihak XL mengenai Pulsa Terpotong akhirnya Clear setelah pihak XL menghubungi saya untuk mengecek perihal pemotongan Pulsa tersebut dan Pihak XL akan mengembalikan Pulsa saya yang telah terpotong

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:16    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Ibu Kokom Komalasari

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Ibu Kokom Komalasari melalui media online Mediakonsumen.com tanggal 30...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Pulsa XL Saya Selalu Terpotong Padahal Tidak Pernah Internetan

  • 30 Januari 2021 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama yang saya alami, padahal gak pernah pake paket data xl tapi malah kepotong trs sampe skrng, bener2 aneh pake xl mana kartu udah pakai cukup lama, rasanya pengen tak pites nih kartu

  • 30 Januari 2021 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga beberapa kali pernah nih. Padahal setting internet pake simcard IM3. Tapi pulsa XL kepotong karena ada pemakaian internet. Makanya saya males isi pulsa XL, paling cuma buat perpanjang masa aktif aja. Kalo bukan karena nomornya udah lama, saya buang deh ini kartu.

    • 31 Januari 2021 - (03:45 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga ngalamin, pulsa xl tiba2 habis padahal tdk tdk pakai, sy pernah baca juga di media konsumen, jd klo kita dpt sms, dr pihak xl ada yg motong pulsa kita, lah padahal, kita yg dpt sms dr pihak xl, tp kita juga yg di suruh bayar, sama masa aktif juga, klo kita isi pulsa dgn nominal yg beda lbh dr sekali, itu masa aktif kartu cm nambah di pengisian pertama, itu sangat merugikan sekali,

    • 1 Februari 2021 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Ini fenomena yg trjadi sejak dulu, sy pake simerah jg gitu, isi 50rb bisa berkurang otomatis tanpa dipake

      • 2 Februari 2021 - (17:40 WIB)
        Permalink

        Ada yg senasib. Soalnya keliatan banget, saya pake kartu halo buat inet. Lha kok XL nya motong pulsa internet tanpa kuota data

    • 7 Februari 2021 - (04:18 WIB)
      Permalink

      Iya, buat perpanjang masa aktif aja. 25k hahahaha… Aku beli kuota Conference tapi pas kelar conference yang dimakan kuota reguler. Kan penipuan dan pencurian…

  • 30 Januari 2021 - (20:28 WIB)
    Permalink

    kasus kaya gini gw pernah ngalamin, cuma beda kartu.
    ternyata dipengaturan hp android gw, kartu kedua data y aktif,
    saran gw coba matiin data kartu ke2 klo pake 2 kartu
    atau matiin semua data seluler.
    intinya provider ga akan motong pulsa klo emang ga ada pemakaian, kecuali yg urusan nada dering, kadang menyebalkan

    • 30 Januari 2021 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Kalau sy dulu tetap terpotong gan, tapi saat kartu yg bersangkutan di setting hanya sampai 3G saja konektivitasnya masalahnya selesai (untuk kasus sy). Moga2 berguna

    • 7 Februari 2021 - (04:22 WIB)
      Permalink

      Tetap nggak bisa bro. Masuk sim card ke jadul feature phone aja pulsa kepotong Internet. Hehehe

  • 30 Januari 2021 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Coba ganti mode jaringannya ke 2G only kalau memang ga pernah dipake buat internetan. Saya punya kartu telkomsel dulu kadang2 terpotong Rp 120 dengan sendirinya lalu petugas Grapari bilang itu karena kartunya terpasang di hape dual sim & disarankan coba ganti ke mode 2G only saja. Sudah beberapa minggu sudah ga terpotong lagi.

    • 30 Januari 2021 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Iya betul itu untuk telkomsel memang begitu gan, 2-3G saja max, jangan ke 4G aja pokoknya

  • 30 Januari 2021 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Sy coba bantu jawab ya karena sy pernah mengalami hal ini namun dengan provider lain. Jadi hal yg anda alami berhubungan dengan karakter dr 4G nya, dimana 4G itu suka “online” dengan sendirinya walaupun kita tidak menggunakan kartu tsb untuk internetan. Ini hal yang tidak akan bisa dijelaskan oleh Cs operator manapun (sy riset sendiri cukup lama sampai mendapatkan konklusi ini).

    Solusinya adalah, coba untuk settingan kartu XL anda, di terapkan pada 3G aja max. Jangan ke 4G. Untuk telkomsel sy bahkan dulu harus mengajukan pematian layanan gprs kalau tidak, di isi pulsa brp saja akan disedot habis, padahal internet sy indosat dan telkomsel hanya untuk nelpon saja. Kan bisa tuh pengaturan sim palinga atas 5G ( hp zaman now ) bawahnya 4G dan bawahnya lagi 3G only. Pilih 3G only saja. Selamat mencoba dan mohon feedbacknya apakah berhasil teratasi.

  • 30 Januari 2021 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama seperti anda saldo di account shopee saya ludes dan spinjam saya kena 900rb karena kena limit cerita nya sama seperti anda saya juga sadar dari awal pembicaraan menuju ke arah penipuan. Jadi yg bisa saya simpulkan kode otp di shopee tidak sama dengan kode otp di bank kode otp di shopee termasuk high level diatas segalanya . Password dan no pin di shopee tdk berguna atas kode otp shopee berbeda dgn kode otp bank termasuk mid level kalah dengan no PIN bank yang high level selama no pin anda aman maka dana dan data anda di bank aman walau kode otp bank anda kasih ke orang lain. Bagaimana si penipu bisa mengetahui anda pengguna shopee ? contoh ketika anda belanja online di shopee alamat pengiriman barang tertuju ketempat anda berisi alamat no telp nama penerima dan no telp penerima dari sini dia sudah bisa mendapatkan informasi tentang anda agar bisa berhasil dia harus menelpon no TLP anda dan menghubungi anda jadi No TLP adalah kunci pertama dia kemudian mengirimi pesan kepada anda agar yakin no TLP anda aktif selanjutnya berjalanlah minta kode otp di shopee dan jika anda maka langsung beres akun shopee anda.
    Jika saya amati ini Sebenarnya kesalahan system keamanan shopee jika shopee ingin konsumennya lebih aman maka dia pasti menggunakan security 2fa yg sdh di pakai oleh hampir semua aplikasi finansial dari luar seperti binance dll semoga saja bukan shopeenya yg kena hack namun akhirnya konsumen yg mengganti ruginya

  • 30 Januari 2021 - (23:58 WIB)
    Permalink

    XL saya yg sudah saya pake hampir 6 thn akhirnya saya buang.
    Sama… isi 25k ga pernah pake…ga ada sebulan tau² pulsa habis… cek aplikasi myXL ternyata terpotong internet… padahal mobile data mati, connect via wifi.
    Tanya ke Maya percuma.. malah ga bisa jawab yg bener.. bilang kalo ga pake saya harus set ke 2G.. halah.. hp saya 2 sim.. Kartu si merah ga pernah motong² tuh..

    So… ga akan pake XL lagi… krn sedot pulsa ini udah ga bener… kayak nyuri.

  • 31 Januari 2021 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Sama persis sering banget pulsa habis gak jelas,,,,
    Tapi tks sudah ada solusi merubah jaringan ke 2-3G semoga bisa membantu

  • 31 Januari 2021 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Karna skr ad medsos jadi jarang make kartu. . Jadi gw nonaktifin kartu xl nya di setting kecuali klo udh ad paket baru aktif

  • 2 Februari 2021 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Biasanya wifi juga ada kendala gagal koneksi pd saat hp kita sedang internetan, nah…mungkin pd saat gagal koneksi itulah biasanya hp secara otomatis menggantikan ke model data. Maka penting memutuskan jaringan data pd hp kita sebelum kita menggunakan wifi.

  • 8 Februari 2021 - (04:31 WIB)
    Permalink

    Nah untuk potongan kartu XL ini juga saya masih mengalaminya hingga detik ini (kartu masih saya pakai) padahal saya tak pernah pakai apalagi mengaktifkan data internet menggunakan kartu XL saya tapi selalu muncul notifikasi seperti diatas, saya bingung sebetulnya ada apa dengan XL. Yang parah iaya saat pertama kali beli kartunya ini, saya masukkan ke hape trus registrasi data diri dan setelah selesai saya cabut kartunya, lalu saya isi pulsa 100rb via Gomobile (karena saya kebetulan sedang beli hape baru tapi hape belum sampai, sebab saya pakai 2 hape dan tak mau campur karena saya punya 2 email aktif) selang 2 hari pas hape baru saya sampai lalu saya pasang ke hape baru, lalu saya tethering hotspot dengan hape saya……berniat download aplikasi XL supaya saya bisa beli paket didalam aplikasinya (karena pilihannya lebih beragam) eh tiba-tiba pulsa saya sudah hilang 40rb 🙄 saya telpon ke XL center nya dan jawabannya ngga jelas, katanya walaupun ngga di aktifkan tetap aja dia akan membaca signal internet dan itu akan membuat kartu terbaca sehingga terjadi pemotongan pulsa karena saya tidak membeli paket dan bla bla bla……..

    Berulangkali terjadi seperti itu bikin saya kapok isi pulsa banyak-banyak di karu XL saya, dan hal tersebut masih terjadi hingga saya tulis komentar saya ini, padahal signal sudah membaik, ada peningkatan kualitas tapi yah itu tadi, pulsa bisa terpotong sendiri.

    Dan saya selalu di tanya via SMS mengenai kesan saya pakai XL, saya bingung sendiri ngga tau harus kasih penilaian apa…….nilai 1 sampai 10.

    Ada apa dengan XL? 🤔

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Pulsa XL Saya Selalu Terpotong Padahal Tidak Pernah Internetan

oleh Kokom dibaca dalam: 1 menit
21