Gimmick Klaim Garansi Sabbat Official dan Sulitnya Akses Protes Terhadap CS karena Keluhan secara Online

Dengan adanya surat pembaca ini, ada dua hal yang perlu diketahui yaitu:

  1. Penyelesaian ‘terpaksa’ selesai dikarenakan desakan secara implisit yang diberikan seller kepada saya sebagai konsumen.
  2. Masih dalam negosiasi penyelesaian yang sesuai.

Kronologi:

Sebelum terjadinya kejadian ini, saya membeli sebuah produk dari official store Sabbat Official di e-commerce Tokopedia, dengan harapan mudahnya klaim garansi apabila terjadi sesuatu pada produk tanpa kesalahan konsumen. Produk yang saya beli yaitu sebuah earphone TWS Sabbat X12 Ultra Warna Advanced Stone seharga Rp599.000 pada tanggal 15 September 2020 *TANPA PROMO PADA WAKTU ITU* dengan garansi 6 bulan. Namun, seller memberitahu bahwa warna barang yang saya pesan kosong dan menyarankan untuk mengganti pilihan warna yaitu Dream Stone (terdapat lampiran chat).

Setelah barang sampai dan dicoba, barang tersebut tidak memiliki kendala dan masih baru. Lalu saya menyelesaikan pembelian dengan klik selesai pada aplikasi Tokopedia untuk meneruskan uang pembayaran ke seller.

Setelah kurang lebih 3 bulan, sekitar bulan November-Desember saya merasa kalau earphone saya tidak balance suaranya, yaitu ketika dites dengan beberapa metode:

  1. Tes mendengarkan sendiri dengan lagu yang memiliki detail dan cek EQ low, mid, high yang ada, kemudian membandingkannya dengan earphone/headphone lain yang normal (yang dipakai perbandingan yaitu headphone monitor AKG K52 dan earphone KZ ZSN).
  2. Play video tester stereo left-right dengan volume maksimal dan merekamnya secara stereo dengan mic condenser dan monitoring gain menggunakan DAW FL Studio.

Dari 2 pengetesan itu konsumen yakin bahwa produk yang saya pakai bermasalah dikarenakan ada perbedaan signifikan antara earphone kiri dengan kanan. Namun saya tidak sempat untuk klaim garansi dikarenakan kondisi yang sibuk dengan perkuliahan yang saya lalui. Akhirnya, saya mengurungkan niat untuk klaim garansi dikarenakan saya masih memiliki waktu kurang lebih 4 bulan untuk bisa klaim garansi.

Kemudian pada hari Selasa, tanggal 26 Januari 2021 akhirnya saya berniat untuk klaim garansi dengan memberikan bukti invoice dan kendala yang saya alami. Kemudian, CS memberikan syarat dan ketentuan yang kemudian saya sendiri sedikit janggal dikarenakan kurang lengkapnya apa yang akan saya dapatkan untuk garansi yang mereka berikan.

Akan tetapi, saya tetap berusaha mengikuti prosedur yang diberikan oleh pihak seller dengan mengirimkan barang tersebut ke QC Team Seller atas nama Ryan di daerah Jakarta Timur (kondisi saya berada di Kota Solo tempat kuliah saya) pada tanggal 26 Januari menggunakan kurir. Kemudian, CS memberitahu bahwa proses pemeriksaan yang dilakukan membutuhkan waktu 3-5 hari kerja pihak seller yaitu Senin – Jumat pukul 10.00 – 16.00.

Setelah dikirim saya cek bahwa barang yang saya keluhkan telah sampai ke seller pada hari Kamis, tanggal 28 Januari 2021 (bukti terlampir).

Kecewanya saya, ketika seller baru menanyakan permasalahan saya sejak kapan pada hari ketujuh setelah barang sampai. Padahal dalam syarat dan ketentuannya seller memberitahu bahwa lamanya proses pemeriksaan dan servis produk adalah 3-5 hari kerja setelah barang diterima.

Kemudian kagetnya saya, bahwa barang yang saya keluhkan tidak bermasalah menurut seller. Namun, saya tetap menolak dan yakin bahwa produk yang saya miliki bermasalah. Hal pahit yang saya terima ketika mereka menawarkan refund hanya sebesar 70% dikarenakan barang tersebut sudah terpakai 4 bulan. Padahal jaminan ketentuan garansinya adalah selama 6 bulan.

Ketika saya protes, seller seolah-olah memberikan pilihan yang memaksa yaitu dengan opsi refund tersebut sebesar 70% dari invoice pembelian atau barang dikembalikan (yang mana saya sendiri sudah merasa bahwa barang tersebut tidak berguna).

Pendapat saya sendiri soal refund 70% dari seller, saya menganggap hal ini saya sama saja menjual barang bekas kepada seller dengan nilai barang yang tidak memuaskan. Alhasil sampai tulisan ini dipublikasikan saya merasa sangat dirugikan dengan kebijakan seller dengan garansi yang diberikan, ternyata cukup merugikan saya sendiri sebagai konsumen.

Untuk itu, saya membuat surat pembaca ini agar konsumen lain ketika membeli barang yang notabenenya adalah barang yang tidak begitu komersil resmi di Indonesia, agar teliti kembali melihat rekam jejak dari pihak seller dan ketentuan garansi yang diberikan.

Bukti riwayat chat dengan CS Sabbat Official (PT Urban Sintesa Internasional):

 

Ikhsan Abdillah Prasetyo
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sabbat Official Store:
[Total:17    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Sabbat Official Store?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Gimmick Klaim Garansi Sabbat Official dan Sulitnya Akses Protes Terhad…

oleh Ikhsan dibaca dalam: 3 menit
0