Kecewa dengan BCA karena Sangat Lambatnya Penanganan Masalah Aplikasi Welma

Kepada Yth. Pimpinan BCA,

Saya mempercayakan obligasi dan reksadana saya di BCA karena menurut saya memiliki pelayanan yang baik dan tanggap serta teknologi yang baik. Akan tetapi ketika saya mendaftarkan investasi saya di aplikasi Welma, saya mendapatkan masalah dan ditangani dengan lambat dan terkesan tidak profesional.

Saat ini saya memiliki dua rekening BCA yaitu Tahapan dengan nomor 206***3049 serta Xpresi 206***1968. Saya mendaftar Welma pada tanggal 30 Januari 2021 untuk keperluan membeli Obligasi. Saat saya mendaftar yang muncul hanya rekening Xpresi (1968) ,sedangkan saya ingin menggunakan rekening Tahapan (3049) dan Xpresinya ditutup saja. Saya sudah melakukan prosedur dengan menghubungkan akun saya menggunakan kartu debit tahapan, akan tetapi yang muncul tetap saja hanya rekening Xpresi.

Saya kemudian menghubungi HaloBCA dan staf Halobca membutuhkan waktu sekitar 40 menit lebih untuk memeriksa permasalahan saya. Dan pada akhirnya hanya menyuruh saya datang langsung ke Cabang BCA terdekat untuk konfirmasi permasalahan.

Kemudian pada tanggal 4 Februari 2021 saya mendatangi cabang BCA Gudang Peluru, Jakarta Selatan. Saya mendatangi CS dan mengonfirmasi terdapat kesalahan teknis pada aplikasi Welma sehingga butuh penanganan lebih lanjut di bagian IT dan jangan melakukan penutupan terlebih dahulu rekening Xpresi. Saya dijanjikan sudah selesai permasalahan pada hari itu juga.

Kemudian hingga keesokan harinya, rekening di Welma tidak kunjung muncul. Saya kemudian melakukan panggilan ke HaloBCA untuk follow up masalah saya. Setelah melakukan pengecekan yang cukup lama 30 menit lebih, staf menjelaskan bahwa rekening saya sudah terkoneksi ke BCA ID. Akan tetapi saya cek tetap hanya satu rekening di aplikasi welma, saya disuruh mencoba berkala aplikasi welma. Kemudian saya menghubungi Halo BCA untuk ketiga kalinya dan malah saya disuruh kembali ke cabang untuk konfirmasi kembali.

Saya mencoba menghubungi CS HaloBCA di Twitter, akan tetapi mereka hanya menjawab hal yang normatif seperti install ulang aplikasi dan koneksi ulang kartu debit. Saya sudah komplain berulang kali di twitter hingga tidak dijawab lagi oleh staf HaloBCA di Twitter.

Saya kemudian menghubungi staf CS Cabang BCA Gudang Peluru, dan disuruh menunggu kembali karena mereka sedang mem-follow up kembali permasalahan saya. Akan tetapi hingga tanggal 13 Februari 2021 belum ada perubahan pada aplikasi Welma saya.

Saya kecewa dengan penanangan permasalahan customer service BCA karena kurangnya product knowledge terkait welma dan lambatnya penanganan permasalahan HaloBCA dan juga cabang, terutama staf Twitter yang sudah berhari-hari tidak menjawab DM saya. Setahu saya biasanya CS BCA sangan cepat dan baik dalam melayani masalah. Semoga BCA dapat memperbaiki kualitas customer service baik melalui media telepon, media sosial, maupun tatap muka melalui cabang.

Demikian surat pembaca ini saya tulis untuk memberikan kritik membangun bagi BCA dan saya mohon agar permasalahan saya cepat dapat ditangani.

Terima kasih.

Tito Nugroho
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:7    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Tito Nugroho

Menanggapi keluhan Bapak Tito Nugroho melalui Surat Pembaca di Media Konsumen tanggal 14 Februari 2021 dengan judul “Kecewa dengan BCA...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Kecewa dengan BCA karena Sangat Lambatnya Penanganan Masalah Aplikasi Welma

  • 15 Februari 2021 - (02:33 WIB)
    Permalink

    Terkesan sangat memaksakan kehendak. Kmu nggak tahu dengan yang namanya sistim. iKalau hanya rekening Expresi yang bisa diterima berarti itu saja. Ngapain memaksakan tahapan. Itu berarti sistim hanya bisa nembaca rekening expresi. Sedangkan tahapan tidak. Itu berarti ada syarat dan ketentuan yang berlaku dalam aturan BCA Ingat sistim itu sudah di seting dan didesain sedemikian rupa. Ada yang bisa masuk dalam sistim ada pula yang tidak. Jangan memaksakan kehendak. Yang bikin pusing orang BCA

    • 15 Februari 2021 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Sistemnya dibuat agar semua rekening nasabah miliki dapat muncul di welma. Bahkan BCA sendiri yang konfirmasi bahwa memang terjadi kesalahan teknis.
      Xpresi memiliki limit transaksi yang beda dengan tahapan. Keperluan transaksi saya saat ini yang sesuai dengan tahapan, oleh karena itu saya membutuhkan tahapan dan ingin menutup xpresi. Saya bukannya memaksa, jika xpresi bisa diupgrade ke tahapan pun juga saya tidak akan buat rekening tahapan baru.
      Terima kasih atas tanggapan anda 🙂

  • 20 Februari 2021 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang sama tentang Welma. Komplen ke CS di kantor cabang tdk membuahkan hasil krn di lempar ke call center. Ngomong dengan orang call center hampir 1.5jam juga hanya mendapat janji akan dihubungi.
    Memang ada yang menghubungi, tetapi tdk menyelesaikan masalah.
    Alhasil saya delete aplikasi tersebut dan pakai aplikasi lain untuk kebutuhan investasi saya. bye bye BCA!

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan BCA karena Sangat Lambatnya Penanganan Masalah Aplikasi …

oleh Tito Nugroho dibaca dalam: 2 min
3