Ketidakpastian Perbaikan ODP IndiHome

Yth. Telkom Indonesia,

Saya pelanggan IndiHome dengan nomor layanan: 143390101737. Pada awal bulan Januari 2021, tepat tanggal 4 dini hari, saat itu hujan deras angin kencang, lalu tiba-tiba IndiHome saya mengalami gangguan. Saya melakukan pengecekan secara mandiri dan saya mendapati redaman fiber optic saya sudah menyentuh -30dbm dari yang sebelumnya -18dbm. Kemudian saya membuat laporan dengan nomor tiket gangguan saat itu IN86552021, teknisi datang dan kembali normal.

Lalu pada malam harinya kembali redaman fiber optic meloncat ke -30dbm bahkan sampai -32dbm. Saat hujan lampu PON berkedip tidak mendapatkan IP Address, koneksi pun mati. Lalu saya buat laporan lagi melalui DM Twitter IndiHome dengan nomor tiket IN87223804.

Saat yang ditunggu, akhirnya teknisi datang ke rumah untuk cek jaringan. Ok, redaman sedikit turun di angka -24dbm . Teknisi bilang “Kendala ada di ODP yang rusak nanti akan diperbaiki oleh tim dari Purwokerto” kata teknisi.

Lalu pada tanggal 14 Januari 2021 koneksi kembali terkendala. Saya lapor lagi via aplikasi myIndiHome dengan nomor tiket gangguan IN87781352. Nah ini saya sudah pasrah, teknisi bilang ODP masih belum di-repair dan masih berpotensi gangguan lagi.

Lalu teknisi datang lagi untuk melakukan perbaikan redaman FO,  hasilnya lumayan bisa bertahan sampai saat tulisan ini dibuat tanggal 18 Februari. Namun saya mengalami gangguan lagi dan lagi. Redaman naik turun, setiap malam hari lampu PON sering berkedip dan sering tidak ada akses internet.

Sampai saat tulisan ini dibuat belum ada perubahan dan perbaikan dari sisi ODP, karena 1 ODP ini hanya berisi 3 pelanggan dan semuanya terdampak. Jadi jelas ini dari sisi ODP yang bermasalah. Artinya sudah dari tanggal 4 Januari 2021 sampai saat tulisan ini dibuat 18 Februari 2021 masih belum ada perbaikan dari pihak Telkom terhadap ODP SDJ-FP/006 yang katanya rusak ini.

Posisi saat ini ODP sudah sangat tidak stabil, redaman selalu naik pada malam hari dan normal pada siang hari. Saya mohon bantuan terhadap pihak terkait untuk segera ditindaklanjuti problem yang saya alami ini. Saya sudah lapor berkali-kali tapi tidak juga ada solusi. Saya tidak tahu lagi harus bagaimana. Lokasi ODP -7.502551, 108.749665

Dimas Adi Kristiawan
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Ketidakpastian Perbaikan ODP IndiHome

oleh Dimas Adi Kristiawan dibaca dalam: 1 menit
0