Ulah Karyawan Mo Clean Shoes Laundry Merusak Sepatu, Customer Komplain, Chat Malah Diblok

Terima kasih untuk Media Konsumen telah menerbitkan surat pembaca saya.

Pada tanggal 27 Jan 2021, saya mencuci 2 Sepatu saya ke MoClean – Artha Gading. Seharusnya 1 minggu sudah selesai. Pada tanggal 8 feb, saya mulai curiga, belum ada yang menghubungi saya prihal sepatu yang saya cuci tersebut. Karena ini bukan kali pertama saya mencuci barang saya di MoClean -Artha Gading.

Padahal biasa sebelum 1 minggu, kalau sudah selesai langsung dihubungi melalui wa untuk pengambilan lalu ada chat bahwa mereka ada musibah. Akhirnya saya dateng ke toko untuk mengambil sepatu. Dan ternyata hasilnya sepatu saya Nike Air Max 270 Summer Gradient logonya luntur dan dibagian ujung ada kerobekan yang cukup mengganggu.

Sebelumnya Pegawai MoClean juga memberi info “Kebetulan kita habis kena musibah Ka., harus pergantian Karyawan dadakan, jadi data dan sebagiainya harus dicocokan kembali,, nanti aku jelaskan jika kaka sudah ke store ya Ka”

Akhrinya karyawan MoClean menyuruh saya menghubungi Pak So**** (owner) lalu saya hubungi owner. Katanya dia akan bertanggung jawab. Saya hanya menegaskan mau seperti sediakala, seperti sebelum di laundry, karena terus terang saya kecewa hasilnya, bukan membersihkan malah menjadi merusak. Akhirnya mereka memberikan solusi untuk repaint. Dan Saya hanya menegaskan kembali, bahwa saya mau posisi seperti sepatu semula sebelum mereka rusak.

Pada tanggal 14 Feb, mereka mengabari telah selesai di-repaint, dan begitu lihat saya kaget luat biasa melihat hasilnya jadi makin semakin jelek. Sepatu saya logonya seperti logo abal-abal terlihat mereka tidak professional dalam menangani repaint, akhirnya saya chat owner dan terakhir owner bilang mau ganti dengan barang yang sama.

Tanggal 17 Feb Pak So**** chat saya, dia bilang mau ganti 400ribu. Sontak saya langsung telepon beliau, karena sebelumnya Pak So**** mau ganti dengan barang yang sama. Yang ada malah Pak So**** berdalih bilang dia ga merusak fungsi sepatu (ya iyalah sepatu tetap sepatu, dikira sepatu 30.000, fungsinya beda dengan sepatu yang harga pulihan juta??! Karena beliau sempat menyombongkan pernah menangani sepatu 35jt gak ada masalah).

Dan dengan mudah juga dia bilang “ini resiko kalau dicuci” Bro, apa ada surat pernyataan kalau resiko ini ditanggung customer?? Apa customer diberi info mengenai resiko tersebut??! Kalau kalian beritahu, OTOMATIS sayapun ogah cuci sendal jepit saya disitu bro!!! Buka di mall koq cara dagangnya begitu. hahaha, dan yang jadi masalah disini adalah logo sepatu saya yang kelunturan dan ada kerobekan.

Setelah berdebat ditelepon nomor saya diBLOCK!!!. Akhirnya saya coba WA menggunakan nomor lain. Karena kalo saya telepon, Pak So**** sangat jauh dari kata bertanggung jawab dan professional terakhir telepon malah mau ajak ketemu, ribut kalau berani hahaha. Kalau tidak mau terima complain mending jangan buka usaha bro!!! Dan lagi-lagi saat saya mau minta pertanggungjawaban nomor saya langsung diblock LAGI.

Lalu tanggal 11 Maret kemarin saya datang lagi ke MoClean janjian dengan Pak So****. Tiba-tiba dia bilang hanya mau ganti 85rb saja dan saya benar-benar kecewa dan merasa dipermainakan. Akhirnya dia telepon partnernya, mereka bilang tuntut aja silahkan, mau pos dimana saja silahkan mereka gak pusing.

For your information fungsi repaint adalah memperbaiki menjadi lebih baik. Saya mempercayakan untuk membuatnya mendekati asli bukan menjauhi asli, bukan ngomong fungsi dari spatu itu hilang atau berkurang, berbicaralah seperti orang berpengetahuan di bidangnya. Sepatu bakiak sama sepatu yang kalian bilang pernah cuci 35 juta, fungsinya juga sama bro!! Tapi customer beli mahal karena suka dengan stylenya bukan fungsi, sampai situ paham gak?!

Hanny Ocotra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Ulah Karyawan Mo Clean Shoes Laundry Merusak Sepatu, Customer Komplain, Chat Malah Diblok

  • 20 Maret 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Wah ga bener si itu mereka menantang banget
    Mereka tau ga akan dibawa ke hukum karna aparat kita ga akan ngurus masalah yg dianggap kecil kaya gitu

    Saran saya mending dikasi pelajaran kaya gini udah bener jangan sampe mereka mendapatkan korban baru
    Sebarkan mengenai pelayanan mereka yg kaga bener
    Logikanya cuma nanganin sepatu 2,4 juta aja ga becus gimana mau nanganin sepatu 35 juta
    Paling juga bakal ga tanggung jawab kaya sekarang

    36
    5
      • 22 Maret 2021 - (10:12 WIB)
        Permalink

        Halo mungkin saja saya bisa membantu jika anda percaya, kebetulan sebelumnya saya sering mendapatkan semua permasalahan pada sepatu dan kita bantu menyelesaikannnya dengan konsultasi yang baik dengan customer, mungkin jika berkenan bisa cek hasil pengerjaan kami di instagram dengan username @resikwash

        1
        6
    • 21 Maret 2021 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Ibarat anda titipkan anak di childcare lalu saat djemput pulang, alisnya tercukur bersih hilang semua, lalu saat anda marah, anak anda digambari alis pakai spidol. Alasannya resiko dititipkan toh tidak mengurangi fungsi anak anda. Gimana?

      17
      3
    • 21 Maret 2021 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Kalo semua cuci sendiri tuh karyawan ga bisa dapet kerjaaan dan makan
      Semua bisnis itu ada etika walau ga ada aturan tertulis

      Etika yg bener kalo ga bisa nyelesain masalah ya dateng ke customer minta maaf baik baik bukan customer yg ngejar ngejar minta ganti
      Hal sederhana gitu aja ga bisa diterapkan ya jangan harap tuh bisnis nya akan maju

      Sekali lagi pake logika nanganin sepatu 2,4 juta aja ga becus gimana mau nanganin sepatu mahal kalo ada masalah

      12
      4
  • 21 Maret 2021 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Hahaah
    Emang sepatu makin lama makin bagus?
    Emang sepatu kalau di cuci akan spt baru beli lagi?
    Wkwkwk namanya juga di cuci kak yah luntur dikit lah ini itu lah kan memang spt resikonya.
    Bagian laundry juga salah sih karna cara mereka menangani masalah tidak profesional.
    Udahlah, lain kali cuci sepatu sendiri. Wkwkk

    6
    41
  • 21 Maret 2021 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Laundrinya cuci pake mesin cuci. Digiling2 ? Pantesan rusak. Hmmm… terlihat spatunya murahan jga kok. Bukan 35 juta Mudah luntur dan sobek…Nggak usah bayar

    6
    30
    • 21 Maret 2021 - (17:07 WIB)
      Permalink

      kocak km min otak..mana ada penulis bilang sepatu di 35 jt. goblok mmg gratis tapi jgn lo borong abis semua..

      3
      3
    • 22 Maret 2021 - (08:11 WIB)
      Permalink

      ownernya malah nantang ya sdh tantang aja lg.biar tau rasa seharusnya dia bijak dgn kata2nya…
      kl sy punya sepatu apalagi mehong begono akan sy cuci sendiri,menjauhkan resiko lbh baik

      2
      2
  • 21 Maret 2021 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Kadang heran sama org seperti ini.. buat sepatu aja rela keluarin uang segitu banyak??? duhh.. rakyat kere seperti saya gak sanggup buat mikirnya???

    Lain kali lebih aman cuci sendiri aja

    6
    15
  • 21 Maret 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Yang ga pernah nyuci di londry mending ga usah komen wkwk karna ga bakal masuk di fikiran lo korban jelasin dgn cara apapun tetep aja salah

    7
    3
  • 21 Maret 2021 - (18:07 WIB)
    Permalink

    seharusnya pihak laundry mengganti barang yang rusak. Fungsi sepatu memang masih tetap sama, tapi estetik keindahan sepatunya hilang karena penanganan cara kerja yang tidak profesional. Sesimple itu saja, rusak ganti hilang ganti, anda sebagai owner punya karyawan dan pasti tahu siapa yang memegang sepatu tersebut, ambil jalan tengahnya, potong gaji karyawan tersebut untuk mengganti sepatu customer kalau anda saja maintance customer seperti itu tidak usah buka bisnis yang beresiko atas pelayanan, tidak baik dan sangat tidak bertanggung jawab. Orang bayar lebih mahal untuk mencuci sepatu ditempat anda, ya anda beri service yang sepadan terhadap biaya yang dikeluarkan. Ga mungkin juga kan sepatu harga 35.000 dilaundry ditempat anda, seharusnya anda juga memahami resiko kerusakan yang pasti akan terjadi dan harusnya sudah anda pikirkan sebelumnya…

    13
    4
    • 21 Maret 2021 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Betul mas dimana mana kalo buka bisnis di bidang jasa ya harus siap menghadapi resiko kena komplain customer
      Dan disitulah diuji bagaimana cara mereka menangani komplainan
      Kalo dengan kabur kaburan dan ga tanggung jawab ya tuh bisnis ga akan tahan lama

      6
      3
      • 21 Maret 2021 - (20:34 WIB)
        Permalink

        Harusnya Karyawan laundry itu nyeting mesin cucinya pakaian lembut bukan buat nyuci jeans makanya bisa luntur tuh sepatu ?

        2
        2

 Apa Komentar Anda mengenai Mo Clean?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Ulah Karyawan Mo Clean Shoes Laundry Merusak Sepatu, Customer Komplain…

oleh Ferdinal dibaca dalam: 2 menit
26