Kesalahan Pelunasan Kredit Mobil yang Berjalan Kurang Lebih 10 Tahun di BCA Finance

Saya adalah nasabah BCA yang sedang mengalami masalah dengan BCA Finance, dengan nomor kontrak: 9400377470001.

Pada bulan Januari 2021 kemarin, saya dan istri berencana membeli mobil baru, setelah menjual mobil lama kami. Semuanya beres sampai dengan penjualan mobil lama, tapi begitu kami mau memproses mobil baru, tiba-tiba kami dikabari bahwa ada tunggakan yang belum diselesaikan di BCA Finance sejak 10 tahun yang lalu, yang mengakibatkan SLIK online saya bad record.

Akibatnya, proses pembelian mobil baru jadi tertunda. Jujur kami sangat kaget sekali karena bagaimana bisa ada berita tunggakan sejak 10 tahun yang lalu, dan tidak diinformasikan ke kita sama sekali. Yang lebih heran lagi, BPKB sudah ada di tangan kita dan untuk itu kita bisa menjual mobil yang lama. Dengan adanya BPKB di tangan kita, itu artinya semua proses pembayaran sudah dinyatakan tidak bermasalah.

Beberapa kali saya sudah coba selesaikan dengan BCA Finance di Pondok Indah, karena kontak BCA Finance ini terkenal susah sekali, hanya ada lewat email address yang bisa dibalas sebulan kemudian. HaloBCA pun sudah beberapa kali kita coba kontak, tapi tidak terlalu membantu dengan alasan karena BCA Finance itu beda contact number-nya.

Kami sudah merasa dirugikan secara material dan non-material. Mengurusi hal seperti ini yang nyata-nyatanya ada kesalahan input dari BCA Finance yang menyebabkan pembelian mobil kami jadi tertunda, tidak adanya transportasi pribadi, dan energi dan emosi juga terkuras.

Respon BCA Finance dalam hal ini bisa dibilang sangat lambat. Kami hanya meminta ada surat pernyataan yang menyatakan dan menjelaskan kenapa ada data tunggakan sejak 10 tahun yang lalu, dan hal ini tidak ada informasi sama sekali ke pihak kami?

Kami sudah berusaha mengikuti prosedur yang ada. Lewat email, menyertakan SLIK online pribadi, dll, tapi tetap saja untuk minta surat pernyataan dan kejelasan data tersebut, tidak bisa diberikan oleh BCA Finance.

Update yang terakhir (setelah dioper kesana kemari) hanyalah customer service dari BCA Finance bernama Pak Aziz (sekitar tanggal 18 Maret) yang memberitahu bahwa kasus ini sedang dalam proses oleh BCA Finance dan nanti ketika kita minta SLIK online di pertengahan bulan April, credit score saya sudah berubah menjadi angka 1. Tanpa menjelaskan lagi, itu data tunggakan gara-gara apa. Seolah-olah seperti quick-fix dan ada yang ditutupi. Maka dari itu, yang saya minta adalah surat pernyataan atau kejelasan kepada kami, karena masalah ini berhubungan dengan nama baik saya dan keluarga saya dan juga surat ini akan diperlukan apabila dalam 2 tahun ke depan saya perlu melakukan proses kredit dan saya masih mendapatkan masalah karena ada angka 5 yang masih tercatat.

Total waktu untuk menunggu respon dari BCA Finance dari satu update ke update berikutnya bisa memakan waktu sekitar sebulan lebih. Dan kami sudah urus issue ini sejak dari bulan Februari. Bahkan untuk segala bukti termasuk voice record hasil pembicaraan dengan staf BCA Finance pun sudah kami simpan.

Dear BCA Finance, apakah proses pembelian mobil saja yang dimudahkan dan cepat, tapi begitu urus masalah dengan nasabah, respon sangat lambat? Proses penanganan juga terkesan sangat berbelit dan tidak efisien. Kami mohon respon yang secepatnya.

Azarya Lawalata
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BCA Finance:
[Total:42    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Kesalahan Pelunasan Kredit Mobil yang Berjalan Kurang Lebih 10 Tahun di BCA Finance

  • 8 April 2021 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah, itilau bisnis di indonesia. Mungkin regulasinya perlu dirubah, dipermudah dan perlu aturan yg tegas.

  • 9 April 2021 - (03:03 WIB)
    Permalink

    Sebisa mungkin jangan pernah menggunakan BCA Finance lagi pak, saya juga sudah kapok sekapok2nya dengan finance ini, after salesnya jelek.

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Finance?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Pelunasan Kredit Mobil yang Berjalan Kurang Lebih 10 Tahun d…

oleh Azarya Lawalata dibaca dalam: 2 min
4