Kecewa, Dipermainkan oleh Desk Collection Home Credit

Saya nasabah Home Credit dengan nomor kontrak: 4000297546, dikecewakan oleh kinerja desk collection Home Credit yang tidak memuaskan. Bahkan bisa dibilang tidak profesional dan tidak memberikan solusi, sebatas hanya melakukan penagihan tanpa ada komitmen untuk memfasilitasi nasabah dalam menjalankan kewajiban pembayaran.

Pada bulan Februari 2021 saya berinisiatif untuk melakukan pelunasan tagihan saya di Home Credit. Setelah mendapat telepon dari desk collection Home Credit, saya menanyakan nominal pelunasan. Akan tetapi tidak ada info sama sekali mengenai itikad baik saya.

Dijelaskan bahwa desk collection Home Credit tidak bisa memberikan informasi apapun terkait pelunasan, karena tugasnya hanya menagih nasabah untuk melakukan pembayaran. Saya disarankan untuk melakukan pembayaran sesuai bulan berjalan, agar selanjutnya dihubungkan ke divisi terkait untuk info pelunasan.

Setelah saya melakukan pembayaran, tidak ada satu pun desk collection atau divisi yang terkait dari Home Credit  menghubungi saya untuk masalah pelunasan. Saya coba telepon ke nomor desk collection tsb untuk info pelunasan juga tidak ada hasil. Alasannya desk collection Home Credit tidak dapat tersambung ke divisi pelunasan.

Kemudian saya berinisiatif menghunbungi layanan pelanggan, tapi tidak tersambung ke operator, mentok hanya di operator mesin. Selanjutnya mengirim pesan WA ke customer care Home Credit juga sama sekali tidak ada yang merespon.

Bulan Maret 2021, saya kembali mendapat telepon dari desk collection Home Credit menagih pembayaran rutin tagihan tsb. Saya jelaskan mengenai rencana pelunasan, tapi masih tidak ada tanggapan apapun dari petugas Home Credit. Masih dengan alasan yang sama dengan bulan sebelumnya, saya harus membayarkan tagihan di bulan tersebut untuk selanjutnya dihubungkan ke divisi terkait untuk info pelunasan.

Karena di bulan Februari 2021 itikad baik saya untuk pelunasan tidak ditanggapi, saya tunda pembayaran tsb sebelum ada info mengenai kepastian pelunasan. Saya berinisiatif untuk mengirim email ke Home Credit. Namun tidak ada beda dengan desk collection, saya tetap diminta pembayaran bulan berjalan untuk prosedur pelunasan dan mengisi data untuk syarat pelunasan.

Akhirnya saya melakukan pembayaran dan mengisi data tsb untuk syarat pelunasan. Benar saja, setelah saya melakukan pembayaran, tidak ada follow up dari Home Credit mengenai rencana pelunasan tsb!!

Bulan April 2021, kembali saya ditelepon oleh desk collection Home Credit. Saya jelaskan kembali rencana pelunasan tsb dan masih saja dengan alasan yang sama, alasan “klasik”, desk collection tsb meminta dibayarkan sesuai tagihan bulan berjalan, nanti akan dihubungi untuk syarat-syarat pelunasan.

Berdasarkan kejadian di 2 bulan sebelumnya, jujur saya sudah tidak percaya dengan apa yang disampaikan oleh desk collection Home Credit. Saya sampaikan, silahkan hubungi saya kembali jika sudah ada kepastian mengenai syarat-syarat dan nominal pembayaran.

Setiap hari masih tidak ada kejelasan, tidak ada perkembangan apapun dari Home Credit mengenai itikad baik saya untuk melunasi kewajiban saya. Saya merasa terganggu kerena desk collection Home Credit sudah tidak wajar dalam melakukan penagihan, antara 15x sampai 20x peneleponan setiap hari. Setiap kali saya angkat telepon, saya harus jelaskan kembali dari awal kepada setiap desk collection Home Credit yang menghubungi saya, tanpa ad solusi.

Desk collection Home Credit tsb juga tidak mengerti mengenai etiket dalam bekerja, karena di atas pukul 8 malam (yang harusnya waktu untuk beristirahat) saya masih saja ditelepon oleh desk collection Home Credit.

Kekecewaan saya semakin bertambah karena adik kandung saya sebagai “emergency contact” juga tidak luput dari penagihan. Ditelepon oleh desk collection Home Credit yang meminta adik saya untuk membayarkan tagihan tsb. Perlu diketahui “emergency contact” bukanlah debitur, jadi tidak ada alasan apapun dari desk collection Home Credit untuk menagih tagihan tsb kepada “emergency contact“.

Mohon pihak Home Credit untuk bisa lebih profesional, tidak hanya mementingkan uang dari nasabah (meskipun itu bagian dari tanggung jawab nasabah), tetapi juga memperhatikan itikad baik dan bisa memberikan solusi keinginan nasabah.

Maykel Rifki Dwi Kurniawan
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:81    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Maykel Rifki Dwi Kurniawan

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Maykel di MediaKonsumen.com pada 26 April 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Kecewa, Dipermainkan oleh Desk Collection Home Credit

    • 27 April 2021 - (11:10 WIB)
      Permalink

      Jadi nasabah Home kridik pikir 100 kali…perusahan Mmg terdaftar di OJK …Krn ada nama di OJK mrk begitu ngampang bikin aturan sepihak tanpa memikir keluh resah konsumen…TDK ada belas kasihan.sosial.pertimbanga. klw nagih utang jam 8 PG sampai jam 8 MLM sampai abs baterai hp di hub…klw di komentar di media sosial mereka bilang..mohon maaf dengan pelayanan kami ….ini perlu di lapor ke OJK

    • 27 April 2021 - (04:27 WIB)
      Permalink

      Home kredit emang begitu om, pelunasan lebih awal sangat tidak di sarankan, Makanya di cuekin. Mending bayar sesuai waktu aja. Biar administrasi di database Home kredit tidak bermasalah di kemudian hari. Karena banyak kasus pelunasan di home kredit, tapi database belum di reset. Jadi walopun sudah lunas , masih juga di tagih.

  • 27 April 2021 - (02:33 WIB)
    Permalink

    Kalo cara kerja homecredit seperti ini…waduh..selanjutnya saya gak berani lagi berhubungan dengan homecredit..nasabah punya kemampuan melunasin cicilan kok malah di cuekin…

  • 27 April 2021 - (05:07 WIB)
    Permalink

    Saran saya blok dulu aja panggilan dari mereka dan tunggu debt collectornya datang. Jangan takut dengan DC lapangan, mereka lebih kooperatif dan bisa menghapuskan denda serta bisa menghitung nominal pelunasan dan memberikan solusinya selama kita juga ramah dengan mereka. Kalau DC telepon itu rata_rata agen penagihan bukan under HCI langsung setau saya CMIIW

  • 27 April 2021 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Padahal waktu penawaran marketing mereka selalu bilang jangan khawatir bpk karena kalo mau pelunasan lebih awal hanya bayar pokok saja plus admin 150rb….

  • 27 April 2021 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Iya , tunggu saja sampai collection lapangan datang ke rumah. Mereka lebih kooperatif dibandingkan dengan desk collection .

  • 27 April 2021 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Waspadai berbagai aksi dan modus penipuan !!!
    Biar aman g di telpon ni terus sama home credit saya sarankan pakai app TRUECALLER ….aman nomer² yg ganggu/penipu pasti terblock dgn sendirinya.
    Silahkan di coba…anda pasti puas.
    Salam senasib he⁴??

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kecewa, Dipermainkan oleh Desk Collection Home Credit

oleh Maykel Kurniawan dibaca dalam: 2 menit
10