Jebakan Paket Bundling Indosat Ooredoo dan Mi Store

Dear Indosat Ooredoo & Mi Store PIM,

Tahun lalu sekitar September 2019 saya membeli HP baru di gerai Xiaomi PIM. Saya hanya berniat membeli HP. Namun saat membayar, saya lihat di layar kasir harga berbeda dengan yang tercantum di display. Sales memberi info ke saya, harga berbeda karena saya membayar dengan credit card.

Saat HP diberikan kepada saya, saya diberi nomor Indosat Oredoo tanpa penjelasan apapun. Saat saya memeriksa bon, baru saya tahu bahwa nomor Indosat Oredoo itu tidak gratis, alias bayar Rp399.000.

Bon

Sekarang, 12 Mei 2021, tiba-tiba saya dikirimi surat tagihan oleh debt collector Perkasa Abadi Perdana selaku perwakilan Indosat Oredoo, sebesar Rp417.926.

Surat Debt Collector

Saya konfirmasi ke CS Indosat, dijelaskan bahwa dipakai atau tidak nomor tersebut, billing tetap berjalan dan untuk melakukan penutupan saya harus membayar tagihan tersebut. Tentu saja saya enggan untuk membayar. Cukup sekali saya ditipu untuk membayar Rp399.000, karena sedari awal saya hanya berniat untuk membeli HP.

Saya sama sekali tidak puas akan layanan Indosat Ooredoo dan Mi Store yang notabene perusahaan terkenal. Syarat dan ketentuan seharusnya dijelaskan secara rinci dari awal saat sales dengan tipu daya memberikan nomor tersebut kepada saya.

1. Surat Debt Collector
Surat Debt Collector

Saya menulis surat pembaca ini bukan tanpa riset. Faktanya, banyak orang juga yang terjebak dengan “promo” bundling tipu-tipu seperti saya. Jika ini terus berlanjut bukan hanya pihak customer yang akan dirugikan. Namun, kepercayaan customer terhadap nama Indosat Ooredoo dan Mi Store lama kelamaan akan semakin tidak dipercaya lagi.

Seharusnya jika benar-benar berniat memberi promo dijelaskan dengan baik syarat dan ketentuannya. Tidak semua orang paham akan sistem Indosat tersebut dan itu kewajiban bagi Indosat maupun Mi Store sebagai penjual untuk menjelaskan cara kerja sistem dari awal. Jika seperti ini orang hanya akan berpikir bahwa Indosat & Mi Store adalah penipu, bukannya memberi untung, malah meraup uang konsumen. Sekarang karena Indosat dan Mi Store, saya dibuat tertekan karena tiba-tiba saya ditagih oleh debt collector dan harus membayar segera.

Apakah begini cara kalian berjualan? Adalah kewajiban penjual untuk menjelaskan kepada pembeli secara rinci tanpa harus ditanya. Jangan malah menyalahkan pembeli yang tidak bertanya dengan rinci. Jangan merugikan orang lain. Eloklah dalam mencari rejeki!

Dengan adanya tulisan ini, saya sangat berharap ada penyelesaian yang baik dari pihak Indosat. Semoga tulisan saya ini dapat menjadi pengingat untuk para pengguna/pembeli maupun calon pengguna/calon pembeli, agar lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam promo serupa.

Eka Rukmini
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo Bundling Indosat:
[Total:23    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Indosat Ooredoo untuk Ibu Eka Rukmini

Dengan Hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Ibu Eka Rukmini, seperti yang dimuat di mediakonsumen.com tanggal 14 Mei 2021...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Jebakan Paket Bundling Indosat Ooredoo dan Mi Store

  • 14 Mei 2021 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Semoga kasus nya cepat terselesaikan, dan terimakasih sudah berbagi pengalaman. Untuk yang mau beli hp baru, jangan mau dibundling dengan kartu perdana apalagi yang pascabayar, kecuali kalau memang mau menggunakannya.

    5
    1
    • 14 Mei 2021 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Terima kasih. Sudah dihubungi oleh pihak Indosat. Semoga ada solusi terbaik 🙂

      2
      1
    • 15 Mei 2021 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Update 15 Mei 2021
      mbak Ayu dari Indosat sudah mengkonfirmasi bahwa tagihan saya telah dihapuskan, tagihan tidak akan dikirim lagi dan debt collector tidak akan menghubungi saya lagi.
      Terima kasih Indosat sudah direspon dan diproses dengan cepat.
      Terima kasih Media Konsumen atas bantuannya.

  • 14 Mei 2021 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Saya rasa yang beginian bukan hanya di MI Store. Beli handphone apapun sekarang mereka menawarkan simcard dengan data murah katanya bla-bla. Tolak saja karena ga harus ambil bundling juga.

    Saya beli handphone di Sams*ng di kotaknya sudah ada simcard juga ga saya sentuh.

    • 14 Mei 2021 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Kenapa engga komplain pas dikasih struk kalo memang ada yang janggal, udah setahun lebih baru post dimedia konsumen.

      • 14 Mei 2021 - (20:45 WIB)
        Permalink

        Saya sudah complaint langsung mas saat terima struk, struk diterima oleh pembeli setelah proses pembayaran. Tapi transaksi tetap tidak bisa dibatalkan. Ya saya coba ikhlas 399rb. Inipun saya jadikan pelajaran agar ke depan lebih teliti dlm membeli. Saya pribadi anggap case closed. Tapi 11 mei 2021 saya dikirimi surat dari debt collector makanya saya ajukan keberatan. Terima kasih.

        • 14 Mei 2021 - (21:31 WIB)
          Permalink

          Saya bulan kemarin juga ditawari gitu. Tambah sekian kak dapet paket kuota setahun. Saya ga mau untungnya wkwk.

          • 14 Mei 2021 - (21:39 WIB)
            Permalink

            Saya justru oleh sales tidak ditawari promo apa2. Saat saya mau byr di kasir saya lihat harga berbeda, kalau kasir dan sales info saya “oh harga berbeda karena ini bundling indosat” saya tdk akan beli. Saat saya tanya knp harga berbeda, kasir dan sales jawabnya sama “oh kakak bayar pakai credit card jadi harga berbeda dgn display”

  • 14 Mei 2021 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Datangi saja tokonya, sapa tau karyawan kasir yg dulu masih ada. Minta tanggung jawab kl perlu tuntut ke jalur hukum.

    • 15 Mei 2021 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Sebelum ke media konsumen saya sudah coba mas. Tapi jawabannya sama seperti setahun lalu saat saya complaint mengenai nomor 399rb yg harus saya bayar tanpa sepengetahuan saya. “Kesalahan ada di saya sebagai pembeli yang tidak bertanya dengan rinci”

      Melalui media konsumen lebih cepat direspon daripada kita tlp CS.

      Terima kasih.

  • 25 Mei 2021 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama dengan anda. Saya bahkan sudah ke gerai indosat dan mengirim via email atas keluhan saya dengan tagihan bundling indosat yang saya anggap sebagai tagihan siluman. Tetapi sama sekali tidak ada tanggapan atas keluhan saya. Bukankah Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
    Haruskah saya juga menulis di mediakonsumen.com agar keluhan saya bisa ditinjak lanjutin oleh pihak indosat?

    • 25 Mei 2021 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Saran saya, lebih baik disampaikan melalui media konsumen, lebih cepat ditanggapi. Saya tlp ke CS, ke gerai Indosat, ke Mi Store tidak ada solusi. Semoga masalahnya bisa diselesaikan dengan baik. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Bundling Indosat?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Jebakan Paket Bundling Indosat Ooredoo dan Mi Store

oleh eka dibaca dalam: 2 min
13