Super Sulitnya Mendapatkan Kenaikan Limit Kartu Kredit BCA

Saya pemegang kartu kredit BCA sudah 1 tahun lebih. Pertama kali mengajukan hanya diberikan BCA Card dan Mastercard. Setelah disetujui dan pemakaian sudah berjalan, disertai pembayaran yang selalu tepat waktu, saya mencoba untuk mengajukan limit serta kartu baru jenis Krisflyer.

Dengan asumsi pemakaian berjalan dan pembayaran selalu tepat waktu, maka saya berharap permintaan tsb dapat disetujui. Saya mengajukan kenaikan kredit limit mulai dari 18 April 2020 sampai detik kemarin 03 Juni 2021 melalui HaloBCA, tapi hasilnya selalu ditolak.

Sering saya coba menanyakan kenapa ditolak dan diberikan jawaban yang kurang detail, yakni hanya kebijakan dari analis. Mengapa begitu sulitnya mengajukan kenaikan limit BCA? Saya bukan berlatar belakang perbankan, tapi bila salah satu klien dilihat dari track record-nya bagus, biasanya akan diberikan satu kemudahan.

Saya tidak pernah menunggak, tidak pernah bayar dengan minimum payment, tapi kok bisa seperti ini ya?! Asumsi saya, pemakaian kartu kredit saya sangat aktif dan tidak pernah ada masalah di pembayaran. Sudah 1 tahun lebih dan puncaknya sampai kemarin pengajuan via HaloBCA dan mendapati isi email yang sama, DITOLAK. Akhirnya saya putuskan untuk buat surat terbuka di sini.

Terima kasih.

Rabbani
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BCA:
[Total:23    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Rabbani

Menanggapi keluhan Bapak Rabbani di Media Konsumen tanggal 5 Juni 2021 dengan judul “Super Sulitnya Mendapatkan Kenaikan Limit Kartu Kredit...
Baca Selengkapnya

Loading...

44 komentar untuk “Super Sulitnya Mendapatkan Kenaikan Limit Kartu Kredit BCA

  • 5 Juni 2021 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Memang kalau untuk pembayaran rutin dan semacam nya belum jadi jaminan juga sih mungkin mereka punya penilaian sendiri karena ada yang lebih dari 2 tahun limit tetap sama tidak naik

  • 5 Juni 2021 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Menurut saya mungkin karena sekarang masih masa Pandemi. Banyak pengguna kartu kredit yang bermasalah pada pembayaran karena terkena imbas Pandemi. Dulu dengan status kredit lancar, kenaikan limit otomatis by sistem (bank lain sih)
    Sekarang saya rasa semua bank akan sangat ketat dalam hal ini, memberikan pembatasan pendanaan karena mereka juga menjaga cash flow perusahaan, dan mencegah bertambahnya kasus penunggakan pembayaran, karena sekarang saja sudah banyak yang menunggak.
    Bersyukurlah masih diberikan kesempatan penalangan dana belanja anda, nggak usah nambah lagi. Takutnya mempersulit anda di kemudian hari. Sesuaikan dana belanja anda di masa sulit seperti ini. Sementara orang lain berupaya keras melunasi tunggakan lalu akan menutup kartu kreditnya.
    Salam sukses

    6
    1
  • 5 Juni 2021 - (19:02 WIB)
    Permalink

    ditutup saja kartunya. cari bank lain yang royal kasih limit..

    tapi ini BCA loh .. pasti sayang mau ditutup

    • 6 Juni 2021 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Disetujuin atau tidak itu tergantung Si Analis, seharusnya kalo emang pemakain bagus , Minta dinaikin Limit ya dikasih ,

  • 5 Juni 2021 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Koq saya gampang sekali yah? Mungkin bagi pihak analis anda belum pantas mendapatkan kenaikan limit dan SQ-BCA.

    Utk sementara, nikmati saja yang ada. Kalau tidak yah tutup saja.

    • 5 Juni 2021 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Setau saya pengajuan kenaikan limit bca itu 6 bln sekali. Baru ada kesempatan dikabulkan. Ngajuin tiap minggu sih bisa, tapi rijek terus pastinya. Kalo gak puas kan tinggal gunting saja, gak usah ngemis ngemis 😂😂

    • 6 Juni 2021 - (00:41 WIB)
      Permalink

      Nikmati saja limit yg ada. Saya juga gak mikir limit, yang penting tiap bulan lunas. Nanti orang BCA nya capek sendiri maka di naikan deh limit nya

  • 5 Juni 2021 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Lalu maksud posting ini apa ya ? Arahnya kemana saya gak paham .
    Kalau buat anda gampang naik limit ya syukur berarti tidak ada masalah dengan anda.

    Trims,

    • 5 Juni 2021 - (21:06 WIB)
      Permalink

      maksudnya anda belum memenuhi syarat untuk kenaikan limit berdasarkan pertimbangan analis BCA. keputusan analis adalah mutlak jadi mau komplain bagaimanapun percuma. begitu kira-kira maksudnya

      • 5 Juni 2021 - (23:58 WIB)
        Permalink

        Dia bilang kalau dia mudah naik limit.
        Itu yang dipertanyakan hehehehe

        Ini dari tim bca kah ? Agresif sekali sepertinya 🙂

          • 6 Juni 2021 - (16:03 WIB)
            Permalink

            Wkwkwkwk. Comment of the day nih.

          • 6 Juni 2021 - (16:44 WIB)
            Permalink

            Comment of the Day

          • 6 Juni 2021 - (17:07 WIB)
            Permalink

            Akhirnya muncul juga jurus ini dari tim si A, B, C. 🤣

  • 5 Juni 2021 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Bca emang paling susah naik limitnya kecuali saldo anda gendut. Besarnya transaksi dan pembayaran lancar tetap ga dilihat. Asal saldo anda gendut walau jarang pake jg bakal dinaikkan trs. Itu terjadi sblm pandemi ke bbrp org yg saya kenal. Saya sendiri udah 7 thn ga naik2 pdhal transaksi sy hampir 3 digit tiap bln (tp saldo cuman dikit karena uang mutar) dan tdk pernah sekalipun byr minimum atau kurang selalu byr full. Minta naik 10 jt aja ga dikasih selama 7 thn itu, kecuali limit sementara lgs dikasih naik tambahan 40 lg itupun 1 thn ini dah g pernah dikasi lg walau sementara. Jd lupakan saja kecuali saldo anda emang byk.. Mending niaga aja anda pupuk dr kecil, saya selalu naik maximal tiap thn.. Dr miles jg paling bagus kan jauh drpd bca (tanpa pny tabungan, hanya diliat dr pemakaian dan lancar pembayaran).. Meninggalkan jauh sekali dr limit bca sy

    • 5 Juni 2021 - (23:59 WIB)
      Permalink

      Siap terima kasih infonya, mudah mudahan segera ada tanggapan dari pihak terkait .

      Trims,

  • 6 Juni 2021 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Sama bro saya sudah beberapa kali minta naik limit selalu reject. Pembayaran saya selalu lancar kualitas kredit juga lancar tidak pernah bemasalah. Kalau dibilang jumlah saldo bukan sok pamer ya bro…sy diatas 2 digit lho itupun ga approve. Dulu waktu kerja kantoran apply bank m*ga dan c*t*bank malah dapat cuma sayang ane tutup karena ga gitu pakai. Tanya kenapa??? wkakak

  • 6 Juni 2021 - (02:12 WIB)
    Permalink

    Sekarang ngeluh kepengen minta di naikan limit, nanti kalau sudah di naikan dan tersedak tidak bisa bayar ngeluh minta keringanan utang..

  • 6 Juni 2021 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pribadi saya uda hampir 5taun pemakaian cc bca aja,cm di naik 100% dr limit awal tp itu di naikkin bertahap 2x..jdi 50% dan 50%…menurut saya cc bca promo tidak terlalu menarik lg,ga kayak dulu banyak diskon jd ga perlu limit besar,yang penting cukup punya aja..buat jaga2 ada promo..hehe
    Dari sekian banyak cc yg saya punya menurut saya yg paling oke cc bri,cimb,sama bni…mgkin bs jd rekomendasi pengajuan cc baru buat pendamping cc anda saat ini…hahaha

    • 6 Juni 2021 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Wow 5 tahun sungguh lama sekali, iya opsi saya itu juga sih tadinya saya rek hanya gunakan bca jadi biar tidak ribet saya ajukan hanya ke bca.

      Betul , kawan saya ada di beberapa bank lain mereka loyal sekali .
      Hanya saja tadinya saya biar punya hanya bca saja .

      Terima kasih infonya, mudah mudahan segera ada info dari pihak terkait.

  • 6 Juni 2021 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Kalau kenaikan limit belum di setujui padahal pembayaran lancar dan alasannya kebijakan tim analis kemungkinan besar kenaikan limit yang di ajuukan melebihi pendapatan bulanan atau/dan anda punya cicilan di tempat lain sehingga pihak bank mengasumsikan kenaikan limit bisa muncul resiko galob tulob dan bikin macet. Tentu bank g mau menghabiskan waktu dan sumber daya buat hal itu, yang di lolosin aja kadang ada aja yang macet kan.

    Tapi untuk anda yang merasa bayar dengan tepat waktu memang pasti kecewa sekali, tapi memang tidak cukup hanya karena anda punya pertimbangan matang meminta kenaikan limit dengan segala resikonya kenaikan bisa di setujui.

    Saran pertama selesaikan kewajiban pembayaran di tempat lain, atau menaikan penghasilan Anda tapi harus bisa terdaftar, atau bisa di lihat tim analis perbankan

    • 6 Juni 2021 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Limit saya Jauh dibawah pemasukan, ideb / slik saya semua 1.0 dan kebetulan hanya bca saja.
      Tidak ada kredit tempat lain.

      Terima kasih infonya ya, mudah mudahan segera ada tanggapan dari pihak terkait.
      Trims,

  • 6 Juni 2021 - (09:01 WIB)
    Permalink

    pak Rabbani…kawan kita, sy jg nasabah bca, sy bkn org bank jg. berbagi trik dan tips ya….

    Masa PANDEMI bca konsisten ke sy sihh 16 mei 2020 minta naik 80% dari aplikasi bca mobil dinaikkan hnya 20 % trs bru 4 bln kmudian sy telpn cs ngajukan naik 50% di naikkan 25% pd 18 Okt 2020 dan 2 maret 2021 ngajukan limit ke cs 80% dinaikkan 30%,
    Limit sy ajukan permanen ternyata bisa kok tdk ngaruh PANDEMI covid19 asal nasabah tsb BI ceking nya 1.0 (lancar) di semua lembaga lain yg terekam OJK SLIK, nyatanya masa covid bs naik 4 kali sy tuhh, memang klu ngajukan lewat bca mobile hrs minimal sdh 6 bln ttp klu lewat cs minimal sdh 4 bln, pngajuan nya.

    Semua sifatnya pngajuan di tangan analis lah yg mutusin, sblm approval bnyk tresing dulu bgmn sifat dan karakternya nasabah dan cara pke kartunya.
    Tisp nya :
    1. pke kartu kredit bca maksimal 30-50% dari limitnya jgn lebih klu mo bagus bnyk transaksi di urusan traveling dianggap nasabah mapan bkn miskin
    2. selalu byr full payment jgn sesekali minimum payment raport jelek
    3. jgn sekali kali Tarik tunai di ATM ambil uang Cash dianggap org miskin ga pnya tabungan
    4. jgn ada cicilan yg lebih dari 12 bln, jgn tergiur 18 bln atw 24 bln itu nunjukin klu org susah atw miskin
    5. byr tepat waktu sblm tggl jatuh tempo real time klu bank lain atw ecomoercial 4 hr lah sblm jatuh tempo. tp bca lebih suka byr dari rek bca sendiri bkn bca org lain atw rek bank lain ataw pnya orang lain kliatan org punya. bkn byr pke rek org lain dikira pinjam org
    6. saat mau naikin limit bca pastikan slik ojk aman angsuran mobil/ motor/ rumah dll di lembaga lain yg terekam ojk klu ada yg masalah di lain tempat analis tahu dari OJK
    7. sblm naikin limit 3 hr sblmnya taruh uang di rek bca nya pinjam dana lain atw uang segar masukkan minimal ada saldo 25 jt ataw minimal 30 jt syukur syukur 50 jt ke atas. dana segar atw Dana baru di ambil lg nti klu sdh approval persetujuan naik tdk nya hnya 3 hr sj kok
    8. naikin limit bs ke Cs atw bca mobile dan dokumen apapun pengajuan nya
    9. proses hnya 2-3 hr kerja sdh ada sms atw email bless notifikasi bca tdk pernah lambat info. pngalaman saya disetujui atw tdk nya hnya 2-3 hr kerja sj utk limit permanen klu limit temporer hnya butuh 10 mnit sdh putusan approval .
    10. Bca tutup pintu kpd nasabah yg megap megap paham kan. megap itu di lembaga lain kliatan dari OJK

    Jd menurut sy bca sgt konsisten, sy nasabah bca sjk 2017 kartu kreditnya dan sy rajin naikin limit dan alhmd naik trs, pernah naikin temporer 1 kali limit naik 100% dlm 10 mnit, klu naikin limit permanen bca pelit tdk bs 100% tp 20 %, 25%,30%,40% sgt jarang yg 50% apa lg 100% kcuali di rek bca nya saldo diatas 500 jt an bisa krn sy pernah ikutin saran teman yg kebetulan kerjanya jg analis kredit dibank lain.

    BCA nilai sy sgt sgt konsisten naikin limit kartu kredit, asal nasabah tahu trik nya sj Semoga br mnfaat

    2
    1
    • 6 Juni 2021 - (11:06 WIB)
      Permalink

      1. Pemakaian saya 80% rata rata
      2. Dari awal selalu full payment
      3. Tdk pernah gestun
      4. Cicilan selama kartu ada hanya 2x seingat saya 6bln dan 3bln dan sudah beres semua semenjak itu saya selalu tanpa cicilan
      5. Pembayaran rata rata Pertengahan tgl cetak dan jatuh tempo (which is itu sebelum jatuh tempo)
      6. Ideb / slik saya 1.0 semua, dan kebetulan hanya ada bca saja tidak ada pinjaman / kredit lain
      7. Ini saya belum coba, hanya mutasian rek bagus sih dan memang tdk pernah saya endapin besar karena diputerin terus
      8. Saya selalu via halo bca, hanya 1x pertama pengajuan apa yang ke 2 . Saya pernah coba liat m-bca
      9. Belum pernah di approved
      10. Nah mungkin ini problemnya ? Saya pengajuan agak besar soalnya data awal di bca itu saya mahasiswa (ini jauh sekali soalnya dan sedikit kaget juga setelah tau ini)
      makannya pas pertama terima kartu limit gak besar, dan sudah saya perbaiki data tsb datang ke cabang 3-5 bulan kebelakang
      (Sudah saya cek di ideb bulan april / mei data sudah terupdate)

      Anw, terima kasih banyak sharing infonya pak.
      Mudah mudahan segera ada tanggapan dari pihak terkait.

      Trims,

  • 6 Juni 2021 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Rata2 pemakaian CC anda berapa % dari total limit anda? (lihat melalui tagihan anda di bagian *informasi kartu kredit*).

    Kalau pemakaian rata2 masih < 60% dari total limit anda ya wajar saja kalau masih ditolak.

    Karena memang tidak mudah untuk naik limit (apalagi limit tetap) CC BCA

    • 6 Juni 2021 - (11:22 WIB)
      Permalink

      Saya baru tau ternyata hanya 30% dihitung rata rata oleh bca .

      Kenapa ya ? Padahal dari jumlah limit itu saya pakai 80% apalagi bulan lalu, itu saya pake 2x
      Memang beberapa hari kedepan saya bayar lunas langsung dan gesek lagi baru saya bayar kemarin lusa tgl 4 juni
      (sebelum tgl cetak: hari kemarin 5 juni )
      **dan itu nominalnya 80% dari limit

      saya kena biaya materai karena dalam cycle bulan lalu ke bulan ini itu transaksi saya lewat dari limit.
      gak kena over limit soalnya,
      ex :
      **tgl cetak 5 juni

      1. saya gesek mei tgl 4 80% dari limit, dan saya bayar kurang lebih tgl 20 mei
      2. saya gesek tgl 31 mei 80%an dari limit, dan saya bayar tgl 4 juni

      Tagihan saya sekarang hanya biaya materai.

      perhitungan penggunaan kartu oleh bca itu gimana ya ? Kok saya jadi makin bingung .

      • 6 Juni 2021 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Hitungan rata2 nya dihitung dari pertama kali anda memiliki kartu kredit tsb (Dihitung rata2nya mulai dari tagihan pertama anda sampai tagihan terbaru skrg).

        Perhitungan tsb tidak perlu dipusingkan, karena by system. Perbanyak transaksi CC BCA anda sampai sekirany >50% baru anda coba ajukan kenaikan limit.

        Tapi yang paling penting, gunakan kartu kredit sesuai pengeluaran. Jangan sampai menggunakan u/ pembelian konsumtif yang ujung2nya jadi tunggakan

        • 6 Juni 2021 - (15:46 WIB)
          Permalink

          Maaf saya ralat, perhitungan rata2 dapat dilihat melalui Informasi Kartu Kredit yang telah saya sampaikan, disitu tertera *Mulai dari kapan* perhitungan rata2 penggunaan anda dihitung

          • 6 Juni 2021 - (20:40 WIB)
            Permalink

            Contoh limit 10jt , itu saya selalu pake diatas 7.5jt .

            jadi betul kan ya diatas 70% harusnya ?

            tapi kok saya punya hanya 30%nan ? Apa karena saya selalu bayar sebelum tanggal cetak ? Karena sering saya bayar sebelum tanggal cetak , tapi 2-3 bulan terakhir sih saya bayar dipertengahan tanggal cetak dan tempo.

            Trims,

          • 6 Juni 2021 - (23:09 WIB)
            Permalink

            Betul yang anda bilang diatas 70% (kalau konteks nya hanya dari tagihan 1 atau 2 bulan sebelumnya & anda menggunakannya 7jt di kedua 2 bulan tsb), tetapi perlu anda lihat dimulai dari kapan perhitungan rata2 kartu anda.

            Misalnya mulai dari April 2021. (Limit 10jt)
            Tagihan April 5jt, Tagihan Mei 7jt, Tagihan Juni 5jt
            Rata2 dihitung ( 5jt + 7jt+ 5jt ) * 10 / 3
            Krg lebih rata2 pemakaian 56%.

            Bayar sebelum tanggal cetak tidak masalah, karena tetap tertera total pengeluarannya nanti ditagihan.

            Untuk perhitungan rata2 pemakaian tidak perlu dipermasalahkan, karena sudah by system dan tidak akan salah. Jadi ya tinggal anda perbanyak saja transaksi dgn cc BCA

  • 6 Juni 2021 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Apakah transaksi anda rutin menggunakan CC BCA? Apakah saldo anda di BCA mumpuni dan rutin melakukan transaksi via BCA? Saya aja udah 6 tahun saya tutup. Mending Mandiri/BNI/Bukopin/DBS yang memperhatikan konsumennya. Kalau BCA jgn berharap Bro hahahhah

    • 6 Juni 2021 - (20:44 WIB)
      Permalink

      Rutin sih ya pak tiap bulan bahkan sesuai info diatas saya bulan kemarin transaksi 2x limit .

      Masalah saldo endapan saya gak gitu banyak karena waktu itu sempat saya tanya apa saldo berpengaruh jawabannya tidak .
      Saya juga sempat tanya perihal dana lock / sejenisnya itu sudah tidak ada.

      Dari situ saya ya normal saja transaksi tidak sengaja saya endapin besar dsb.

      Iya sih tapi saya masih penasaran dengan bca karena saya rekenning bca tadinya biar gak usah banyak kartu dan rek saja.

      Mudah mudahan segera dapet info dari pihak terkait, trims.

  • 6 Juni 2021 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Lama2 jd media curhat. Harusnya kalau mau curhat beginian di forum khusus yg bahas tentang cc seperti kaskus. Grup fb dll. Kalau saya ya. Limit di kasih ga sesuai ya tggl tutup. Bank yg punya uang. Suka2 dia mau kasih donk. Kalau mau sesuai limit yg kamu minta .saya sarankan pake lock dana.

    • 6 Juni 2021 - (20:38 WIB)
      Permalink

      curhat gimana ? forum kaskus gimana ?
      Disini kan ada approval admin, tidak sembarang artikel di publish .
      baca TC mediakonsumen kan ?

      tidak bisa lock dana. Saya sudah coba ke card center bandung.

      Dan FYI disini tidak ada cendol, jadi kalau komentar gak mutu ya buat apa juga 🙂

      • 7 Juni 2021 - (22:15 WIB)
        Permalink

        ” tidak bisa lock dana. Saya sudah coba ke card center bandung.

        Dan FYI disini tidak ada cendol, jadi kalau komentar gak mutu ya buat apa juga 🙂”

        Keknya penulis maennya kurang jauh, masa di Bandung nggak ada cendol sih? Boong banget! Coba sekali-kali keluar dan cari cendol elizabeth, sumpah itu enak pisan lho! wkwkwkwkwk

  • 9 Juni 2021 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Limit CC anda berapa saat ini gan?
    Seingat saya limit 20jt baru bisa upgrade ke SQ gan
    Saya pernah soalnya dan berhasil..
    Setelah itu rajin2 pake SQ nya biar dapet poin miles nya gan hahaha, hampir 90% pemakaian langsung minta up limit permanen dan di setujui kok, mudah gan, sehari langsung naik.

    Ntah deh kalau kasus agan ya, semoga membantuu

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Super Sulitnya Mendapatkan Kenaikan Limit Kartu Kredit BCA

oleh Rabbani dibaca dalam: 1 min
44