Penutupan Kartu Kredit BRI Tertunda Padahal Tidak Setuju Bayar Annual Fee

Saya pemilik kartu Kredit BRI Mastercard Gold 5188 56** **** 6806, sempat menghubungi call center BRI dan meminta penutupan kartu kredit karena tidak setuju untuk membayar annual fee. Namun setelah dicek pihak BRI memiliki ketentuan penghapusan annual fee yang memungkinkan saya tidak menggunakan kartu tersebut.

Kemudian saya ajukan untuk penghapusan, tetapi ditolak karena sudah tercetak billing, kemudian saya menanyakan ketentuan untuk menghindari annual fee, pihak call center pun tidak bisa menjelaskan. Jujur saya agak bingung kenapa bank tidak dapat menjelaskan ketentuan jika nasabah ingin melakukan penutupan kartu kredit dengan mudah jika tidak berkenan untuk menggunakan layanannya kembali dan nasabah malah dipersulit dan dirugikan dengan membayar annual fee yang seharusnya digunakan untuk tahun berikutnya.

Biasanya nasabah yang menolak membayar annual fee tsb seharusnya memiliki wewenang untuk tidak menggunakan fasilitas tsb, tapi dalam kasus ini saya merasa saya yang dirugikan dengan menggunakan fasilitas bank saya yang harus siap rugi dalam posisi seperti ini.

Saat ini saya ingin kartu saya ditutup tanpa harus membayar annual fee tersebut. Saya hanya berharap pihak bank dapat memediasi kasus ini.

Richard Pangalila
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Penutupan Kartu Kredit BRI Tertunda Padahal Tidak Setuju Bayar Annual Fee

  • 12 Juni 2021 - (19:23 WIB)
    Permalink

    menurut sy bnyk yg mas ini awam per kartu kredit an deh,
    1. kartu kredit bs ada krn apa? pngajuan atw otomatis diberikan oleh bank, klu pngajuan berarti sdh jls persetujuan diri utk pnya kartu kredit.
    2.klu pnya krtu kredit atas tawaran lngsung dari sales, berarti jg butuhkan konfirmasi berarti. mas sendiri setuju pnya krtu kredit
    3. otomatis datang tanpa dikonfirmasi biasanya nasabah bri yg payroll gajinya atw pnya deposito di bri cukup besar 100 jt ke atas atw rek tabungan diatas 100 jt dan slik ojk bersih atw skoring dapat. mk bank kadang memberikan tnpa konfirmasi
    Nah itu…. smua sdh dpt kartu datang, itu blm aktip krn yg ngatipkan diri kita nomor hp tercatat dibank saat pngajuan sbg wajib otp, dan email atw teregristrasi. klirr ada berikutnya kartu diaktipkn berarti secara hukum perdata yg tahu donk syarat dan ketentuan dan benefit nya jenis kartu tsb, denda gmn byr iuran bgmn. kan dianggap setuju. krn diaktipkn, klu mau mengktipkn tttp tdk mau kwajibn hnya maunya hak berarti kotor otak licik dan inilah org tdk paham dan tdk tahu tips dan dlm perkartu kredit an, jujur kata msih sgt kw kw diksih sj gol jenis org blm mapan scr financial dan ilmu perbankn. kcuali jenis tinggi kartunya dg limit yg tinggi. gold kartu kredit ini skrg jenis krtu terendah krn smua bank sdh tdk kluar kn jenis clasic lg atw silver mk skrg syp pun yg pnya kartu jenis gold / emas adlh kartu terendah. hmpir semua bank kcuali sdh pnya dr dulu exsisting ada kartu lama rendah clasic tsb.

    saran sy byr dulu setelah 3 hr kerja bru tutup. ataw brsysrat utk blnj sekian bru bs free dana di refund periode bln berikutnya, tetep dibyr yg sdh msuk Bill tsb bru bln depan refun uang masuk. pke bru tutup. krn sdh msuk Bill itu tagihan. dan akn terekam slik OJK smua perbankn wajib lapor ojk psling lambat tgl 12 setiap bulanya. tdk mudah ya smua sistem mk kenalan dulu dg BI ceking slik ojk. ga semudah org NEWBIE pemula kartu kredit malu maluin sj.

    sistem itu mesin ya mk hrs siap syarat dan ketentuan dan tips dan trik spy optimal pnya kartu kredit sehat dan menguntungkan, bukan jd sakit krn dijadikn krtu utang. Tks

    2
    3
    • 12 Juni 2021 - (20:31 WIB)
      Permalink

      ini si @fayakun halu ngomong apa sih? Sok iye banget! Ngakunya udah mapan secara financial tapi ngomong aja gak jelas titik komanya, udah gitu typo banyak banget. Mendingan kursus lagi gih cara nulis yg bener, atau mungkin gadget buat ngetik udah saatnya harus ganti. Hadeuuhhh!!!

      2
      2
      • 21 Juni 2021 - (02:54 WIB)
        Permalink

        Hallo hari ini saya melakukan setor tunai namun ATM nya bermasalah trus ATM sya langsung keluar namun ATM nya langsung eror tapi struk nya pun ngk keluar mohon bantuannya pihak BRI waktu 3,15, kurang lebih waktu Indonesia timur

    • 13 Juni 2021 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Bapak Richard tidak ingin membayar iuran tahunannya dan ingin menutup kartu kredit BRInya. Kartu kredit bank lain bisa langsung ditutup kok tanpa harus bayar iuran tahunannya. Entah kenapa, bank BRI tetap memaksa Bapak Richard untuk membayar iuran tahunan tersebut sebelum bisa menutup kartunya.

      • 15 Juni 2021 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Itu karena tagihan annual fee-nya sudah keburu terbit dan tercetak. Seharusnya kalau mau pengajuan untuk ditutup itu setidaknya diajukan sebulan sebelum tanggal cetak dimana annual fee terbit. Ya kalau sudah tercetak, setahu aku, bank suka ngasih syarat supaya annual bisa dihapuskan, entah belanja atau pakai poin.

        • 15 Juni 2021 - (14:21 WIB)
          Permalink

          Di bank yang lain walaupun biaya annual feenya sudah tercetak tapi jika mengajukan penutupan, biaya annual fee tersebut tidak perlu dibayar. Itulah mengapa banyak orang yang mengancam menutup kartu kredit mereka jika biaya annual feenya tidak digratiskan. Saya pernah konfirmasi hal tersebut ke bank BNI, dan memang benar jika ingin menutup kartu kredit, tagihan annual fee yang sudah tercetak tidak perlu dibayar.

          • 15 Juni 2021 - (16:30 WIB)
            Permalink

            Sepertinya sih kebijakan bank berbeda-beda, makanya aturan tsb berlaku di BNI tapi tidak dengan BRI. Dulu ancaman yang sama (menutup kartu) pernah aku lakukan juga supaya diberikan free annual fee untuk Mega dan di approve oleh Mega, tapi itu juga diberikan karena kebetulan penggunaan kartu tsb dalam 1 tahun terakhir cukup besar dan aktif. Kalau penggunaan kartu cukup pasif sih setahu aku memang bank agak sungkan untuk menghapuskan annual fee-nya. Tapi tidak tahu juga sih. Hanya penulis yang lebih tahu kendalanya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Penutupan Kartu Kredit BRI Tertunda Padahal Tidak Setuju Bayar Annual …

oleh Richard dibaca dalam: 1 min
9