Marketplace Itemku Tidak Melindungi Pembeli Saat Ada Masalah

Sebelum lanjut bisa saya infokan kalau Itemku adalah marketplace untuk pengisian voucher game/aplikasi/streaming app dll, dengan harga murah dan terjangkau. Dimana penjualnya bukan by sistem, tapi dari penjual biasa layaknya Tokopedia/Shopee dll. Untuk itu biasanya apabila produk sudah diterima dengan baik, pembeli akan melakukan konfirmasi penerimaan dan dana diteruskan ke penjual (similar with other marketplace).

Biasanya saya belanja di sini aman-aman saja, dan senang banget. Harganya relatif murah, proses cepat pula. Cuma sudah 2 kali mengalami kejadian, dimana penjual tidak mengirimkan pesanan saya secara sesuai dan tidak ada konfirmasi. Namun Itemku selaku marketplace lebih cenderung membela penjual.

Untuk kejadian pertama saya sudah lampirkan bukti lengkap dengan screenshot, tapi pihak Itemku dengan respon yang lambat dan mungkin CS berlainan hanya mengatakan pihak penjual sudah mengirimkan pesanan, tanpa mempertimbangkan apa pembeli memang sudah menerima/tidak. Sampai saya agak hard complain, tapi gak ada respon lagi hingga dana diteruskan ke penjual dan komplain ditutup. Saat itu saya kesal, tapi karena nominalnya tidak besar jadi saya bisa relakan.

Lalu hari ini terulang kembali kejadian serupa, dimana saya melakukan pengisian sebanyak 900 diamond/senilai Rp200 ribuan (pembayaran untuk game Mobile Legend). Namun sampai detik ini yang masuk hanya 70 diamond saja (senilai Rp24 ribu). Saya komplain, tapi apa yang saya terima? Pihak Itemku sangat lambat merespon pesan saya. Saat menjawab, hanya bilang penjual sudah mengirimkan pesanan, mungkin ada overload pesanan di Itemku.

Saya gak percaya, saya iseng pesan yang lebih murah, dan tara! langsung masuk diamondnya. Saya survei ke penjual lain apa ada kendala; jawabannya gak ada, aman bisa langsung pesan. Berarti ada yang aneh pihak Itemku ini tidak menyelidiki dengan benar pernyataan pembeli dan hanya bergantung pada sistem sudah dikirim oleh penjual saja.

Jujur saja kecewa banget, layanan yang harusnya mengamankan konsumen malah merugikan dan menguntungkan seller-seller penipu. Mungkin memang kesannya cuma voucher games, tapi saya juga ngumpulin uang itu untuk hobi saya. Dan kecewa sih, jujur saja.

Earvin Jeremy
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Itemku:
[Total:8    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan itemku atas Surat Pembaca Bapak Earvin Jeremy

Dengan hormat, Terima kasih atas kepercayaan Bapak Earvin Jeremy untuk terus menggunakan itemku sebagai platform untuk pembayaran digital dan kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

12 komentar untuk “Marketplace Itemku Tidak Melindungi Pembeli Saat Ada Masalah

  • 19 Juli 2021 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Para ini itemku kalo bener begini… Saya selama ini kebetulan aman krn beli dari penjual dgn liat reputasinya juga.
    Btw… di chat atas bilang… Itemku ada kirim bukti pengiriman dari penjual…. ga diupload di sini buktinya biar lebih jelas ?

    • 19 Juli 2021 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Halo kebetulan ke skip untuk ss dr penjual infonya suda kirim gitu seperti pernyataan di atas. to nyatanya ga masuk sesuai yg dibilang

        • 19 Juli 2021 - (10:35 WIB)
          Permalink

          ada . terteranya sejumlah yg sy pesan tapi yang masuk tidak sesuai dengan pesanan saya. sudah kirim ss ke pihak itemku perihal bukti yg sy terima jg tp terkesan diabaikan gitu.

  • 19 Juli 2021 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Btw, case ini udah closed ya. Dari pihak penjual setelah sy spam akhirnya mengirimkan sisa diamondnya yg belum masuk 800an sekian. cuma tetep dr pihak itemku ini tidak merespon komplain sy perihal hal ini. Sejak sy komplain hanya respon saja di awal trus menghilang mendiamkan customernya

    • 22 Juli 2021 - (03:48 WIB)
      Permalink

      jd yg bantu kelarin malah toko ny y gan ? ini sy beli barusan d toko ny ud lumayan lama si dri 2020, duh semoga aja di bales deh sama si penjual.. soal ny sy beli lumayan ini Steam 600rb. baru skali jg saya ngalamin kek gini. tulisannya vocer ud d pake hadeh

    • 20 Juli 2021 - (17:19 WIB)
      Permalink

      klo nominal kecil beli aja di codashop harganya kan gk beda jauh. klo nominal besar baru beli di reseller

  • 20 Juli 2021 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Hmm brarti mikir lg next kl belanja d itemku deh. Males bgt gw ngisi steam ratusan ribu tau2 diisi ga sesuai. Oke fix cari yg lain.

    • 22 Juli 2021 - (03:46 WIB)
      Permalink

      baru saja kejadian gan saya beli steam 600rb , tapi ternyata voucher sudah di pakai. ud lapor tim itemku sama chat penjual nya, pengen lihat cepet selesai ga y amasalh ini apa bakalan bertele tele. baru skali kjadian kek gini belanja di itemku, biasa ny lancar lancar aja.
      22 7 2021 jam 03.17 . nm toko dan no psanan ny ntr sy update kalau memang ga balik uang nya atau toko ga respon dan itemku ga follup dll

  • 20 Juli 2021 - (21:56 WIB)
    Permalink

    Ngak juga ah, malah gw merasa terbantu banget dengan adanya itemku, jadi gw bisa beli item2 dan voucher2 kayak steam dll dengan harga murah. But, memang se pandai2 nya tupai berlari pasti akan jatuh juga, maybe itu yg terjadi. Tapi, gw pikir itemku yang terbaik lah 🙂

    • 20 Juli 2021 - (22:15 WIB)
      Permalink

      yes, agree banget part itu sangat membantu, harga relatif murah, pengiriman cepat. Tapi ya itu, pelayanan dr cs nya seharusnya netral malah lbih condong kepenjual tanpa mempertimbangkan apa si pembeli benar/salah itu aja sih disayangin.

 Apa Komentar Anda mengenai Itemku?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Marketplace Itemku Tidak Melindungi Pembeli Saat Ada Masalah

oleh Earvin dibaca dalam: 1 menit
12