Bukalapak Lepas Tanggung Jawab atas ‘System Error’ dan Penjual yang Harus Menanggung Kerugian

Sudah 2 kali saya jadi korban error sistem tracking kiriman di Bukalapak dimana resi kiriman SUDAH VALID tapi dapat email bahwa resi tidak valid. Email ini diikuti ANCAMAN jika tidak diganti dalam tenggat waktu yang diberikan Bukalapak maka nomor resi / transaksi dibatalkan sistem.

Kejadian pertama dengan susah payah saya menjelaskan ke admin Bukalapak dan berhasil mencegah agar transaksi tidak batal (dana di-hold) dan itupun pembeli harus melakukan transaksi berulang. Namun di kejadian kedua ini dengan susah payah lagi saya harus menjelaskan ke admin Bukalapak bahwa resi yang kami input sudah valid dan petugas admin Bukalapak melalui email dan chat mengatakan resi tersebut valid dan kami disuruh menunggu hingga barang datang.

Ketika barang datang saya infokan lagi ke admin dan kami disuruh menunggu lagi hingga pembeli mengonfirmasi. Namun sayangnya transaksi dibatalkan oleh sistem. Akibatnya saya menanggung kerugian ongkir dan barang saya hilang tidak kembali.

Dan Bukalapak hanya menyuruh agar kami menghubungi sendiri kepada pembeli agar mau bertransaksi ulang tanpa kirim barang. Jelas Bukalapak lepas tanggung jawab akan hal ini.

 

Sugianto Catur
Surabaya, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 25/8/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:10    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Sugianto Catur

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada kami melalui kanal Media Konsumen. Bersama surat ini kami informasikan bahwa...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Bukalapak Lepas Tanggung Jawab atas ‘System Error’ dan Penjual yang Harus Menanggung Kerugian

    • 25 Agustus 2021 - (12:46 WIB)
      Permalink

      Bukalapak sering error’ sistem sangat di sayangkan produk asli Indonesia ini mulai di tinggalkan pelanggan termasuk saya yg dulu setia memakai jasa bukalapak, semoga bukalapak cepat berbenah diri dan lebih bertanggung jawab terhadap pengguna setia nya. Aamiin 🤲🤲🤲

  • 24 Agustus 2021 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Saat ini yg masih menggunakan resi manual hanya beberapa jasa kirim, wahana, pos, tiki. Dan jasa kirim ini kurang diminati saat ini krn mungkin sudah ketinggalan jaman. Wahana masih banyak yg minat meski sebulan paling 2-5 orang beli. Pos dan tiki sebulan belum tentu ada yg pakai. Lainnya rata2 sudah resi otomatis. Tp kedepannya saya yakin jasa kirim diatas jg akan menyesuaikan diri.

    • 27 Agustus 2021 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Itu sebabnya saya dari dulu males berurusan dengan bukalapak. Di saat jaya pd tahun 2015 – 2016 komplain jarang bgt ditanggapi, disaat skrg ampir ambruk baru customer service nya gercep.. dan malesnya lagi tiap buka aplikasi bukalapak di todong terus Reksa dana bikin males lah.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Bukalapak Lepas Tanggung Jawab atas ‘System Error’ dan Pen…

oleh Sugianto Catur dibaca dalam: 1 menit
4