Transaksi Tidak Dapat Diproses, Uang Tidak Keluar dari ATM BRI, Tapi Saldo di Rekening Terpotong

Pada tanggal 15 Agustus 2021, tepatnya pukul 17 30 WIB, saya beserta istri dan kedua anak saya berniat menarik uang dari ATM, untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan untuk biaya anak sekolah. Biar tidak terlalu jauh, saya menarik dana dari ATM BCA terdekat, di salah satu minimarket dan istri saya menunggu di parkiran motor.

Saya masukan tarikan saldo sebesar Rp1.250.000. Namun transaksi tidak dapat diproses. Lalu saya pindah lagi ke minimarket terdekat yang ada ATM BNI. Saya melakukan transaksi penarikan sebesar Rp1.250.000. Namun lagi-lagi transaksi tidak dapat diproses.

Akhirnya saya ke ATM BRI yang letaknya cukup lumayan jauh di Borma Taman Kopo Indah. Istri dan kedua anak saya menunggu di parkiran motor, dikarenakan kondisi sangat ramai. Di ATM BRI tersebut saya melakukan transaksi penarikan sebesar Rp2 juta. Namun lagi-lagi transaksi tidak dapat diproses. Di layar ATM ada notifikasi harus mengganti kartu dengan kartu chip.

Akhirnya saya dan istri serta anak-anak pulang dengan tangan hampa. Besoknya hari Senin tanggal 16 Agustus 2021 istri saya ke ATM BRI, berniat untuk mengambil uang tersebut. Alangkah kagetnya saat mau melakukan transaksi penarikan 2 juta rupiah, ternyata sisa saldo kurang. Setelah dicek, tinggal 1 juta rupiah. Akhirnya istri saya ambil uang tersebut dan melakukan cek. Ternyata 2 juta telah terdebit di hari sebelumnya, tanggal 15 Agustus 2021, dimana transaksi tersebut tidak dapat diproses uang tidak keluar.

Pada tanggal 16 Agustus 2021 saya melaporkan hal ini ke call center BRI dan ke media sosial IG BRI. Nomor laporan pertama: 36246343 dan harus menunggu 20 hari kerja. Setelah 4 hari, ada informasi dari pihak BRI melalui pesan SMS ke nomor istri saya (karena rekening BRI ini memang milik istri saya) yang menyatakan bahwa transaksi berjalan normal/sukses. Mungkin dalam pengertian uang keluar dari ATM tersebut.

Saya telepon call center lagi dan mereka menyarankan untuk datang ke kantor cabang terdekat. Akhirnya kira-kira pukul 11, saya beserta istri dan kedua anak saya yang masih balita datang ke kantor BRI Cabang Kopo, Bandung.

Setelah menunggu lama, akhirnya saya dan istri diterima oleh customer service yang bertugas di sana. Kami meminta untuk lakukan investigasi CCTV ATM dan meminta penjelasan kenapa uang tidak keluar tapi saldo di rekening berkurang. Setelah laporan kami diterima, customer service pun menyarankan untuk menunggu informasi berikut melalui pesan singkat.

Akhirnya dengan rasa kecewa kami pulang dan menunggu hasil tersebut. Pada tanggal 24 Agustus 2021 ada pesan singkat lagi dari pihak BRI yang menyatakan transaksi berjalan normal / sukses dengan nomer laporan yang berbeda: 36303415.

Yang jadi pertanyaan dari saya, apakah itu hasil dari investigasi CCTV ATM ? Atau hanya hasil dari aktivitas ATM seperti yang laporan pertama? Saya mencoba kontak lagi ke pihak BRI melalui social media IG dan FB. Mereka menyarankan untuk menunggu lagi dan lagi, dan menyarankan lagi untuk datang ke kantor cabang terdekat lagi.

Dengan kondisi saya saat ini, saya sangat membutuhkan uang itu. Terlebih dengan adanya kejadian ini waktu dan pikiran saya sangat terganggu. Untuk datang ke kantor cabang lagi dengan kondisi yang ramai membawa anak umur 1 tahun sangatlah riskan.

Saya harap dengan menulis ini di media ini Pihak BRI bisa memahami kondisi ini dan berharap sekali untuk benar-benar menindaklanjuti laporan yang saya lakukan di kantor cabang Kopo pada tanggal 19 Agustus 2021. Dimana bukti hasil CCTV akan terlihat jelas uang tersebut keluar atau tidak dari mesin ATM. Kalau pun keluar, kenapa di layar ATM tersebut transaksi tidak dapat diproses? Lari ke mana uang saya?

Terima kasih, cukup sekian penjelasan saya. Saya di sini sebagai suami pemilik rekening nomor: 7021010043025**, atas nama Yeti Novianti.

M. Fauzi
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:10    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Transaksi Tidak Dapat Diproses, Uang Tidak Keluar dari ATM BRI, Tapi Saldo di Rekening Terpotong

  • 28 Agustus 2021 - (13:10 WIB)
    Permalink

    BRI memang suka gitu, suka-suka semaunya dia. Contoh lain, blokir kartu ATM sepihak dengan alasan kartunya belum chip, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

    Btw kartu ATMnya udah pake chip belum pak? Soalnya di ATM pertama disuruh ganti chip, tapi di ATM kedua, transaksi berhasil. 🤔

    • 29 Agustus 2021 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Saya pernah kejadian hal serupa tp di bank cimb, kebetulan atm nya menyatu dengan bank (on prime) jd lebih cepat prosesnya dijanjikan 4 hr kerja tp hari ke 2 saldi sdh kembali..
      Ya klo bri tau sendiri lah ya,bank plat merah jd suka2 dia kpn proses laporan nasabah, mudah2an masalah bpk segera diselesaikan oleh bri

    • 29 Agustus 2021 - (21:51 WIB)
      Permalink

      Wah kejadianya hampir sm dgn sy, tarik tunai di mesin ATM di BRi pd hr sabtu, laporan transaksi berhasil mesin jg berbunyi layaknya mengeluarkan uang tp kenyataan tdk ada uang yg keluar dr mesin ATm, sy lapor di hr senin ke kntr BRi melalui cs infonya di suruh tgu klu gk salah sekitar 40 hr, mala lg butuh uang lg, tp alhamdulilahnya uang bs kembali, BRI mmg srg ngaco, urus aja mas klu mmg uang gk ada klr tar uangnya bs blk lg

  • 28 Agustus 2021 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Masih magnetic pak, makannya pak ini setelah kita pilih nominal yang akan kita ambil , setelah itu ada tulisan transaksi tidak dapat di proses silahkan datang ke kantor cabang terdekat untuk mengganti dengan kartu yang CHIP . Uang pun tidak keluar tapi saldo otomatis ter debit, harus nya sih dari awal saja block kartu atm magnetic nya, kasih pemberitahuan untuk melakukan pergantian kartu atm

  • 28 Agustus 2021 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Lebih baik juga download app mobile Banknya Pak, jadi sekalian bs memonitor keluar masuknya uang.. Lebih dini tau lebih baik,

  • 28 Agustus 2021 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kalo mau narik uang di ATM, kalo mau ambil dalam jumlah besar, sebaiknya dilakukan beberapa kali, misalnya klo mau tarik 1 juta, pertama tarik 50 ribu, klo dia keluar, lanjutkan ke 400 /300 ribu, begitu dst, karena ATM kadang2 suka ada oknum2 yang mengganjel supaya uangnya gak keluar atau yang ditakutkan ATM tersebut error mendadak, maka disarankan tariklah dalam jumlah kecil terlebih dahulu

    2
    1
    • 28 Agustus 2021 - (22:38 WIB)
      Permalink

      lebih aman lg tarik tunai lewat alfamart /indomaret atau klo bri ya di atm bri yg ada di dalam bank bri

      • 29 Agustus 2021 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Kadang di alfamart kalo mau narik dalam jumlah besar suka beralasan sedang error atau offline , mungkin ga ada duit nya

    • 29 Agustus 2021 - (11:49 WIB)
      Permalink

      Nah makanya saya meminta pembuktian dari CCTV ATM tapi sampai detik ini tidak ada kabar dari BANK BRI tercintaaa ini

      • 29 Agustus 2021 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Sekarang satu2nya jalan, coba deh lapor ke OJK, bisa via email atau lewat situs dan jgn lupa, kumpulkan semua bukti pelaporan anda ke cs BRI dan tanggapan dari BRI, buat kronologisnya dan utarakan trkait keengganan mereka memberi rekaman cctv, barangkali dengan laporan ke OJK ini bisa berhasil

        • 30 Agustus 2021 - (00:50 WIB)
          Permalink

          Akan saya coba besok , terima kasih atas saran nya, karena dengan ini saya sebagai nasabah merasa di rugikan

    • 29 Agustus 2021 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Yang di rugikan tetap Nasabah ,dan seperti nya bank ini sudah tahan banting dengan keluhan nasabah nya

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Transaksi Tidak Dapat Diproses, Uang Tidak Keluar dari ATM BRI, Tapi S…

oleh muhammad Fauzi dibaca dalam: 2 menit
16