Proses Klaim Uang Refund AliExpress di DOKU Sangatlah Sulit

Pada tanggal 27 September 2021, saya melakukan pembelian suatu produk di AliExpress dengan menggunakan metode pembayaran Indomaret sebesar Rp590.889. Pada awalnya, semuanya berjalan dengan lancar, hingga produk saya dinyatakan hilang oleh pihak logistik.

Saya mengajukan gugatan dan pihak AliExpress melakukan proses pengembalian uang saya melalui DOKU. Pihak AliExpress juga memberikan saya detail bagaimana cara melakukan klaim uangnya. Yaitu dengan cara menghubungi layanan pelanggan DOKU dengan memberikan beberapa detail seperti OrderID, nama akun AliExpress, dan refundID.

Akhirnya, pada tanggal 19 Oktober 2021. Saya menghubungi layanan pelanggan DOKU melalui email untuk melakukan klaim terhadap uang saya.

Email yang saya kirim tersebut diterima dan mendapatkan nomor tiket #141234. Lalu, saya mendapat balasan dari tim DOKU yang meminta beberapa detail data-data pendukung untuk melakukan klaim uang dari AliExpress tersebut. Detail yang diminta oleh DOKU adalah bukti pembayaran, bukti detail screenshot produk yang dipesan, bukti status refund, dan bukti screenshot member ID pada AliExpress.

Di sini titik permasalahan pun dimulai. Saya tidak dapat menyanggupi salah satu detail yang diminta oleh pihak DOKU yaitu Bukti Pembayaran (struk pembelian Indomaret) dikarenakan sudah hilang sejak satu bulan yang lalu.

Saya melakukan kontak terhadap AliExpress untuk menanyakan apakah perlu bukti pembayaran awal untuk melakukan klaim uang tersebut? AliExpress menjawab tidak. Karena hanya dengan kode ARN yang diberikan pihak AliExpress sudah bisa menjadi bukti kuat bahwa saya memang pemilik uang tersebut.

percakapan saya dengan CS Aliexpress

Hingga saat ini, saya sudah memberikan kode ARN, OrderID, Status Refund, Nama akun Aliexpress, ID Akun AliExpress, dan detail produk kepada pihak DOKU. Akan tetapi, pihak DOKU masih saja menyulitkan proses klaim uang tersebut, dikarenakan saya tidak mempunyai bukti struk pembelian awal yang seharusnya tidak diperlukan karena dengan kode ARN saja dari pihak AliExpress sudah cukup. Saya pergi ke gerai Indomaret dan menanyakan apakah bisa melakukan cetak ulang struk dan mereka bilang juga tidak bisa.

Sampai detik ini, pihak DOKU masih saja tidak dapat memenuhi permintaan klaim uang saya. Padahal sudah jelas saya adalah pemilik dana tersebut, kode ARN sudah saya beri dan bahkan email yang saya gunakan adalah email yang tertaut dengan akun AliExpress saya.

Semoga pihak DOKU dapat membaca keluhan saya ini, dikarenakan banyak sekali pelanggan yang tidak mendapat uangnya kembali hanya karena tertahan oleh pihak DOKU. Untuk itu, saya memohon kepada pihak DOKU untuk membaca surat yang saya kirim ini dan dengan segera memproses pengembalian uang saya tanpa harus dipersulit seperti ini padahal pihak AliExpress sendiri hanya menyuruh untuk memberikan kode ARN dan tidak perlu memberikan yang lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada Media Konsumen. Untuk pihak DOKU mohon segera melakukan refund uang saya pada tiket #141234. Terima kasih.

Wima Putra Mansyah
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DOKU:
[Total:7    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Proses Klaim Uang Refund AliExpress di DOKU Sangatlah Sulit

    • 22 Oktober 2021 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Saya akan tetap memantau hingga saya mendapatkan kembali uang tersebut, dan akan tetap update di laman media konsumen jika tidak kunjung selesai. Terima Kasih

  • 22 Oktober 2021 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Iyaaa repot juga y kalo belanja via aliexpress krn dr China langsung.. Repot proses klaim refund kalo ada apa2

    • 22 Oktober 2021 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Yang repot sebenarnya dari pihak DOKU. Kode ARN saja dan beberapa identitas seharusnya sudah cukup. Tapi masih berbelit-belit, ini pelajaran juga buat saya agar kalau beli di aliexpress lain kali pakai debit saja. Tapi parah juga memang DOKU ini, banyak sekali pelanggan yang terkena hal serupa seperti saya. Bahkan hingga saat ini juga tidak kembali uang nya.

      • 23 Oktober 2021 - (02:16 WIB)
        Permalink

        Dah tau bisa debit, napa pakai doku? dimana bayar nya di indomaret pula. Udah ada jalan lurus, eh nih orang malah muter muter. Akhirnya jelimet, keserimpet sendiri.

        • 23 Oktober 2021 - (06:25 WIB)
          Permalink

          Saya tidak pakai DOKU, pihak aliexpress sendiri yang memilih untuk refund uang saya ke DOKU. Dulu saya pernah pakai Indomaret, lancar dan pernah refund juga tinggal klaim pakai kode. Saya rasa selagi itu aman fine-fine aja mau melakukan pembayaran dimanapun. Cuman, kebetulan saja ini saya ketiban sial refund nya di arahin ke DOKU oleh pihak aliexpress. Jadi ini resmi bukan pilihan saya sebagai user.

          • 23 Oktober 2021 - (06:41 WIB)
            Permalink

            Saya belanja pakai kartu, pas refund langsung balik ke kartu. Gap pake doku2-an. 2-3 hari duit balik. Cepat beresnya deh.

  • 23 Oktober 2021 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Lain kali bayar lewat VA aja kak, itu juga bayarnya ke akun Doku Aliexpress kok. Ntr kalau refund juga bisa langsung ke rek situ, selalu screenshot atau foto tiap bayar ya, kan datangnya lama tuh takutnya keburu ilang struknya.
    Saran lain kalau belanja disitu selalu dipecah jadi beberapa order, jadi kalau beli disatu toko 4 barang ya dipecah jadi 2 order. Untuk meminimalisir paket nyasar, kalau 1 nyasar yang 1 nyampe gitu.. Semoga ada jalan keluar ya

    • 9 November 2021 - (05:39 WIB)
      Permalink

      Sama ja bossku.. mau bayar lewat VA ataupun debit proses refundnya ke doku jga.. emang kita sebagai user gk di kasih pilihan mau refund kmn.. soalnya saya juga baru 3 hari dpt email yg isinya dana refund akn di kembalikan ke doku padahal saya bayar lewat VA. Mau gk mau saya instal dah tuh si doku biar kembali tu dana refundny. Mana reviewnya gk da yg enak semua ..HARAP HARAP CEMAS..

  • 15 November 2021 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Kacau emang doku, refund saya dari tanggal 6 Nov hingga sekarang tak kunjung cair. Jawaban Email selalu maaf dan di validasi. Kacau manajemen dan sistem ribet.

 Apa Komentar Anda mengenai DOKU?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Proses Klaim Uang Refund AliExpress di DOKU Sangatlah Sulit

oleh Wima Putra Mansyah dibaca dalam: 2 menit
11