Tarif Tetap di Aplikasi MyBluebird Tidak Sesuai dengan Argo Bluebird

Saya ceritakan kronologi kejadiannya. Pada tanggal 25 Desember 2021 pukul 21:07, saya memesan taksi dari Grand Indonesia ke Lokasari Square dengan menggunakan aplikasi Bluebird.

Saya membuka aplikasi MyBluebird dan memilih dengan benar-benar teliti. Saya menekan menu tarif tetap dengan harga Rp36 ribu (bukan argo), untuk saudara saya pulang dari Grand Indonesia West Mall Lobby Amarta dengan nomor taksi XD6194. Pengemudi taksi tersebut di bawah ini.

Padahal awalnya saya melihat dengan benar, dalam pesanan saya itu tarifnya Rp36.000 untuk perjalanan tersebut, seperti di aplikasi taksi online. Pada saat perjalanan berlangsung, saya melihat taksi dan saudara saya sudah sampai tujuan di lokasi square.

Saudara saya bercerita kalau dia ditagih kisaran Rp60.000 pada saat sampai di tujuan. Saya lihat memang pengemudi mengubah harga tarif sebesar Rp58.900, dari yang tadinya Rp36.000, jadi tidak sesuai di aplikasi. Padahal saya yakin sudah menekan dengan benar, kalau itu harga tarif tetap. Saya curiga ada sesuatu yang tidak beres, dan saudara saya juga bilang kalau taksi Bluebird tersebut arahnya diputar-putar di daerah patung kuda, sehingga argo naik.

Saya benar-benar kecewa dengan taksi bluebird tersebut, mengenai tarif yang tidak sesuai ini. Saya komplain lewat customer service chat Bluebird, dibilang saya salah menekan. Padahal tidak mungkin saya salah memesan, karena saya yakin benar sudah memilih dengan teliti.

Jadi berhati-hatilah dengan aplikasi MyBluebird! Ada kesalahan sistem pada aplikasi pengemudi berarti, bisa saja itu di-root oleh pengemudi.

Ievan Christopher Budiono
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MyBluebird:
[Total:68    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Tarif Tetap di Aplikasi MyBluebird Tidak Sesuai dengan Argo Bluebird

Kepada Yth Redaksi Media Konsumen Di tempat Terima kasih atas informasi yang disampaikan kepada kami, Menanggapi keluhan Bapak Ievan Christopher...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Tarif Tetap di Aplikasi MyBluebird Tidak Sesuai dengan Argo Bluebird

  • 28 Desember 2021 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Emang gak ada pembayaran via kartu kredit? Kayak grab gitu. Jadi bayar dulu baru pakai.

    kalau kayak gini, entah mau percaya penulis atau bluebird jg gak tau. Bisa jadi penulis salah baca, bisa jadi applikasi lagi ada promo di akhir periode, saat selesai, periode sudah berakhir

    • 28 Desember 2021 - (16:01 WIB)
      Permalink

      lha iya, kalo pake cc biar dibawa muter2 jg kan udah dibayar yak, ngga bakal ganti tarif donk..

      • 3 Januari 2022 - (22:12 WIB)
        Permalink

        Inilah salah satu alasan saya hapus aplikasi My Bluebird dari ponsel saya, sebelum bluebird ganti argometer yang ada saat ini (langsung terhubung dgn apk gojek) sering sekali terjadi trouble krn system sdh diterima pembayaran by system tetapi di MDT pada armada tdk muncul sehingga sy sempat ribut sama driver kalau itu jika tdk salah armada pool Gandul (GDD)

        So lebih baik pakai apk gojek aja klo model bgini, toh bluebird pun cari penumpang juga via gojek kok

      • 4 Januari 2022 - (08:10 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna MyBluebird. Baik tarif argo maupun fixed price, baik bayar tunai maupun dgn metode non tunai (awalnya saya menggunakan CC, namun skrg lbh sering menggunakan gopay), Baik taksi biru maupun taksi hitam. Alhamdulillah sejauh ini tdk pernah ada keluhan.
        Mnrt pengalaman saya, jika betul pemesan mengklik Fixed Price maka begitu naik mobil, tarif yg tertera di layar argo taksi adlh harga yg di fixed price. Sehrsnya jika pemesan sdh yakin memesan fixed price namun tdk melihat argo sesuai dgn harga fixed price maka sehrsnya tdk perlu naik taksi dan lgsg batalkan pesanan di aplikasi. Solusi yg mudah bukan?
        Nah.. Kemgknan besar saudara bapak Ievan tdk paham betul sehingga lgsg naik saja tanpa complaint mengenai tarif yg tertera di layar seblm perjalanan dimulai.
        Kl mnrt pengalaman saya lagi, sepertinya bapak sempat bolak balik antara fixed price dan tarif argo di aplikasi sblm klik pesan namun pd akhirnya yg terklik adlh tarif argo. Krn defaultnya di aplikasi adlh tarif argo. Jadi.. seberapa yakinkah bapak? Remember.. to err is human.

    • 28 Desember 2021 - (16:19 WIB)
      Permalink

      kalo ngomong masalah “yakin saya” itu susah, sedangkan bluebird menggunakan data yang bisa dibuktikan, sementara penulis hanya bermodal “yakin saya” sudah melontarkan tuduhan negatif pada pihak bluebird

      13
      2
    • 30 Desember 2021 - (23:54 WIB)
      Permalink

      Saya jg pernah pkai aplikasi Online Blue Bird.
      Perbandingan Tarif Grab dgn Blue Bird. Ktka cek tarif mobil Grab tarif 30rb dr RS Cikini hingga kermh.
      Ktka pke Aplikasi Blue Bird tarifnya 25rb dr RS Cikini kermh shg sy psan Blue Bird.
      Ternyata ktka qt naik Blue Bird di dlm perjalanan Supir menghidupkan Argo & bilg prosedur perusahaan. Dlm perjalanan terkena macet & smp dirmh argonya 39rb shg sy byr 40rb. Di Aplikasi Blue Bird tarif murah tp ktka diperjalan byr tarif Argo.
      Sy hapus Aplikasi Blue Bird dr HP.
      Aplikasi Grab msh tersimpan di HP smp skrg.

      2
      1
  • 28 Desember 2021 - (16:31 WIB)
    Permalink

    klo mmg pilih tarif tetap, maka argo tdk berjalan. dari awal sampe akhir perjalanan jumlah nominal yg tertera di argo sesuai dg yg muncul pd aplikasi My Bluebird saat memilih opsi tarif tetap. sepertinya mustahil pengemudi bisa utak atik argo apalagi sampe root

  • 28 Desember 2021 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca kronologinya saya sebagai pengemudi di bluebird….yang namanya harga pasti atau pixed price di apps my bluebird itu ngga mungkin berubah dan ngga mungkin bisa di rubah….kalau masalah driver nya di sangka berputar putar itu mungkin saja…..tapi yang jelas kalau pemesan beneran pakai harga pasti itu ngga mungkin bisa berubah dan pengemudi tidak punya akses untuk merubah harga pasti ke harga regular meter…..

    6
    3
  • 28 Desember 2021 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Simple tinggal liat history perjalanan, klo dari screenshot penulis dia tidak pesan order fixed price, klo dia yakin harusnya bisa tunjukan order fixed price nya biar tidak asal tuduh… Saya pengguna rutin blue bird biasa pake metode tunai, non tunai baik argo atau fixed price semoga pihak blue bird bisa kasih penjelasan yang terbuka sesuai history perjalanan karena semua pasti ada rekam jejaknya

  • 28 Desember 2021 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Saya sering order Bluebird pake fixed price gak pernah ngalami kasus begini. Dugaan saya memang ordernya yg keliru buka fixed price karena meski sudah konfirmasi harga fixed price tp belum order lalu tergiur cek promo yg tersedia di laman konfirmasi, lalu saat kembali ke halaman konfirmasi di situ akan tereset pilihan awal (bukan lagi fixed price). Jadi pemesan sudah yakin fixed price padahal bukan. Itu pengalaman saya, memang pernah beberapa kali sopir nakal lewat jalan memutar alasan macet lah, ada demo lah, dll tp kalau sistem saya rasa aman.

  • 28 Desember 2021 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Blue Bird itu multi pembayaran, salahsatunya adalah fixed price, jika customer sudah memilih sesuai keinginannya, maka di driver apps pengemudi baik di HP maupun di armada ketika pasang argo pasti muncul harga pasti tidak mungkin berubah sendiri/kesengajaan pengemudi, dan pasti setiap pengemudi akan mengikuti sesuai navigasi, karna itu aturan yang diberlakukan. Silahkan teliti sebelum memesan taksi Blue Bird. Karna Blue Bird memberikan pelayanan yang aman dan nyaman

    8
    1

 Apa Komentar Anda mengenai MyBluebird?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Tarif Tetap di Aplikasi MyBluebird Tidak Sesuai dengan Argo Bluebird

oleh Ievan dibaca dalam: 1 menit
15