Home Credit Menagih kepada Kontak di HP

Saya Rosdiana, pengguna Home Credit yang baru-baru ini ambil kredit laptop Asus. Saat ini saya mau melaporkan, karena pihak Home Credit ini sudah melanggar ketentuan, tahunya hanya menagih, tapi klaim perbaikan untuk laptop saya tidak digubris.

Dua tahun lalu tepat tanggal 13 September 2020, saya mengajukan kredit laptop di salah toko di Makassar, yang telah bekerja sama dengan Home Credit. Sebelumnya saya telah ambil barang selama dua kali dan tidak ada masalah. Sebelum ditawari laptop, kata SPG Home Credit dan pihak toko, kalau laptopnya rusak atau hilang, kami bisa ganti yang baru, karena ada asuransinya. Saya selaku customer percaya dong dan ambil laptop itu.

Setelah 4 bulan pemakaian, tiba-tiba laptop itu bermasalah, sering mati sendiri dan cepat low bat. Padahal saya jarang gunakan, hanya 1 kali dua kali aja, itu pun untuk kerjain skripsi. Saya bawa ke toko waktu pengajuan kredit, kata orang HCI titip saja nomor hp, nanti saya hubungi.

Namun sudah sampai 5 bulan, pihak Home Credit tidak kunjung menelepon. Yang menelepon justru collector yang menagih tagihan melulu. Sampai dia telepon suami dan teman saya, jadi malu saya.

Padahal cicilannya tinggal 1 bulan, tapi laptop saya tak kunjung diperbaiki. Tahunya hanya menelepon dan menagih sambil marah-marah dan meneror saya tiap hari. Tolong dong perbaiki laptop-nya, baru saya bayar.

Rosdiana
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:173    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Rosdiana

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Rosdiana di MediaKonsumen.com pada 19 Januari 2022 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Home Credit Menagih kepada Kontak di HP

  • 19 Januari 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Bukannya HCI itu lembaga pembiayaan bukan tempat service laptop? coba dibawa ke service centre asus saja

    12
    12
    • 19 Januari 2022 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Ibu yang terhormat anda beli laptop dengan cara kredit dari sebuah toko melalui HCI kalo laptop rusak ya after sales toko dong bukan HCI kalo anda di telp dc kontak anda di teror karena nunggak wajar lah.ya itu wajib di bayar setiap bulan kan sudah ada perjanjian mou , masak laptop rusak gak mau bayar logikanya gimana itu . Hutang kredit wajib di bayar dan laptop rusak ya after sales garansi dimana anda ambil laptop.

      12
      14
      • 19 Januari 2022 - (19:27 WIB)
        Permalink

        Bos, setau sy klo kredit di HCI kita jga membayar polis asuransi barang (rusak/hilang) + asuransi angsuran

        10
        • 19 Januari 2022 - (20:10 WIB)
          Permalink

          nah kalah kira kira bapak ada di posi si saya gitu baru 5 bulan saya pakai tiba tiba rusak laptop nya tidak mau nyala saya sudah bawa ke toko nya katanya nanti di hubungi dari hci nya orang toko nya bilang gitu apa mau di opor opor pergi di service center katanya inj garansi toko

          6
          2
    • 19 Januari 2022 - (14:45 WIB)
      Permalink

      iya pak tapi kan ada asuransi dari pihak hci dan saya tiap bulan bayar asuran si nya

      3
      1
      • 19 Januari 2022 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Yg saya tau asuransi cuma untuk kerusakan fisik saja Misal rusak krna terjatuh atau kena cairan,klo software atau terjadi error itu langsung ke servis center brand masing2..maaf klo sya salah..🙏🙏

        1
        1
        • 19 Januari 2022 - (20:13 WIB)
          Permalink

          iya kan sebelum pengajuan katanya ini ada garansi dari home nya tapi baru 5 bulan langsung mati tidak mau nyala di bawa di service center katanya ini garansi toko . gima sih kira kira kalau kita bayar asuransi masa mau bayar lagi per baikan kan pembodohan namanya padahal waktu pengajuan spg nya home bilang kalau rusak kami akan perbaiki dari piham home nya

          • 20 Januari 2022 - (07:09 WIB)
            Permalink

            oh garansi toko, berarti memang komplainnya mesti ke toko. Berarti itu barang BM bukan resmi jadi garansinya hanya garansi toko.
            Mesti kejar tokonya, atau kalau memang benar ada asuransi barang jika tidak ditanggapi diramaikan dimedsos saja.
            Semoga bisa cepat selesai masalahnya

            1
            1
      • 20 Januari 2022 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Memang benar HCI lembaga pembiayaan , produk Rusak di bawa Ke SVC, adakalaya SPG biasanya kasih janji manis,dll kadang yg membuat cust tertarik untuk beli produk .. harusnya SPG HCI aktif jika ada komplenan produk konfinasi sama sales consultan toko yg jual produk nya bantu keluhan cust nya. Umum nya cust beli produk dan rusak selalu di bawa ke toko di mana di beli. Berikan info yg jelas dan di pahami cust..

    • 19 Januari 2022 - (14:50 WIB)
      Permalink

      saya sudah bawa ke toko yang pertama kali saya ajukan tapi tidak ada jawaban masa baru 3 bulan laptop Udah rusak dan katanya waktu saya ajukan katanya spg home ada asuran si dari pihak home saya harus bayar tiap bulan. gitu pak makanya waktu saya ke sana home nya suruh claim asuransi nya

      • 19 Januari 2022 - (16:08 WIB)
        Permalink

        Setahu saya asuransi di lembaga pembiayaan adalah asuransi untuk kreditnya bukan asuransi barangnya. Jika barang rusak mestinya ke service centre asus, sudah dicoba tanya ke asus?

        • 19 Januari 2022 - (17:20 WIB)
          Permalink

          dia udah bayar asuransi ,di hci itu ada asuransi barang dan lain nya,Lo pada sotoy,asal komen ,jngn jngn Lo depcolector hci ,dan nongkrong di media konsumen

          9
          3
  • 19 Januari 2022 - (20:05 WIB)
    Permalink

    tanya sales nya asuransi anda apa, karena setau saya home credit itu ada macem2 asuransinya. Kalau gak salah bisa cek di aplikasi home credit jg. Kalau memang asuransinya masih aktif di klaim dulu ke email, lengkapi persyaratannya. Harusnya si salesnya bisa menjelaskan ke anda masalah ini. Untuk pembayaran sebaiknya dibayar saja, karena akan mempengaruhi SILK OJK anda dan anda akan lebih rugi kalau sampai SILK anda menjadi buruk.

  • 19 Januari 2022 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Saya tidak mengerti birokrasi di HCI tentang case seperti ini, tp saya coba memberikan solusi untuk mendapatkan respon dan perhatian mereka.

    Datangi lagi toko tempat membeli laptop yg ada sales hci nya, usahakan bisa bicara dengan yg level pekerjaannya lebih tinggi misal spv atau lainnya karena kalau sales biasanya tidak memiliki pengetahuan lebih, lalu rekam pembicaraan kalian tentang masalah ini dengan sebuah video.

    Datangi juga tempat service laptop dan coba tanyakan prosedurnya bagaimana jika menggunakan asuransi sekaligus jelaskan kronologisnya bagaimana.

    Setelah 2 video didapatkan coba di compare satu dan lainnya. Tunggu respond baik mereka. Kalau tidak ada respond, lalukan gugatan melawan hukum kepada mereka, jangan lakukan gugatan secara perseorangan lakukan dengan 2 orang atau lebih yg mengalami case serupa, tp bisa juga lakukan dengan badan hukum misalnya menggunakan jasa ylki atau jasa badan hukum pengacara lainnya, ada banyak pengacara yg bersifat sosial juga dengan memberikan bantuan scara gratis kalau memang kesulitan biaya. Konsultasikan kepada mereka arah tuntutannya akan mengarah ke perdata atau pidana. Kalau melihat case nya ini akan diarahkan ke perdata karena lebih kearah mempermainkan konsumen, walaupun bisa diarahkan ke pidana karena ada unsur penipuannya (tawaran ketika membeli dan kenyataan setelah membeli). Gunakan hak meminta ganti kerugian materil dan imateril dengan pasal yg berat untuk menambah bobot gugatan.

    Sebelum gugatan didaftarkan lakukan somasi kepada mereka misalkan 2×24 jam atau lainnya.

    Biasanya mereka akan memberikan tawaran damai. Karena pihak hci juga pasti akan menjaga nama baik mereka didepan hukum dan lebih memilih ganti rugi dan memecat karyawan mereka dengan alasan yg sudah bisa ditebak (tidak profesional dan atau melanggar SOP perusahaan)

    Kalau anda melakukan ini dengan cepat tidak akan membutuhkan wktu lebih dr 1 bulan.

    Untuk masalah sisa tagihan 1bln itu hak anda untuk membayarnya atau tidak, tapi masalah ini bisa dimasukkan ke daftar tuntutan atau daftar untuk damai.

    Terima kasih semoga masalah anda cepat selesai.

  • 19 Januari 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Selamat malam semua…
    Perkenalkan saya sales homecredit area yang tidak bisa saya sebutkan.
    Kemungkinan sdr rosdiana kesulitan untuk berkomunikasi kepada sales ditmpt sdr pengajuan. Siapa tau dsini saya bisa bantu.
    .
    Selama saya jadi sales, saya selalu memberikan penjelasan yg detail. Gk asal kredit, tau DP dan tau angsuran langsung pengajuan.
    .

    • 19 Januari 2022 - (22:21 WIB)
      Permalink

      Saya ralat.. Kebetulan sudah ex sales homecredit. Kemungkinan sepengetahuan sy bisa membantu…

      Sekarang yang harus ibu lakukan :
      1. Buka aplikasi My homecredit Indonesia ( cek proteksi apasaja yang ibu pilih) jika ada tulisan easycover itu kan bisa klik link untuk klaim.
      2. Syarat pengajuan klaim dengan kerusakan yang tidak disengaja seperti jatuh, terkena cairan,retak.
      3. Temui sales dimana toko tempat pengajuan.

      Terimakasih.
      Semoga bisa membantu🙏

  • 20 Januari 2022 - (01:52 WIB)
    Permalink

    DC semua yg komen, orang kena musibah bukan nya di bantu malah dibully, klo g tahu mending jangan komen,

    2
    1
  • 23 Januari 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Beli barang kalo dapet yang jelek memang kaya gitu, jarang pake tapi rusak.
    Satu-satunya jalan keluar bawa ke servis center dan kalo udah betul buru-buru jual. Satu lagi catatan jangan beli lagi merk yang sama kalo perlu jangan ambil lagi lewat pembiayaan yang sama

    • 23 Januari 2022 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Cara paling mudah membeli barang yang bagus itu yang bagaimana? Jawabannya yang paling banyak orang pake itu yang bagus. kalo produk jarang orang pake perlu dipertanyakan, kemahalankah? atau gampang rusakkah? atau lainnya

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Home Credit Menagih kepada Kontak di HP

oleh Dindong dibaca dalam: 1 menit
21