Saya Sangat Kecewa dengan Pembatalan Pesanan Sepihak oleh Seller Tokopedia

Saya sangat kecewa dengan seller tokopedia yang membatalkan pesanan sepihak. Saya sebagai pengguna baru tokopedia merasa kecewa sudah senang dapat hadiah pengguna pertama tapi ternyata dibatalkan dengan alasan alamat tidak lengkap.

Jangan karena barang gratis seller bertindak semaunya dengan alasan tidak bisa kirim ke alamat karena alamat tidak lengkap sedangkan alamat saya sudah jelas saya tinggal di kabupaten. Di kabupaten memang tidak ada no rumah atau blok rumah hanya ada RT dan RW tetapi untuk ekspedisi sampai semua pengantaran di rumah.

Respon dan Pelayanan seller tokopedia sangat berbeda dengan toko lain, mereka selalu menepati konsekuensinya. Untuk tokopedia mohon tegur toko tersebut dan solusinya bagaimana? Mohon kebijaksanaan dari tokopedia.

Untuk media konsumen, mohon terbitkan laporan saya ini. Terima kasih.

Rahmawati
Karang Melati, Kabupaten Oku Timur, Sumatera selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:147    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

63 komentar untuk “Saya Sangat Kecewa dengan Pembatalan Pesanan Sepihak oleh Seller Tokopedia

  • 30 Januari 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Masih mending di batalkan sama piha toko nya.itu masih amanah toko nya. Kalau saya belanja di akulaku,barang sedang di kirim no resi tidak bisa di temukan .dan toko nya selalu offline

    10
  • 30 Januari 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Alamatnya dibenerin. Kl tdk ada jalan ya langsung nama kampung/desa yg urut dan jelas.. Contoh : Desa/KP Anu Rt 01 Rw 02, kec. Anuku kab. Anumu, prop. Anuku anumu 12345 (Ancer2 rumah ada atapnya)

    20
    1
  • 30 Januari 2022 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Seller tidak tahu anda dapat gratis atau tidak. Pembatalan oleh seller adalah hak seller apapun alasannya, saya juga sering dibatalkan. tinggal order lagi di toko lain.

    17
    • 30 Januari 2022 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Belajar online mending di ruang guru atau yang lain mas, karena di Tokopedia emang ga ada pelajaran

      17
      3
    • 31 Januari 2022 - (00:58 WIB)
      Permalink

      Saran saya sih isi lengkap alamat dari RT RW nomor rumah, nomor telepon, gang, jalan kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota dlsb (se lengkap lengkapnya) agar seller mudah untuk pengiriman barang.

      1
      1
  • 30 Januari 2022 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Bukan salah seller atau pihak tokped kayak nya ..
    Ini pengunna baru pasti gak isi lengekap alamat di profil atau mungkin sama skelai gak di isi .. pihak penjual kalo dapet order pasti muncup alamat .. kalo alamat gak lengkap ya terpaksa di tolak .. karna akan bermaslah di ekspedisi..

    12
    1
  • 30 Januari 2022 - (15:52 WIB)
    Permalink

    seller /penjual tidak tau anda beli pakai promo atau grstis sekalipun !
    itu subsidi tokopedia!!
    seller tuh batalin , krana murni “alamat tidak lengkap!!
    saya juga penjual di tokopedia, kalau ada pembeli yg bayar full sekalipun berikut ongkos kirim nya tapi alamat ga jelas, otomatis saya batalkan ya!
    drpada kendala di kemudian hari, produk ga sampe , dana tertahan dan kena cash dr pihak ekspediasi untuk kembalikan produk ke kita sebagai menjual!

    makanya nonton “ikatan cinta dong…. drama yg bikin dilema

    22
    2
  • 30 Januari 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Sellernya aja kurang pintar, memang benar kata si Ibu kalau kirim ke daerah/pelosok jarang yang ada nomernya rumahnya. Cukup nama lengkap RT/RW udah pasti nyampe. Saya sering beliiin sodara di desa lewat Tokopedia juga.
    Mungkin lain kali di isi nomer rumah asal aja bu kalau ada seller ngotot minta lengkap pasti nyampe juga. Asal nama ibunya lengkap,tetangga juga pasti tahu.

    8
    26
    • 30 Januari 2022 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Bukan masalah kurang pintarnya, saya juga seller pernah kejadian kayak gini, emang keliatan alamat kurang lengkap tapi saya usahain kirim ternyata ga nyampe alamat tujuan krn alamat tidak jelas dan berakhir bermasalah di kurirnya, akhirrnya harus saya urus kurang lbh 3 minggu supaya barangnya balik, dari situ saya belajar lain kali kalo alamat tidak jelas saya chat dlu yg beli kalo ga respon yah saya batalkan

      21
      • 30 Januari 2022 - (17:43 WIB)
        Permalink

        Tuh di SS dibatalkan sama penjual dulu baru konfirmasi. Ini pengalaman saya saja sih, dari 4 alamat tersimpan di Tokped cuma 1 yang lengkap ada nama jalan dan nomer. Yang 3 alamat keponakan di Malang,Sidoarjo dan Probolinggo, cuma nama dusun dan RT/RW.Sudah ratusan juga kirim ke alamat² tersebut dan aman. Karena memang benar tidak ada nomer dan jalan kalau di desa. Mungkin yang paling penting nomer HP penerima ya harus benar dan aktif.

        • 30 Januari 2022 - (17:54 WIB)
          Permalink

          Sblm konfirmasi pesanan juga bisa klik batalkan pesanan di akun seller kok dan nantinya juga kayak di ss tampilannya, mungkin aja sellernya udh nanya ke pembeli cuman lama responnya jadinya keburu dibatalin seller
          Lagipula pembeli kan bisa chat lagi ke seller supaya tidak ada kesalahpahaman diskusi di chat, bisa juga mengeluh ke tokopedia care justru lebih cepat penanganannya dari pada nulis surat di sini
          Ya kalo alamat masnya mungkin kebetulan ada jadinya sampe paketnya kalo yg konsumen lain blm tentu nyampe, kita sih seller nyari aman aja biar ga ilang barangnya atau balik lagi barangnya soalnya kita rugi di modal packing juga

          11
          • 30 Januari 2022 - (18:06 WIB)
            Permalink

            Mungkin begitu, setidaknya penjual juga menunggu sampai batas proses berakhir. Tuh di SS baru hari ini ,bukannya dikasih beberapa hari untuk proses kalau penjual ?
            Memang benar si TS kalau di dusun ga ada nama jalan dan nomer. Ya kalau urusan komplain disini atau disitu itu terserah si TS ya, mungkin karena baru di Tokped jadi lum paham. Dan buktinya ditayangkan juga ,berarti tidak ada yang salah komplain disini.

            2
            1
        • 30 Januari 2022 - (18:12 WIB)
          Permalink

          Kalo dilihat dari ss tertulis invoice dari tgl 26
          Berarti sudah lebih dari batas respon penjual krn sepertinya pembeli baru ss di hari ini

          • 30 Januari 2022 - (18:32 WIB)
            Permalink

            Coba di cek akun pembeli mbak di Tokped. Tanggal tertera di atas chat itu tanggal pesan masuk, bukan tanggal kita buka chat. Coba deh. Berarti penjualnya tanya pembeli ddan batalkan pesanan di hari yang sama.

        • 30 Januari 2022 - (18:44 WIB)
          Permalink

          Gini mas maksud saya mas liat nomor invoicenya, tau ga? Yg depannya tulisan INV/….
          Disitu ada tulisan tanggal yg mana menandakan tgl cekout, makanya saya tau dia cekout tgl 26 sedangkan skr tgl 30 berarti batas respon penjual sudah habis, masalahnya dari ss di atas ga ada info pembeli buka chat itu di tgl brp, gitu maksud saya
          Loh saya bukan sellernya ya mana bisa saya cek pembeli ini di tokopedia wkwk

          6
          1
          • 30 Januari 2022 - (18:55 WIB)
            Permalink

            Gini loh mbak maksud saya, kalau TS baru buka chat di atas tertulis tanggal pesan masuk. Contohnya saya baru buka pesan dari penjual di chat barusan , udah lama banget. Di atas chat tertulis tanggal 1 november 2021, bukan “hari ini “. Kalau TS buka chat telat sehari dari penjual kirim pesan, akan tertulis tanggal kapan pesan itu masuk. Dari SS terlihat pesan masuk, pesan dibuka dan pesanan dibatalkan dihari yang sama. Gitu… Tidak pernah saya bilang mbak ini penjualnya, cuma saya suruh buktikan saja argumen nya soal baru buka chat. Dengan cara melihat chat di akun Tokped mbaknya.

            1
            1
          • 30 Januari 2022 - (19:04 WIB)
            Permalink

            Sama² mbak. Saya juga mohon maaf jika ada kesalahan dari kata² saya diatas

        • 30 Januari 2022 - (18:57 WIB)
          Permalink

          Iyaa tadi saya udah sadar makanya saya minta maaf mas
          Saya baru liat tulisannya dan cuma liat tanggal invoicenya

      • 30 Januari 2022 - (20:28 WIB)
        Permalink

        Betul, seller sepertinya membatalkan sepihak karena alamat tidak lengkap dan tidak ada jawaban dari buyer. Mungkin bisa lain cerita jika buyer membalas “kirim saja gan, saya sudah biasa belanja pake alamat itu, pasti nyampe”, soalnya pengalaman pribadi alamat saya super duper singkat, tapi selalu nyampe, karena mudah ditemukan. Beberapa seller memang ragu, tapi saya yakinkan dengan menggunakan kata-kata di atas.

      • 31 Januari 2022 - (13:34 WIB)
        Permalink

        Coba di upload SC bukti alamatnya sudah bener apa enggak setau saya g’ ada seller batalin meskipun bayar voucher apa tidak. kemungkinan salah penulisan alamat atau ada yg kurang, klo soal nomer rumah g’ masalah.. Jangan upload bukti chat aja cuma upload bukti invoicenya biar jelas alamatnya sudah bener atau tidak

  • 30 Januari 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Saya sbgai seller jg suka batalin kalau alamat hanya nama kabupaten, kota tanpa nomor dan rt rw. Itu kalau dichat gak balas ya terpaksa dibatalin. Sekalipun ada rt rw minimal harus ada nama jalan raya. Masa kurir harus cari sekabupaten hanya bermodal rt rw. Soalnya pernah kirim akhirnya barang kembali dengan kebocoran

    6
    1
  • 30 Januari 2022 - (17:09 WIB)
    Permalink

    saya pernah mengalami juga.
    alamat sdh tercatat sngt lengkap, ditambah denah secukupnya plus patokannya. lokasi pinggir jalan nasional, buka 16 jam (06.00-22.00). tp msh jg ditanya lwt chat, almt lengkpnya dimana? kupikir yg nanya becanda, yah diabaikan aja. sampai ada info pembatalan dr pihak seller. yo wis ben.

  • 30 Januari 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Ini adalah laporan konsumen terbikin ngakak 😂😂 lebih bijak lagi memakai situs belanja online. Kalau belum paham betul .. tanya ke teman atau siapapun yg lebih mengerti.. ini seller ga salah apa apa

    5
    1
  • 30 Januari 2022 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Ya dibenerin lah alamatnya… Minimal ada nama gang, patokan rumah no rumah.. Catpagar cat rumah… Kalau rumah anda sulit di akses cukup tulis dialamat diambil di ekpedisi terdekat…

    • 31 Januari 2022 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Menurut saya sederhana saja. Bila dimarketplace lain sampai saja dan tdk pernah dipermasalahkan bukan berarti Bpk jadi kecewa.
      Wajar aja seller menanyakan, walau mungkin pembatalan nya terlalu dini?
      Ambil positif nya, seller bermaksud memastikan agar tdk terjadi kendala waktu pengiriman dan tugas Bpk selaku pembeli adalah memastikan dan mengkonfirmasi kpd seller agar dia yakin untuk mengirimkan barang.
      Pembeli memang adalah raja namun pembeli juga mempunyai tanggungjawab atas barang yang dibelinya sendiri.🙏👍

  • 30 Januari 2022 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Terimakasih udah kasih komentarnya. Alamat udah jelas jalan karang melati RT 004 RW 002 kecamatan semendawai timur kabupaten oku timur provinsi sumatera selatan kota palembang. Lalu kurangnya dimana? Saya tinggal di kabupaten kalo untuk blok sama no rumah mana ada. Pesanan saya dibatalkan dgn hari yang sama. Dengan alasan alamat tidak lengkap dan batal otomatis ditanggal 31 dan seller bilang jangan karna barang gratis kasih alamat tidak lengkap. Selama ini saya kirim dgn alamat tsb selalu sampai tepat waktu.

    • 30 Januari 2022 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Mestinya di kolom komen ini di-edit alamatnya, jangan full seperti itu. Atau semoga pakai alamat palsu khusus untuk kolom komen ini…

      Btw sabar mbak, memang dengan semakin populernya MK ini isi kolom komen ini juga semakin warna warni. Yah kayak di medsos biasanya lah. Atau bisa juga, karena kebetulan suratnya tentang seller di marketplace, maka serasa ada solidaritas atau paguyuban seller yang auto kesentil.

    • 31 Januari 2022 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Nah ini udah jelas lho ya.. mgkn seller yg dulu pelajaran ips nya kurang kali. Emang kalo kabupaten ga ada nomer rumah lah. Dimana2 mah gt.

  • 30 Januari 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Belanja online di tokped baru kali ini namun di shopee atau lazada saya udah sering. Tapi barang selalu sampe dgn alamat yg sama. Dari rumah kekantor cabang ekspedisi hanya memakan waktu 1 jam. Saya bukan buat drama queen namun cara seller yg buat kecewa. Seharusny nunggu batas estimasi baru dibatalin otomatis tapi ini nggak. Ss saya ada dgn seller namun hanya itu yg bisa terbit

    Terimakasih ats komentarny

    • 30 Januari 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Emang udah benar kok ibunya. Yang salah seller, dipikir lagi aja dulu. Kalau masih jengkel dan ingin seller ditindak bisa lapor kok di aplikasinya. Lebih mantap lagi kalau lewat twitter @TokopediaCare. Asal ada bukti chat seller yang kurang pantas tadi.

      • 30 Januari 2022 - (22:14 WIB)
        Permalink

        Ini mungkin Pas kena seller yg punya pengalaman buruk sama customer/ekspedisi di kota kaka nya.
        Beberapa kali kirim ke kota itu barang balik. Mungkin loh ya…

    • 31 Januari 2022 - (12:53 WIB)
      Permalink

      seller berhak membatalkan kapan saja, itu hak yg diberikan ecommerce kepada seller. jadikan pengalaman berbelanja saja, tdk semua akan berjalan sesuai yg kita kehendaki dan tdk semua juga ecommerce juga sama, belanja di shopee dan lazada lancar belum tentu di tempat lain sama, jika sdh lancar stay disitu aja

  • 30 Januari 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Benar atau salah hanya konsumen dan seller yang tahu…. Untuk menilai keluhan ini tidak bs d ambil dari satu pihak bahwa ini benar atau salah….
    Seller mungkin punya alasan untuk membatalkan dan mungkin punya penjelasan yang lebih dan bisa meluruskan permasalahan ini.
    Jangan asal menilai dl….
    Dan bagi si ibu nya jangan asal menilai negatif dl untuk sellernya.
    Kenapa tidak bertanya dl ke sellernya.
    Seller membatalkan karna alamat tidak jelas. Dan si ibu tak menjawab nya.
    Walau d batalkan bisa transaksi ulang kalau ada kejelasan dan kesepakatan antara seller dan si ibu….
    Dari hasil screenshot an si ibu ini tak menjawab. Tapi langsung posting dan berkeluh….
    Hrus nya ibu konfirmasi dl ke pihak seller.
    Dan seller jg hrus nya jangan membatalkan dl.
    Konfirmasi dl ke si pembeli.
    Yaaaaa jadikan lah semua ini pelajaran…. Semoga kedepan nya lbh baik buat kita smua.

  • 31 Januari 2022 - (05:07 WIB)
    Permalink

    Ini masalahnya apa kok harus tegur toko, toh itu di batalkan penjual. Sebagai pembeli duitnya jg balik kan itu.

  • 31 Januari 2022 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Di kabupaten rumah memang gak ada nomor. Tapi saya kirim ke alamat adek saya melalui Shopee pakek alamat tambahan, nyampe terus kok. Kan ada map. Trus kurirnya kan bisa hubungi. Atau kurirnya bisa tinggalin pesan ambil di kantor. Memang itu kayaknya penjual yang cari gara gara.

  • 31 Januari 2022 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Sebagai seller online di berbagai market place, saya sering menemui kendala pembeli yang tidak memberi alamat lengkap. Paling parah jika itu pembeli COD, rasio retur karena alamat tidak lengkap sangat tinggi.

    Dari kisah diatas, penjual sudah berusaha dengan menanyakan alamat lengkapnya. Bagi saya, alasan pembeli: “Di kabupaten memang tidak ada no rumah atau blok rumah hanya ada RT dan RW tetapi untuk ekspedisi sampai semua pengantaran di rumah.” tidak bisa dijadikan alasan. Meski tidak ada no rumah atau blok, masih ada beragam cara untuk memberikan panduan arah. Pembeli perlu memposisikan diri sebagai kurir atau orang asing yang sama sekali belum pernah ke sana.

    Sebagai seller, kami harus menghadapi situasi dilematis saat melayani pesanan yang tidak jelas/lengkap alamatnya. Ada tenggat waktu pesanan harus dikirim, melebihi itu kami kena penalti. Mau dikirim alamat tidak jelas, nanti barang bisa retur (apalagi transaksi COD, paling banyak rasio terjadi retur meski alamatnya jelas, apalagi yang tidak jelas). Sudah nanya ke pembeli tidak ada jawaban. Paling parah saya pernah mendapat pesanan dengan alamat cuma: “Jl. Lintas Sulawesi”.

    Tolong, siapapun anda jika membeli barang secara online, berikan alamat sedetil dan selengkap mungkin. Tidak ada no rumah tidak apa, bisa diberi panduan arah yang detil.

    • 31 Januari 2022 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Ts ga jelas, tinggal cari seller laen aj pake bikin sp, situ jg ga rugi apa2, ribet banget hidup lu.

      2
      1
  • 31 Januari 2022 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Tidak usah berlebihan lah… Ini bukan penipuan, cuma pesanan yg dibatalkan, uang juga kmbali kok, apa masalahnya, toh barang sepele, tinggal cari seller lain. Saya rasa berlebihan kalau sampai dibilang dibatalkan karena gratis. Saya sudah sering beli barang mulai harga puluhan ribu bahkan di atas 1juta hanya bayar dengan tokopoint yg artinya saya tidak mengeluarkan uang saya untuk transaksi tersebut. Yg terbaru saya beli chopper seharga 600rban dibayar penuh dengan tokopoint alias gratis, beli xiaomi redmi 9 seharga 1,9jt saya bayar tokopoint 1jt dan saya tinggal bayar 900rban, dan semuanya sampai rumah kok. Rumah saya juga desa, tidak ada nomor rumah, tapi saya beri info tambahan petokannya, mrX jln………….rtX rwY (barat lapangan Karanglo), kurirnya pada tahu kok, seller juga tidak ada yg tanya lagi, karena ada patokan alamat itu tadi, jadi kurir pun nyarinya tidak jauh dari patokan tersebut, kalau kurir baru bingung ya langsung telepon atau WA dan pasti paham. Yangpenting tambahkan patokan letak rumah anda biar seller gak ragu dan kurir lebih mudah mnemukan lokasi anda.

  • 31 Januari 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Media Konsumen ini isinya tidak mutu, setiap orang bisa nulis komplain termasuk komplain yang tidak masuk di akal. Berarti web ini tidak ada filternya. Orang asal ngomong dan njeplak bisa publish di web ini.

 Apa Komentar Anda?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Saya Sangat Kecewa dengan Pembatalan Pesanan Sepihak oleh Seller Tokop…

oleh Rahma Ama dibaca dalam: 1 menit
63